-->

Kw Header



Doa Setelah Adzan Berkumandang yang Disunnahkan

Doa setelah adzan berkumandang – Adzan adalah seruan yang dikumandangkan ketika waktu sholat fardhu tiba. Adzan bagaikan alarm bagi umat Islam yang fungsinya tidak lain adalah untuk mengingatkan masuknya waktu sholat.
Doa setelah adzan berkumandang yang disunnahkan

Dalam satu hari setidaknya adzan dikumandangkan sebanyak 5 kali di tiap masjid atau musholla. Hal tersebut membuat adzan akrab di telinga. Apalagi Indonesia adalah negara yang mayoritas penduduknya orang muslim. Bangunan masjid ataupun musholla jumlahnya dipastikan sangat banyak. Tidak heran ketika waktu sholat tiba adzan berkumandang dan saling bersahutan.

Adzan tidak hanya sebagai pertanda masuknya waktu sholat. Adzan juga memancarkan energi ke setiap penjuru dunia. Nama Allah Yang Maha Besar yang dikumandangkan ketika adzan mampu menggetarkan hati setiap manusia yang mampu meresapinya. Selain itu, bagi sebagian orang adzan bisa memberi semangat.

Beberapa muazin memiliki suara dan nada yang khas dan indah dalam mengumandangkan adzan. Yang terkadang membuat pendengarnya menangis. Sehingga adzan memiliki nilai estetika tersendiri. Kita harus bersyukur atas nikmatnya bisa mendengar adzan. Bayangkan saja jika tidak ada suara adzan, mungkin alam akan terasa sunyi setiap saat.

Baca Juga : Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu yang Disertai Latinnya

Sebagai pendengar, kita disunahkan untuk menjawab seruan adzan dengan mengikuti suaranya. Setelah muazin selesai berseru Allahu Akbar, maka kita menjawabnya dengan Allahu Akbar. Kecuali ketika muazin berseru Hayya 'alash-sholaah dan hayya 'alalfalaah maka kita menjawab dengan Laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Kita disunahkan untuk membaca doa setelah adzan. Berikut ini doanya :
Bacaan doa setelah adzan yang disunnahkan

Baca Juga : Bacaan Doa Setelah Sholat Fardhu serta Adab-adabnya

Selain membaca doa tersebut, setelah adzan kita juga dapat berdoa sesuai dengan keinginan. Berdoa setelah adzan memiliki keutamaan tersendiri yang mana waktu tersebut merupakan waktu mustajab untuk berdoa. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW :
Hadist tentang mustajabnya doa yang dibaca setelah adzan

Baca Juga : Doa Qunut Untuk Imam serta Ketika Munfarid Lengkap dengan Keutamaannya

Meskipun bisa dikatakan ibadah yang ringan, doa setelah adzan memiliki keutamaan tersendiri. Oleh karena itu, kita hendaknya membacanya. Demikian doa setelah adzan berkumandang yang disunnahkan. Semoga bermanfaat.

Lainnya : Doa Agar Tidak Hujan (Insya Allah) beserta Latin dan Artinya

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel