-->

Kw Header



Doa Sebelum Berbuka Puasa yang Dianjurkan

Doa sebelum berbuka puasa yang dianjurkan - Berbuka puasa adalah waktu ketika orang muslim membatalkan puasanya pada waktu matahari telah terbenam. Ketika menjelang waktu berbuka, orang-orang akan menyiapkan segala kebutuhan untuk berbuka puasa seperti makanan dan minuman. Selain itu, adapun yang menunggu dengan duduk-duduk sambil menyiapkan kuping untuk mendengar adzan berkumandang. Hehehe….. 
Keutamaan doa sebelum berbuka puasa

Karena alasan itulah, waktu berbuka puasa menjadi waktu yang membahagiakan dan ditunggu-tunggu saat bulan puasa karena haus dan lapar setelah berpuasa seharian akan hilang. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW:

لِلصَّائِمِ فَرْحَتَا نِ فَرْحَةٌعِنْدَفِطْرِهِوَفَرْحَةٌعِنْدَلِقَاءِرَبِّهِ

“Orang yang berpuasa memiliki dua kebahagiaan : kebahagiaan ketika berbuka puasa dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabb-Nya kelak.”

Namun di balik itu, waktu menjelang berbuka memiliki keutamaan tersendiri. Saat itu, menjadi waktu yang tepat untuk memanjatkan doa. Menjelang berbuka adalah salah satu waktu yang tepat untuk memanjatkan doa.

Pada dasarnya, doa adalah pertanda bahwa seorang hamba selalu ingat dan senantiasa membutuhkan tuhannya. Doa memiliki waktu-waktu yang mustajab, yaitu waktu yang dianjurkan berdoa karena doa akan cepat didengar bahkan dikabulkan. Salah satu waktu yang mustajab itu ketika menjelang berbuka puasa. Karena Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW :

ثَلَا ثَةٌلاَتُرَدُ دَعْوَتُهُمُ الصَّائِمُ حَتَّى يُفْـتِرَوَالْإِ مَامُ الْعَادِلُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ يَرْفَعُهَااللَّهُ فَوْقَ الْغَمَامِ وَيَفْتَحُ لَهَااَبْوَابَ السَّمَاءِ وَيَقُوْلُ الرَّبُّ : وَعِزَّتِي لَأَنْصُرَنَّكِ وَلَوْبَعْدَ حَينٍ

“Ada tiga doa yang tidak ditolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil, dan doanya orang yang terzhalimi.”(HR. Tirmidzi)

Maka dari itu, kita dianjurkan untuk berdoa dan memohon segala sesuatu ketika menjelang berbuka agar doa kita terkabul dan puasa semakin berkah. Apalagi pada bulan puasa, pahala atas segala kebaikan akan dilipatgandakan.
Keutamaan berdoa menjelang berbuka puasa

Bacaan doa menjelang berbuka puasa

ﺍَﻟﻠّﻬُﻢَّ ﻟَﻚَ ﺻُﻤْﺖُ ﻭَﺑِﻚَ ﺁﻣَﻨْﺖُ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺭِﺯْﻗِﻚَ ﺃَﻓْﻄَﺮْﺕُ ﺑِﺮَﺣْﻤَﺘِﻚَ ﻳَﺎ ﺍَﺭْﺣَﻢَ ﺍﻟﺮَّﺣِﻤِﻴْﻦَ

Allahumma laka shumtu wabika amantu wa 'ala rizqika afthartu birahmatika yaa arhamar rahimin.

Artinya: “Ya Allah untukMu aku berpuasa, kepadaMu aku beriman, dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmatMu wahai Sang Maha Pengasih dan Penyayang.”

Selain doa di atas, ada juga pendapat lain yang menetapkan doa sebelum berbuka seperti berikut ini.

ﺫَﻫَﺐَ ﺍﻟﻈَّﻤَـﺄُ، ﻭﺍﺑْــﺘَﻠَّﺖِ ﺍﻟﻌُﺮُﻭﻕُ، ﻭﺛَــﺒَﺖَ ﺍﻷَﺟْﺮُ ﺇِﻥ ﺷَﺎﺀَ ﺍﻟﻠﻪُ

Dzahabadh dhoma u wabtallatil 'uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah.

Artinya: “Telah hilang dahaga, dan telah basah kerongkongan, serta telah ditetapkan pahala, semoga Allah menghendaki.”

Waktu ketika menjelang berbuka puasa sebaiknya dimanfaatkan sebaik mungkin. Pada waktu yang mustajab dikabulkannya doa, hendaklah dimanfaatkan untuk memohon ampun kepada Allah SWT. Agar ibadah puasa menjadi lebih sempurna dan mendapatkan balasan-Nya kelak di akhirat.

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel