-->

Kw Header



Hukum Tajwid Pada Surat Al-Hujurat Ayat 10 serta Keterangannya

Hukum tajwid surat Al Hujurat ayat 10 serta keterangannya – Jika membahas tentang tajwid pada suatu surat yang ada di Al-Qur’an memang tidak ada habisnya. Al-Qur’an memiliki ayat yang jumlahnya sangat banyak. Jika dibahas satu per satu maka membutuhkan banyak waktu.

Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang hukum tajwid surat Al-Hujurat ayat 10. Ayat ini terbilang pendek sehingga hukum tajwidnya juga tidak terlalu banyak. Sebelum membahas hukum tajwidnya, mungkin perlu mengetahui isi dari surat Al-Hujurat ayat 10 ini.

Ayat ini berisi tentang perintah untuk saling menjalin tali silaturahmi. Sesama muslim pada dasarnya adalah saudara. Jika terjadi perselisihan, maka hendaknya mengutamakan perdamaian. Dan rahmat itu datang jika seorang hamba takut pada Allah SWT.

Berikut ini hukum tajwid pada surat Al-Hujurat ayat 10 :
Hukum tajwid surat Al-Hujurat ayat 10 serta keterangannya


  1. إنَّما  : Gunnah, karena terdapat huruf nun berharokat tasydid. Cara membacanya dengan mendengung dan ditahan sesaat.
  2. الْمُو  : Alif lam qomariyah, karena alif lam bertemu dengan salah satu huruf qomariyah yaitu mim. Cukup dibaca dengan jelas.
  3. منُوْن  : Mad thobi’i, karena terdapat wau sukun yang didahului oleh huruf berharokat dhommah. Dibaca panjang selama 2 harokat. 

  4. ةٌ فَأ  : Ikhfa' haqiqi, karena huruf huruf berharokat dhommah tanwin bertemu dengan fa'. Suara dhommah tanwin disamarkan dan didengungkan serta ditahan selama 2 atau 3 harokat.
  5. ـحُوْا  : Mad thobi’i, karena wau sukun didahului huruf berharokat dhommah. Cara membacanya yaitu panjang selama 2 harokat.

  6. Baca Juga : Hukum Tajwid Pada Surat Al-Maidah Ayat 48 serta Keterangannya
  7. بَيْن  : Mad layyin, karena ya' sukun didahului oleh huruf berharokat fathah. Dibaca panjang selama 2 harokat.
  8. خوَيْكـ  : Mad layyin, karena terdapat huruf berharokat fathah diikuti ya' sukun. Sehingga membacanya panjang 2 harokat.

  9. ـكمْ وَ  : Idhar syafawi, karena mim sukun bertemu dengan wau. Cara membacanya yaitu dengan jelas.
  10. ـقُوا اللَّهَ  : Tafkhim, karena lafaz Allah didahului huruf berharokat dhommah. Cara membacanya yaitu dengan ditebalkan.
  11. كمْ تُر  : Idhar syafawi, karena mim sukun bertemu dengan huruf ta'. Cukup dibaca dengan jelas. 

  12. ـمُوْن٠  : Mad arid lissukun, karena huruf mad yaitu wau sukun yang didahului huruf berharokat dhommah berada di akhir kalimat. Sehingga dibaca panjang 2-6 harokat.

Baca Juga : Hukum Tajwid Pada Surat Al-Hujurat Ayat 12 serta Keterangannya


Demikian pembahasan mengenai hukum tajwid surat Al-Hujurat ayat 10. Semoga menambah ilmu tajwid Anda.

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel