-->

Kw Header



Niat Sholat 5 Waktu Sendirian dan Berjamaah

Niat sholat 5 waktu ketika sendirian dan berjamaah – Kita tahu bahwa sholat menjadi tiang agama. Barangsiapa yang tidak melaksanakannya, maka ia sama saja merobohkan agama. Pahala sholat merupakan amal yang dihisab pertama kali ketika seorang muslim meninggal. Seorang muslim yang taat setidaknya melaksanakan sholat 5 kali dalam sehari yaitu sholat fardhu yaitu subuh, dhuhur, ashar, maghrib, dan isya'.

Pada dasarnya semua ibadah itu membutuhkan niat. Niat sendiri secara bahasa berarti sengaja. Jika dikaitkan dengan ibadah, maka erat kaitannya dengan meluruskan tujuan dan untuk apa kita melakukan beribadah tersebut. Tanpa niat, mungkin ibadah hanya sekedar dilaksanakan tetapi hati berkata lain.

Sebenarnya niat tidak hanya ketika akan beribadah saja, tetapi ketika kita melakukan aktivitas apapun terkadang tanpa sadar kita juga berniat. Karena niat berkaitan dengan kemauan, keinginan, hasrat, kebutuhan, dan keharusan. Jika tanpa niat, maka sama saja kita melakukannya dengan terpaksa.

Niat sebenarnya tidak perlu diucapkan. Niat yang benar adalah niat yang datangnya dari hati. Ia muncul dengan atau tanpa sengaja. Semua kembali pada diri masing-masing orang. Mengucapkan niat boleh dilakukan sebagai usaha untuk menghadirkan niat. Pada intinya, tujuannya hanya satu yaitu meluruskan tujuan. Nabi Muhammad SAW bersabda,
Hadist tentang amalan sesuai dengan niatnya

Pada ibadah sholat, niat menjadi salah satu rukun yang wajib dilakukan. Ibadah sholat menjadi tidak sah jika tidak berniat. Berikut ini lafaz niat sholat 5 waktu sendirian dan berjamah baik sebagai imam atau makmum.

Baca Juga : Bacaan Doa Setelah Sholat Fardhu serta Adab-adabnya

Niat sholat fardhu sendirian

Shubuh
Bacaan niat sholat shubuh sendirian

Dhuhur
Bacaan niat sholat dhuhur sendirian

Ashar
Bacaan niat sholat ashar sendirian

Baca Juga : Doa Qunut Untuk Imam serta Ketika Munfarid Lengkap dengan Keutamaannya

Maghrib
Bacaan niat sholat maghrib sendirian

Isya'
Bacaan niat sholat isya' sendirian



Niat sholat fardhu berjamaah

Shubuh
Bacaan niat sholat shubuh berjamaah

Dhuhur
Bacaan niat sholat dhuhur berjamaah

Ashar
Bacaan niat sholat ashar berjamaah

Maghrib
Bacaan niat sholat  maghrib berjamaah

Isya'
Bacaan niat sholat isya' berjamaah



Catatan : yang bertanda (*) maksudnya gunakan salah satu kata yang dikurung (sebagai imam atau sebagai ma'mum).

Demikian penjelasan mengenai niat sholat 5 waktu sendirian dan berjamaah. Semoga bermanfaat dan ibadah yang kita lakukan diterima oleh Allah SWT. Aamiin.

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel