-->

Kw Header



Doa Sebelum serta Setelah Selesai Makan yang Dianjurkan

Doa sebelum dan sesudah makan – Makan merupakan kebutuhan setiap manusia dan makhluk hidup lainnya. Dengan makan, makhluk hidup dapat terus melanjutkan kehidupannya. Zat-zat seperti karbohidrat, vitamin, protein, lemak, dan lainnya juga bisa kita dapatkan dari makanan. Makanan yang dimakan, kemudian akan diubah tubuh menjadi energi.

Energi inilah yang dapat menunjang segala aktivitas seperti bekerja, berolahraga, bermain, atau aktivitas lainnya. Bagi seluruh manusia terutama umat Islam, salah satu aktivitas yang tidak dapat ditinggalkan adalah beribadah kepada Allah SWT. Karena ibadah menjadi tanda bahwa seorang hamba bersyukur atas rezeki yang diberikan oleh Allah SWT tidak terkecuali rezeki berupa makan. Sehingga makan dan ibadah saling berhubungan.

Makanan yang dimakan haruslah sehat dan bergizi, sehingga badan selalu sehat, tidak mudah sakit, dan ibadahpun tidak pernah ketinggalan. Selain itu makanan juga harus halal, baik dalam hal wujudnya maupun cara mendapatkannya. Agar makanan yang masuk tidak hanya menjadi daging, namun tidak menimbulkan dampak negatif bagi tubuh dan mendapat pahala dari-Nya.

Minum juga tidak kalah pentingnya dengan makan. Sebagian besar tubuh manusia merupakan cairan. Dengan minum, cairan tubuh akan tercukupi. Minuman juga mengandung zat yang kita butuhkan seperti oksigen dan mineral.

Sayangnya, masih banyak orang yang melupakan doa sebelum dan sesudah makan karena ketika ketika makanan atau minuman sudah berada di depan mata, pikiran hanya fokus terhadap kebutuhan perutnya saja. Dan ketika makan atau minum telah selesai, dalam pikiran hanya berpikir bahwa lapar dan dahaga telah hilang. Sungguh, hal ini tidak baik.

Sebelum maupun sesudah makan dan minum hendaknya membaca doa. Doa menjadikan kita selalu ingat kepada Allah SWT. Aktivitas makan akan menjadi semakin berkah dan barokah. Membaca doa makan dan minum sebaiknya diajarkan sejak kecil agar terbiasa melakukannya. Berikut ini doa sebelum dan sesudah makan beserta artinya agar lebih memahami doa yang dibaca.

Baca Juga : Doa Sebelum dan Sesudah Belajar agar Bernilai Ibadah

Doa sebelum dan setelah makan yang paling singkat. 

Sebelum makan
Bacaan doa sebelum makan singkat
بِسْمِ اللّٰهِ
Bismillah
Artinya:
“Dengan menyebut nama Allah.”

Setelah makan
Bacaan doa sesudah makan singkat
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ 
Alhamdulillahi
Artinya:
“Segala puji bagi Allah.”

Berikut doa sebelum dan sesudah makan yang lebih lengkap.

Sebelum makan
Bacaan doa sebelum makan lengkap
اَللَّهُمَّ بَرِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَا بَ النَّارِ
Allahumma baariklanaa fiimaa razaktanaa waqinaa 'adzaa bannaar
Artinya:
“Ya Allah, berkahilah kami dengan apa yang telah Engkau berikan kepada kami dan jauhkanlah kami dari siksa neraka.”

Sesudah makan
Bacaan doa sesudah makan lengkap
اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِى أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ
Alhamdulillahilladzii ath'aminaa wasaqanaa wa ja'alanaa muslimiin
Artinya:
“Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan dan minum kepada kami, dan yang telah menjadikan kami golongan orang muslimin.”

Baca Juga : Doa Ziarah Kubur Singkat yang Dilengkapi Latin dan Artinya

Namun, bagaimana ketika makan lupa membaca doa sebelumnya?
Setiap manusia pasti pernah lupa. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda mengenai hal ini.

“Apabila salah seorang dari kalian makan, maka hendaknya ia mengucap “Bismillah”. Jika ia lupa untuk menyebutnya, hendaknya ia mengucapkan “Bismillaah fii awwalihi wa aakhirihi” (dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya).”

Pada hadits lainnya juga menerangkan
“Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah duduk dan ketika itu ada seseorang yang makan tanpa membaca bismillah hingga makanannya tersisa satu suapan. Ketika ia mengangkat suapan tersebut ke mulutnya, ia mengucapkan, “Bismillah awwalahu wa akhirahu” (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya.” Nabi shallallahu 'alaihi wa salam pun tertawa dan beliau bersabda, “Setan terus makan bersamanya hingga ketika ia menyebut nama Allah (bismillah), setan memuntahkan apa yang ada di perutnya.” (HR.Abu Dawud, Ahmad, dan An-Nasai)

Berikut ini doa ketika lupa membaca doa sebelum makan yang saya tulis khusus untuk Anda hafalkan.
Bacaan doa ketika lupa berdoa sebelum makan
بِسْمِ اللَّهِ فِى أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ
Bismillaahi fii awwalihi wa aakhiri
Artinya:
“Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya

Baca Juga : Doa Sebelum Membaca Yasin Lengkap dengan Latin dan Terjemahannya

Keutamaan doa sebelum dan sesudah makan

Berdoa sebelum makan dapat menjauhkan diri dari setan. Ketika makan tanpa berdoa terlebih dahulu, setan akan akan ikut makan bersama kita sehingga kegiatan makan menjadi kurang barokah. Ada suatu cerita yang diceritakan oleh sahabat Nabi yaitu Hudzaifah R.A.

“Jika kami makan satu nampan bersama Rasulullah, kami tidak berani mengambil makanan  kecuali Rasulullah mengawali terlebih dahulu. Suatu ketika, tiba-tiba ada anak kecil datang mengambil makanan, seketika itu Rasulullah langsung memegang tangan anak itu. Kemudian datang lagi orang Badui nyeruduk untuk mengambil makanan, dan lagi-lagi Rasulullah memegang tangan orang tersebut. Kemudian Rasulullah bersabda:
Artinya: “Sesungguhnya setan akan ikut menyantap makanan yang tidak diawali dengan membaca bismillah sebelum makan. Setan datang dengan memanfaatkan anak kecil ini agar bisa ikut menyantap makanan. Lalu akupun memegang tangannya. Kemudian setan datang lagi dengan memanfaatkan orang Badui ini agar bisa ikut menyantap makanan, lalu aku pegang tangannya. Demi Dzat yang juwaku berada di tangan-Nya, sesungguhnya tangan setan itu sedang aku pegang bersamaan saya memegang tangan kedua orang ini.”  (HR.Ahmad dan Muslim)

Maka dari itu, berdoa sebelum dan sesudah makan tidak boleh disepelekan. Dengan berdoa, makanan akan menjadi berkah serta dijauhkan dari setan. Selain itu, berdoa sebelum dan sesudah makan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT.

Baca Juga : Doa Sebelum Berbuka Puasa yang Dianjurkan

Adab-adab saat makan


  1. Sebelum makan, hendaknya mencuci tangan dahulu agar bersih dan terhindar dari penyakit.
  2. Duduk dengan nyaman. Tidak boleh makan sambil berdiri maupun berbaring
  3. Membaca doa sesaat sebelum makan.
  4. Tidak mengambil makanan secara berlebihan.
  5. Makan dengan tangan kanan.
  6. Makan hendaknya tidak terburu-buru.
  7. Tidak berbicara ketika makan.
  8. Berhenti makan sebelum kenyang.
  9. Memakan makanan hingga habis agar tidak mubazir.
  10. Membaca doa setelah makan.


Dengan memahami bacaan doanya, keutamaanya, dan adab-adabnya serta berusaha untuk mengamalkannya, aktivitas makan memiliki nilai tersendiri karena makan bukan hanya soal kenyang. Namun, rasa syukur yang dirasakan, pahala dan kebaikan yang bisa didapatkan, dan terhindar dari godaan setan. Sebaiknya doa ini Anda hafalkan dan amalkan ketika makan mengingat bacaannya sangat singkat dan mudah diingat.

Demikian doa sebelum dan sesudah makan. Semoga bermanfaat bagi Anda.

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel