-->

Kw Header



Doa Untuk Orang Meninggal Perempuan dan Laki-laki beserta Latinnya

Doa untuk orang meninggal perempuan dan laki-laki beserta latinnya - Kematian merupakan suatu kondisi terpisahnya ruh dengan jasad. Setiap makhluk-Nya yang bernyawa akan mengalami kematian, hanya saja waktu datangnya kematian ini berbeda-beda dan tidak dapat diperkirakan.
Bacaan doa untuk orang meninggal perempuan dan laki-laki

Kematian dapat terjadi ketika masih bayi, remaja, dewasa, maupun sudah tua. Ketika meninggal, manusia tidak membawa tidak membawa apa-apa selain amal. Oleh karena itu, manusia harus memperbanyak amal ibadah sebagai bekal ketika telah meninggal.

Orang yang telah meninggal sudah tidak dapat mencari amal ibadahnya sendiri, melainkan 3 hal yang dapat membantunya yaitu amal jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak saleh. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW:
Hadist tentang tiga amalan yang tidak terputus walau seseorang meninggal
إذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَا ثٍ : صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ اَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ, اَوْوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعَوْلَهُ
Artinya:
Jika seorang insan meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga hal yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak sholeh.”(HR. Muslim)

Kita sebagai manusia atau sebagai anak yang masih hidup hendaknya mendoakan orang tua (baik ketika hidup maupun telah meninggal) agar mereka mendapat ampunan dari Allah SWT dan mendapat tempat terbaik di sisi-Nya.

Baca Juga : Doa Sebelum Membaca Yasin Lengkap dengan Latin

Doa Untuk Orang Meninggal

Berikut ini bacaan doa untuk orang meninggal perempuan dan laki-laki:

Doa untuk orang meninggal perempuan
Bacaan doa untuk orang meninggal perempuan

اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَها وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَعْفُ عَنْهَا، وَأَكْرِمْ نُزُلَهَا، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهَا، وَاغْسِلْهَا بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهَا مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الْأَبْيَضُ مِنَ لدَّنَسِ.
وَأَبْدِلْهَا دَارًا خَيِرًا مِنْ دَارِهَا، وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهَا وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهَا، وَأَدْخِلْهَا الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهَا مِنْ عَذَا بِ الْقَبْرِ أَوْمِنْ عَذَابِ النَّرِ

Allahummaghfirlahaa warhamhaa wa 'aafihaa wa'fu 'anhaa, wa akrim nuzuulahaa wawassi' mad kholahaa ,waghsilhaa bil maai wats salji wal barodi, wa naqqihaa, minadz dzunubi wal khothooyaa kamaa naqqoits tsaubal abyadhu minad danas. Wabdilha daarool khoiron min daarihaa wa ahlan khoiron min ahlihaa wa zaujan khoiron min zaujihaa, wa adkhilhal jannata wa a’idzhaa min adzabil qobrii au min 'adzaa binnaar

Baca Juga : Doa Ziarah Kubur Singkat yang Dilengkapi Latin dan Artinya

Doa untuk orang meninggal laki-laki

Sebenarnya doa ini sama doa untuk orang meninggal perempuan, bedanya hanya terletak di akhiran kalimat yang mana pada perempuan diakhiri ha (هَا), sedangkan pada laki-laki diakhiri hu (هُ).
Bacaan doa untuk orang meninggal laki-laki
اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الْأَبْيَضُ مِنَ لدَّنَسِ.
وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيِرًا مِنْ دَارِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَا بِ الْقَبْرِ أَوَمِنْ عَذَابِ النَّرِ

Allahummaghfirlahu warhamhu wa 'aafihii wa'fu 'anhu, wa akrim nuzuulahu wawassi'mad kholahu ,waghsilhu bil maa'i wats salju walbaradi, wa naqqihii, minadz dzunubi wal khathaya kamaa yunaqqats tsaubul abyadhu minad danasi. Wa abdilhu daaroo khoiron min daarihi wa zaujan khoiron min zaujihi wa adkhilhul jannata wa a’idzhu min adzabil qobri wa min 'adzaa binnaar.

Artinya:
“Ya Allah, ampuni dan rahmatilah dia. Selamatkanlah dan maafkanlah dia. Berikan kehormatan untuknya, luaskanlah tempat masuknya. Mandikanlah dia dengan air yang jernih lagi sejuk. Bersihkanlah dia dari kesalahan sebagaimana Engkau bersihkan baju yang putih dari kotoran. Gantikanlah baginya rumah yang lebih dari rumahnya, pasangan yang lebih baik dari pasangannya (di dunia). Masukkanlah dia ke dalam surga, lindungilah dari azab kubur dan azab neraka.” (HR. Muslim)

Baca Juga : Doa Sebelum dan Sesudah Tidur Dilengkapi Adab-adab serta Keutamaannya


Demikian doa untuk orang meninggal perempuan dan laki-laki. Kematian seseorang hendaknya dijadikan sebagai pengingat bahwa kita semua akan mengalami hal tersebut. Tidak hanya diingat, tetapi juga harus memperbanyak amal kebaikan sebagai bekal esok di akhirat.  Semoga bermanfaat.

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel