-->

Kw Header



Cara Menjaga Kesehatan Otak dengan Makanan Ini

Cara menjaga kesehatan otak dengan makanan ini - Otak menjadi pusat kendali tubuh setiap manusia. Otak memiliki fungsi yang sangat banyak. Mulai dari pengendali otot, berpikir, daya ingat, daya konsentrasi, memerintah organ tertentu untuk melepaskan hormon, dan yang lainnya.
Cara menjaga kesehatan otak dengan makanan ini

Makanan yang dikonsumsi menjadi salah satu faktor penting dalam menjaga kesehatan otak. Jika makanan yang dikonsumsi sehat, maka otak juga sehat. Sehingga kemampuan otak tetap optimal sebagai pusat kendali tubuh.

Baca Juga : Cara Mendetoks Tubuh dari Racun Berbahaya dengan Makanan Ini

Berikut ini beberapa makanan yang baik bagi kesehatan otak :

1. Blueberry

Menurut penelitian yang dilakukan pada binatang, ternyata blueberry berkhasiat dalam melindungi sel otak dari stres oksidatif. Hal tersebut dapat menurunkan resiko penyakit yang berhubungan dengan usia seperti penyakit alzheimer.

Pemberian blueberry pada tikus tua ternyata mampu meningkatkan kapasitas belajar dan ketrampilan motoriknya secara signifikan. Hal ini membuat tikus tersebut seperti kembali menjadi tikus muda. Sedangkan, hal ini tidak terjadi pada tikus tua yang tidak diberi blueberry.

2. Stroberi

Usia lanjut menyebabkan kemunduran fungsi kognitif otak terutama daya ingat. Kandungan antioksidan golongan polyphenols yang terkandung pada stroberi, blueberry, dan cranberry bermanfaat dalam memelihara fungsi otak.

Penelitian pada tikus menunjukkan bahwa pemberian ekstrak stroberi dalam jangka waktu yang lama dapat mencegah kemunduran fungsi kognitif. Walaupun tikus tersebut mengalami pertambahan usia, namun tidak terjadi kemunduran fungsi kognitifnya.

3. Pisang

Hal ini berkaitan dengan perubahan-perubahan yang terjadi pada lansia yang berdampak pada metabolisme vitamin B6. Walaupun mekanismenya sampai saat ini belum dapat dijelaskan. Namun, beberapa hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara status vitamin B6 dengan respons imunitas dan kapasitas kognitif pada lansia.

Salah satu sumber vitamin B6 berasal dari buah pisang. Dalam satu buah pisang ukuran sedang (118 gr) mengandung vitamin B6 sekitar 0,7 gr. Sedangkan kebutuhan vitamin B6 untuk lansia setiap harinya sekitar 1,5-2 mg. Artinya mereka cukup mengonsumsi 2-3 buah pisang setiap hari untuk memenuhi kebutuhan vitamin B6 setiap hari.

Baca Juga : Manfaat Buah Semangka, Nomor 3 Mengejutkan

4. Ubi Merah

Kelebihan kadar homosistein dalam darah berkaitan dengan kemunduran fungsi kognitif otak terutama dalam hal daya ingat. Ubi merah mengandung vitamin B6 dan asam folat yang cukup tinggi. Kedua kandungan tersebut dapat menurunkan kadar homosistein dalam darah sehingga kemampuan daya ingat otak dapat bekerja dengan optimal.

5. Buah Merah Papua

Hampir 85% dari buah merah terdiri dari omega 3, omega 6, dan omega 9. Namun, khusus untuk omega 3 dan omega 9 pada buah merah berkhasiat dalam merangsang daya kerja otak serta meningkatkan kecerdasan.

6. Seledri

Suatu kejadian tak terduga terkadang membuat seseorang menjadi syok. Syok terjadi akibat kekurangan suplai oksigen ke otak sehingga kesadaran menghilang. Kandungan DL-butyl phthalide pada seledri berkhasiat mencegah syok.

Zat ini mampu melindungi otak agar tidak kekurangan oksigen dan meningkatkan metabolisme. Selain itu, zat DL-butyl phthalide dapat menghambat pelepasan glutathione dari synaptosomes dan memiliki efek neuroprotektif pada celebral ischemia.

7. Semangka

Semangka mengandung zat yang mampu memperbaiki sel layu yang telah rusak. Kemampuan ini membuat kulit wajah tampak muda, bersinar, dan segar bagi siapa yang rutin mengonsumsinya.

Baca Juga : 12 Makanan yang Dapat Mencegah Penuaan Dini

Selain itu, bagi lansia, mengonsumsi semangka tidak hanya membantu memulihkan gangguan kesehatan dengan cepat, namun juga meningkatkan kemampuan mental dan ketajaman daya ingat.

Demikian penjelasan mengenai cara menjaga kesehatan otak dengan makanan ini. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.

Baca Juga : Manfaat Bawang Putih Untuk Mencegah Kanker

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel