-->

Kw Header



Doa Duduk di Antara Dua Sujud beserta Maknanya

Doa duduk di antara dua sujud beserta maknanya – Sebagai muslim kita mengenal bahwa rukun sholat terdiri dari takbiratul ihram, rukuk, i'tidal, sujud, iftirosy, tahiyat, dan salam. Di antara gerakan tersebut, salah satu gerakan sholat yang tidak pernah dilewatkan adalah iftirosy. Iftirosy disebut juga dengan duduk di antara dua sujud merupakan posisi duduk yang dilakukan setelah bangun dari sujud yang pertama tiap rakaat.

Seorang muslim yang taat, dalam satu hari setidaknya ia melakukan 17 kali duduk di antara dua sujud. Jumlah tersebut dihitung berdasarkan jumlah rakaat sholat fardhu. Duduk di antara dua sujud dilakukan dengan menekuk kaki kiri lalu mendudukinya, sedangkan kaki kanan ditegakkan sehingga telapak menghadap ke belakang dengan jari-jari kaki ditekuk le depan. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa memperhatikan gambar berikut:

Nabi Muhammad bersabda yang artinya:
Hadist tentang cara melakukan duduk di antara dua sujud

Bagaimana jika seseorang yang kesulitan untuk melakukan posisi tersebut?
Melakukan posisi duduk di antara dua sujud seperti yang telah disebutkan di atas mungkin adalah perkara mudah bagi mereka yang berbadan kurus atau sedang dan memiliki kaki sehat. Namun bagi mereka yang gemuk, melakukan posisi menekuk lutut ataupun kaki menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Mengingat ukuran kaki yang besar dan berat membuat mereka sangat kesusahan.

Baca Juga : Doa Ziarah Kubur Singkat yang Dilengkapi Latin dan Artinya

Atau bagi mereka yang merasa nyeri ketika melakukannya maka diperbolehkan melakukan duduk iftirosy sesuai dengan kemampuan. Karena pada dasarnya, hal yang terpenting dalam ibadah adalah mengharap ridho dari Allah. Mengenai hal ini Allah telah berfirman,
Firman Allah dalam Surat At-Taghabun ayat 16
Arti firman Allah dalam surat At-Taghabun ayat 16

Pada hadist, diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad bersabda,
Hadist tentang beribadah sesuai dengan kemampuan

Posisi punggung juga harus diperhatikan yaitu punggung harus tegak dan tidak boleh bengkok.

Baca Juga : Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu yang Disertai Latinnya

Setiap gerakan sholat terdapat bacaan yang mengiringinya. Masing-masing bacaan tersebut juga memiliki hukum yang berbeda, yang mana ada yang wajib dan sunnah. Doa duduk di antara dua sujud termasuk ke dalam bacaan yang disunnahkan sehingga tidak harus dibaca.

Walaupun begitu, doa duduk di antara dua sujud hendaknya dibaca agar sholat menjadi lebih sempurna. Mengingat juga bahwa doa duduk di antara dua sujud ini tergolong pendek sehingga mudah untuk dihafalkan. Terdapat beberapa versi dari bacaan ini yang mana dapat Anda pilih. Berikut ini beberapa bacaan doa duduk di antara dua sujud:

Doa duduk di antara dua sujud singkat
Bacaan doa duduk di antara dua sujud singkat


Doa duduk di antara dua sujud
Versi 1
Bacaan doa duduk di antara dua sujud versi 1

Versi 2
Bacaan doa duduk di antara dua sujud versi 2

Versi 3
Bacaan doa duduk di antara dua sujud versi 3

Baca Juga : Doa Sebelum Membaca Surat Yasin Lengkap dengan Latin

Makna Doa Duduk di Antara Dua Sujud

Setiap lafadz dalam doa duduk di antara dua sujud memiliki arti sendiri-sendiri. Mengetahui arti dari doa ini cukup penting karena kita dapat memahami apa yang kita minta kepada Allah. Dengan memahami artinya, mungkin Anda semakin termotivasi untuk membacanya. Berikut ini saya paparkan arti dari doa duduk di antara dua sujud :

1. Allahummaghfirlii atau Rabbighfirlii, yang berarti ya Allah ampunilah aku. Dengan membaca kalimat ini, artinya kita memohon ampun kepada Allah atas segala dosa dan kesalahan. Pada dasarnya setiap manusia pernah melakukan kesalahan. Namun, sebaik-baiknya manusia yang berbuat salah adalah mereka yang mau memohon ampun dan bertaubat kepada Allah.

2. Warhamnii, artinya sayangilah aku. Semua bentuk nikmat yang diberikan Allah merupakan salah satu bentuk kasih sayang dari-Nya. Manusia yang sering berbuat maksiatpun masih diberikan nikmat. Hal ini manjadi bukti bahwa Allah tidak pilih kasih dalam memberi kasih sayang-Nya. Namun, Allah juga dapat memberikan azab bagi yang dikehendaki-Nya. Oleh karena itu, dengan membaca doa duduk di antara dua sujud ini kita berharap agar Allah senantiasa memberi kita kasih sayang.

3. Wajburnii, artinya tutupilah segala kekuranganku. Seperti pada penjelasan sebelumnya bahwa setiap manusia pasti pernah berbuat kesalahan. Hal inilah yang menjadi tanda bahwa manusia memiliki kekurangan. Kesalahan yang tidak disengaja seperti marah, iri dengki, atau rasa dendam biasanya muncul secara spontan dan sulit untuk dicegah. Bentuk lain dari kekurangan bisa juga dalam hal harta.

Baca Juga : Doa Qunut Untuk Imam serta Ketika Munfarid Lengkap dengan Keutamaannya

Namun, setiap manusia tidak serta merta hanya punya kekurangan saja. Allah berkehendak untuk menutupi kekurangan yang ada pada diri manusia. Setiap manusia pasti memiliki kelebihan. Mungkin mereka yang miskin harta ditutupi Allah dengan memberi mereka sifat pantang menyerah, tidak pernah mengeluh dan selalu bersyukur.

Bagi mereka yang mudah marah ternyata memiliki kebiasaan bersedekah. Memang marah adalah perbuatan yang tidak dapat dibenarkan. Namun Allah masih menutupinya dengan sifat suka bersedekah itu.

4. Warfa’nii, artinya angkatlah derajatku. Manusia yang derajatnya tinggi selalu taat melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Ketika melakukan sesuatu, orang yang derajatnya tinggi akan selalu mengingat Allah dan selalu mengharap ridha-Nya. Jika seorang manusia ingin menaikkan derajatnya, maka ia harus taat kepada Allah, seolah-olah hidupnya hanya karena Allah. Doa duduk di antara dua sujud hanya sebagai bentuk permohonan, yang lebih penting adalah berusaha.

5. Warzuqnii, artinya berilah aku rezeqi. Tidak dapat dipungkiri bahwa segala rezeki yang didapatkan merupakan pemberian dari Allah SWT. Kita hendaknya selalu bersyukur atas rezeki yang Allah berikan. Salah satunya dengan berdoa membaca doa duduk di antara dua sujud ini. Dengan membacanya, artinya kita selalu selalu meminta dan selalu berharap agar Allah senantiasa memberi kita rezeki serta tak lupa bahwa segala rezeki adalah dari-Nya.

6. Wahdinii, artinya berilah aku petunjuk. Petunjuk adalah sesuatu yang dapat memberikan bimbingan pada seseorang. Dengan petunjuk, seseorang dapat mengetahui antara yang benar dan salah. Jika berbicara tentang kehidupan manusia, kita mengerti bahwa akhirat adalah tujuan kita di masa depan. Petunjuk yang benar akan membawa kita ke jalan terbaik yaitu jalan bagi orang-orang yang bertakwa.

Karena petunjuk itu dari Allah, kita sebagai manusia harus mencari dengan menuntut ilmu misalnya. Selain itu, kita harus berdoa yang salah satunya doa duduk di antara dua sujud ini agar Allah selalu memberi petunjuk.

7. Wa’aafinii, artinya berilah aku kesehatan. Kesehatan menjadi tanda bahwa Allah masih mengalirkan nikmat yang paling nikmat. Karena kesehatan membuat kita bisa melakukan apa saja tanpa halangan termasuk dalam berbuat kebaikan.

Jika Anda kurang bersyukur atas nikmat sehat, Anda dapat mencoba berkunjung ke rumah sakit, di mana banyak orang yang sakit. Mungkin Anda menemui orang yang merasa kesakitan hanya untuk sekedar bernapas. Maka dari itu, membaca doa duduk di antara dua sujud ini menjadi salah satu cara untuk bersyukur dan memohon kesehatan.

8. Wa'fu 'annii, artinya berilah ampunan kepadaku. Tidak hanya di awal, doa duduk di antara dua sujud juga diakhiri dengan doa memohon ampun kepada Allah. Hal ini mengartikan bahwa manusia harus senantiasa memohon ampun kepada Allah SWT atas kesalahan yang mungkin masih saja dilakukan karena memang manusia tidak luput dari kesalahan.

Baca Juga : Bacaan Doa Setelah Sholat Fardhu serta Adab-adabnya

Setelah arti dari doa duduk di antara dua sujud telah saya jelaskan, semoga menjadi pendorong Anda untuk selalu membaca doa tersebut, terutama yang paling panjang. Demikian penjelasan mengenai doa duduk di antara dua sujud beserta maknanya. Semoga bermanfaat.

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel