-->

Kw Header



Doa Qunut Untuk Imam serta Ketika Munfarid Lengkap dengan Keutamaannya

Bacaan doa qunut untuk imam serta ketika munfarid
Doa qunut untuk imam serta ketika munfarid – Doa qunut adalah doa yang biasanya dibaca ketika sholat subuh. Kata qunut sendiri berasal dari kata qonata yang secara bahasa berarti taat. Secara sederhana qunut berarti taat atau tunduk terhadap perintah Allah SWT. Umumnya doa ini dikenal hanya dibaca ketika sholat subuh. Berdasarkan waktu membacanya, doa qunut dibagi menjadi 3 antara lain :

  1. Doa qunut subuh, yaitu doa qunut yang dibaca ketika sholat subuh.
  2. Doa qunut witir, yaitu doa qunut yang dibaca ketika sholat witir.
  3. Doa qunut nazilah, yaitu doa qunut yang dibaca ketika terjadi musibah.

Berbicara soal hukum doa qunut, terdapat perbedaan pendapat dari kalangan ulama. Kita mengenal terdapat empat Imam Madzab yaitu Madzab Syafi'i, Hambali, Hanafi, dan Maliki. Berikut ini rangkuman pendapat mereka mengenai doa qunut:

a. Madzab Syafi’i

Ulama-ulama bermadzab Syafi’i berpendapat bahwa dalam sholat 5 waktu, hanya sholat subuh yang dapat digunakan untuk membaca doa qunut. Selain itu, doa qunut witir hanya berlaku atau boleh dibaca ketika sholat witir yang dilakukan pada setengah yang terakhir saat bulan Ramadhan.  Mereka juga berpendapat bahwa qunut juga berlaku ketika umat muslim terkena musibah.

b. Madzab Hambali

Para ulama bermadzab Hambali berpendapat bahwa doa qunut hanya berlaku pada sholat witir saja dan tidak berlaku pada sholat-sholat yang lainnya. Serta memberlakukan doa qunut ketika musibah melanda kecuali musibah penyakit.

c. Madzab Hanafi

Ulama bermadzab Hanafi berpendapat lain, mereka berpendapat bahwa doa qunut hanya khusus dibaca ketika mengerjakan sholat witir. Selain itu, tidak memberlakukan doa qunut pada sholat lainnya kecuali sholat subuh. Namun, sholat subuh yang dimaksud hanya ketika umat muslim terkena musibah saat itu. Serta hanya boleh dibacakan oleh imam yang diaminkan oleh jamaah dan hal ini tidak berlaku ketika sholat sendirian.

d. Imam Maliki

Mereka yang bermadzab Maliki berpendapat bahwa doa qunut hanya berlaku ketika mengerjakan sholat subuh. Sholat lain seperti witir tidak ditetapkan untuk membaca doa qunut.

Baca Juga : Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu yang Disertai Latinnya

Doa qunut untuk imam dan munfarid beserta terjemahannya

Doa qunut untuk imam dan munfarid sebenarnya sama, hanya dibedakan oleh penggunaan kata naa (نَاَ) pada doa qunut untuk imam, maksudnya ditujukan kepada kami (imam dan jamaahnya), dan pada doa qunut untuk munfarid menggunakan kata nii (نِى) yang ditujukan kepada aku (diri sendiri). Berikut ini bacaan doa qunut untuk lebih jelasnya yang dilengkapi dengan terjemahan agar doa ini tidak hanya diketahui tetapi dipahami,

Doa qunut untuk imam


Bacaan qunut untuk imam

ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺍﻫْﺪِﻧَﺎ ﻓِﻴﻤَﻦْ ﻫَﺪَﻳْﺖَ. ﻭَﻋَﺎﻓِﻨَﺎ ﻓِﻴﻤَﻦْ ﻋَﺎﻓَﻴْﺖَ. ﻭَﺗَﻮَﻟَّﻨَﺎ ﻓِﻴﻤَﻦْ ﺗَﻮَﻟَّﻴْﺖَ . ﻭَﺑَﺎﺭِﻙْ ﻟَﻨَﺎ ﻓِﻴﻤَﺎ ﺃَﻋْﻄَﻴْﺖَ ﻭَﻗِﻨَﺎ ﺷَﺮَّ ﻣَﺎ ﻗَﻀَﻴْﺖَ. ﺇِﻧَّﻚَ ﺗَﻘْﻀِﻰ ﻭَﻻَ ﻳُﻘْﻀَﻰ ﻋَﻠَﻴْﻚَ . ﻭَﺇِﻧَّﻪُ ﻻَ ﻳَﺬِﻝُّ ﻣَﻦْ ﻭَﺍﻟَﻴْﺖَ. ﻭَﻻَ ﻳَﻌِﺰُّ ﻣَﻦْ ﻋَﺎﺩَﻳْﺖَ ﺗَﺒَﺎﺭَﻛْﺖَ ﺭَﺑَّﻨَﺎ ﻭَﺗَﻌَﺎﻟَﻴْﺖ

Allohummaa dinaa fiiman hadait, wa 'aafinaa fiiman 'aafait, wa tawallana fiiman tawallait, wa baariklanaa fiimaa a'thoit, wa qinaa syarro maa qodloit,  innaka taqdli wa laa yuqdlo 'alaik, wa innahu laa yadzillu maw waalait, wa laa ya’izzu man 'aadait, tabaarokta wa ta’aalait.

Artinya :
“Ya Allah, berilah kami petunjuk sebagaimana orang yang telah Engkau beri petunjuk, berilah kami perlindungan sebagaimana orang yang Engkau lindungi, sayangilah kami sebagaimana orang yang telah Engkau sayangi, berikanlah berkah terhadap apapun yang telah Engkau berikan kepada kami, jauhkanlah kami dari kejelekan apa yang Engkau telah takdirkan, sesungguhnya Engkau yang menjatuhkan hukum dan tidak ada orang yang memberikan hukuman kepada-Mu, sesungguhnya orang yang Engkau bela tidak akan terhina, dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi, Mahasuci Engkau,  wahai Rabb kami Yang Maha Tinggi.”

Baca Juga : Doa Sebelum Membaca Surat Yasin Lengkap dengan Latin

Doa qunut untuk munfarid

Doa qunut untuk munfarid ini dapat dibaca ketika sholat subuh secara munfarid (sendiri) atau ketika sholat subuh berjamaah tetapi imam tidak membacanya.

Bacaan doa qunut untuk munfarid

ﺍَﻟﻠّﻬُﻢَّ ﺍﻫْﺪِﻧِﻰْ ﻓِﻴْﻤَﻦْ ﻫَﺪَﻳْﺖَ , ﻭَ ﻋَﺎﻓِﻨِﻰ ﻓِﻴْﻤَﻦْ ﻋَﺎﻓَﻴْﺖَ , ﻭَﺗَﻮَﻟَّﻨِﻰْ ﻓِﻴْﻤَﻦْ ﺗَﻮَﻟَّﻴْﺖَ ﻭَﺑَﺎﺭِﻙْ ﻟِﻰْ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﺍَﻋْﻄَﻴْﺖَ ,ﻭَﻗِﻨِﻲْ ﺷَﺮَّﻣَﺎ ﻗََﻀَﻴْﺖَ ،ﻓَﺎِ ﻧَّﻚَ ﺗَﻘْﻀِﻰْ ﻭَﻻَ ﻳُﻘْﻀَﻰ ﻋَﻠَﻴْﻚَ ﻭَﺍِ ﻧَّﻪُ ﻻَ ﻳَﺬِﻝُّ ﻣَﻦْ ﻭَﺍﻟَﻴْﺖَ ,ﻭَﻻَ ﻳَﻌِﺰُّ ﻣَﻦْ ﻋَﺎﺩَﻳْﺖَ ﺗَﺒَﺎﺭَﻛْﺖَ ﺭَﺑَّﻨَﺎ ﻭَﺗَﻌَﺎﻟَﻴْﺖَ

Allohummah dinii fiiman hadait, wa 'aafinii fiiman 'aafait, wa tawallanii fiiman tawallait, wa baariklii fiimaa a’thoit, wa qinii syarro maa qodloit, innaka taqdli wa laa yuqdlo 'alaik, wa innahu laa yadzillu maw waalait, wa laa ya’izzu man 'aadait, tabaarokta wa ta’aalait

Artinya :
“Ya Allah, berilah aku petunjuk sebagaimana orang yang telah Engkau beri petunjuk, berilah aku perlindungan sebagaimana orang yang Engkau lindungi, sayangilah aku sebagaimana orang yang telah Engkau sayangi, berikanlah berkah terhadap apapun yang telah Engkau berikan kepadaku.

Jauhkanlah aku dari kejelekan yang telah Engkau takdirkan, sesungguhnya Engkau yang menjatuhkan hukum dan tak ada orang yang memberikan hukuman kepada-Mu, sesungguhnya orang yang Engkau bela tidak akan terhina, dan tak akan mulia orang yang Engkau musuhi, Mahasuci Engkau, wahai Rabb kami Yang Maha Tinggi.”

Baca Juga : Doa Ziarah Kubur Singkat yang Dilengkapi Latin dan Artinya

Keutamaan doa qunut


Setiap amalan memiliki keutamaan tersendiri. Keutamaan ini menjadi salah satu faktor pendorong seseorang untuk melakukan amalan tersebut. Tidak terkecuali dengan doa qunut, doa qunut ini memiliki keutamaan-keutamaan. Berikut ini saya sajikan keutamaan-keutamaan yang diambil dari terjemahan doa qunut itu sendiri:

1. Mendapatkan petunjuk

Di awal doa qunut tertulis “allohummah dinii fiiman hadait” yang artinya “Ya Allah, berilah aku petunjuk sebagaimana orang yang telah Engkau beri petunjuk”. Membaca kalimat tersebut artinya kita memohon agar diberikan petunjuk oleh Allah SWT.

Setiap manusia pasti membutuhkan petunjuk. Petunjuk ini dapat berupa ilmu yang bermanfaat karena ilmu menjadikan kita tahu antara yang benar dan salah sehingga perjalanan hidup akan terarah. Tanpa petunjuk, seseorang akan tersesat.

2. Mendapatkan perlindungan

Pada kalimat berikutnya tertulis “wa 'aafinii fiiman 'aafait' yang artinya” yang artinya “berilah aku perlindungan sebagaimana orang yang Engkau lindungi”. Dengan membaca kalimat ini berarti memohon kepada Allah agar diberi perlindungan.

Sesungguhnya kekuatan manusia itu terbatas. Maka dari itu, sebagai manusia kita hendaknya memohon perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Perkasa lagi Maha Melindungi. Allah akan memberi perlindungan bagi hamba-Nya yang mau berdoa.

Sebagaimana juga pada kalimat “wa qinii syarro maa qodloit” yang artinya “jauhkanlah aku dari kejelekan yang telah Engkau takdirkan”. Maknanya, Allah akan melindungi manusia dari hal-hal bburu bagi hamba-Nya yang mau berdoa. Perlindungan tersebut dapat berupa dijauhkan dari gangguan setan, terhindar dari kecelakaan, dijauhkan dari sakit, dan sebagainya.

3. Mendapat kasih sayang dari Allah

Pada kalimat yang lain tertulis “wa tawallanii fiiman tawallait” yang artinya “sayangilah aku sebagaimana orang yang telah Engkau sayangi”. Dengan membaca ini, berarti kita memohon kasih sayang kepada Allah SWT.

Tidak dapat dipungkiri bahwa Allah Maha Penyayang pada hamba-Nya. Salah satu bentuk kasih sayang Allah adalah nikmat yang diberikan oleh-Nya bagi setiap manusia tanpa henti. Walaupun seorang hamba berbuat maksiat, Allah tetap memberi mereka nafas dan kesehatan. Orang yang tanpa memintapun masih mendapat kasih sayang-Nya, apalagi kita yang mau membaca doa qunut ini. Maka Allah akan melipatgandakan rasa kasih-Nya.

4. Mendapat berkah dari Allah

Pada kalimat berikutnya tertulis “wa baariklii fiimaa a’thoit” yang artinya “berikanlah berkah terhadap apapun yang telah Engkau berikan kepadaku”. Membaca kalimat tersebut artinya kita memohon agar diberikan keberkahan oleh Allah atas apapun yang telah diberikan-Nya.

Perlu diketahui bahwa berkah memiliki arti bertambahnya kebaikan atau kebaikan yang melimpah. Wujud berkah bisa bermacam-macam seperti ketenangan, kesehatan, harta, usia, anak, ketentraman, pokoknya semua hal yang berhubungan dengan kebaikan. Selain harta, semua keberkahan tersebut nilainya sangat berharga dan tidak dapat diganti dengan uang ataupun harta yang berlimpah.

Baca Juga : Doa Agar Tidak Hujan (Insya Allah) beserta Latin dan Artinya

Demikian doa qunut untuk imam serta munfarid lengkap dengan keutamaannya. Walaupun membaca doa qunut tidak wajib, semoga dengan mengetahui keutamaan-keutamaannya dapat menjadi motivasi bagi kita semua untuk senantiasa melaksanakannya. Semoga bermanfaat.

Lainnya : Doa Sebelum dan Sesudah Belajar yang Bernilai Ibadah

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel