-->

Kw Header



Doa Berlindung dari Dajjal yang Sesat serta Artinya

Doa berlindung dari dajjal yang sesat – Mungkin kebanyakan dari kita merasa merinding ketika mendengar tentang akhir zaman. Disebutkan dalam Al-Qur’an maupun hadist bahwa ketika akhir zaman tiba, manusia mengalami kemunduran dalam hal beragama. Walaupun umat islam semakin banyak, tetapi itu hanya sebuah status tanpa adanya kualitas yang berarti. Sudah jarang manusia yang menegakkan ajaran agama. Manusia lebih mementingkan urusan dunianya dengan mengedepankan nafsunya.

Manusia saling melakukan tipu daya demi tujuan pribadi mereka masing-masing. Berbicara tentang tipu daya, salah satu tanda datangnya akhir zaman adalah munculnya sosok yang disebut sebagai dajjal. Dajjal identik sebagai makhluk akhir zaman yang membawa kesesatan di muka bumi. Dajjal membuat manusia lupa tentang mana yang benar dan mana yang salah.
Doa perlindungan dari fitnah dajjal yang sesat

Dajjal muncul dengan membawa surga dan neraka. Dengan kemampuan tipu dayanya, neraka yang ia bawa seolah-olah surga, sebaliknya surga seolah-olah adalah neraka. Dajjal memiliki kemampuan yang luar biasa. Ia mampu menurunkan atau menghentikan hujan, menggerakkan awan, mengeluarkan harta dari dalam perut bumi, dan kemampuan lainnya. Kemampuan-kemampuan tersebut membuat manusia percaya bahwa dajjal adalah Tuhan.

Sosok dajjal digambarkan seperti manusia yang matanya buta sebelah, berambut keriting, dan di tengah-tengah antara kedua matanya terdapat tulisan kaafir.
Hadist yang menjelaskan ciri-ciri dajjal

Walaupun kita bisa memperkirakan sosok dajjal, namun kemampuan tipu dayanya yang luar biasa dapat membuat seseorang terperdaya. Maka hendaknya kita membaca doa agar terhindar dari fitnah dajjal.

Baca Juga : Doa Untuk Orang Meninggal Perempuan dan Laki-laki beserta Latinnya

Berikut ini doa perlindungan dari fitnah dajjal :
Bacaan doa berlindung dari dajjal

Secara lengkap, doa di atas untuk memohon perlindungan dari 4 hal yaitu siksa neraka jahanam, siksa kubur, fitnah ketika hidup dan ketika mati, serta fitnah dajjal. Doa berlindung dari dajjal ini hendaknya dibaca ketika shalat tepatnya setelah tasyahud akhir atau sebelum salam. Doa tersebut bisa dibaca baik pada sholat fardhu maupun sholat sunnah.

Diriwayatkan dalam hadist, bahwa jika menjumpai dajjal hendaknya membaca pembukaan surat Al-Kahfi, sebagaimana hadist yang dimaksud isinya seperti ini :
Hadist tentang anjuran membaca pembukaan surat Al-Kahfi

Baca Juga : Doa Ziarah Kubur Singkat yang Dilengkapi Latin dan Artinya

Membaca pembukaan surat Al-Kahfi yang dimaksud dari hadist di atas, yaitu sepuluh ayat pertama surat Al-Kahfi sebagaimana sabda Nabi Muhammad,
Hadist tentang anjuran membaca surat Al-Kahfi ayat 1-10

Doa memang adalah salah satu cara memohon sesuatu. Tetapi jika menilik kembali penjelasan di awal mengenai jumlah umat islam yang semakin banyak tetapi tidak berarti, maka berdoa saja tidak cukup. Berlindung dari dajjal yang sebaiknya-baiknya adalah dengan memperkuat iman (keyakinan). Misalnya,

  1. Melaksanakan sholat lima waktu,
  2. Meyakini bahwa Allah Maha Esa
  3. Meyakini bahwa Al-Qur’an adalah benar
  4. Menjauhi larangan Allah, dan
  5. Senantiasa mengingat Allah.

Dan semua itu harus dilaksanakan dengan sepenuh hati tanpa keraguan sedikitpun. Maka Insya Allah, kita tidak terpedaya dajjal. Aamiin.

Baca Juga : Doa Sebelum dan Sesudah Tidur Dilengkapi Adab-adab serta Keutamaannya

Demikian penjelasan mengenai doa berlindung dari dajjal yang sesat. Semoga kita selalu dilindungi Allah dalam keadaan apapun.

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel