-->

Kw Header



Cara Mendetoks Tubuh dari Racun Berbahaya dengan Makanan Ini

Cara mendetoks tubuh dari racun berbahaya dengan makanan ini - Mungkin tanpa kita sadari, tubuh terpapar racun setiap hari. Racun dapat berasal dari dari luar tubuh, zat sisa hasil metabolisme tubuh, maupun dari makanan yang dikonsumsi. Terkadang, kita memegang suatu benda entah itu logam, plastik, atau yang lainnya yang tidak kita sadari terkadang zat pada benda tersebut ikut masuk ke tubuh saat kita makan.

Cara mendetoks tubuh dari racun berbahaya dengan makanan ini

Selain itu, sayuran atau buah yang dikonsumsi terkadang masih mengandung pestisida. Zat-zat sisa metabolisme tubuh juga termasuk zat beracun yang harus dibuang karena mengandung zat sisa yang sudah tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Sebenarnya, tubuh memiliki mekanisme dalam membuang zat-zat beracun ini. Organ hati (liver) merupakan organ yang berperan besar dalam proses pembuangan zat-zat beracun. Selain itu, terdapat bagian-bagian tubuh lain yang juga berperan dalam pembuangan racun.

Namun, untuk meringankan kerja dan membantu fungsinya, alangkah baiknya jika mengonsumsi makanan yang  mendukung tubuh dalam mendetoks racun.

Baca Juga : Manfaat Air Hexagonal Untuk Meningkatkan Kualitas Kesehatan

Berikut ini beberapa makanan yang berkhasiat dalam mendukung detoksifikasi racun dalam tubuh yaitu :
  1. Brokoli

  2. Sulforaphane diproduksi jika brokoli dikunyah sampai lumat. Kunyahan akan menghancurkan dinding selnya dan melepas glucoraphanin dan myrosinase.

    Ketika glucoraphanin dan myrosinase bertemu, akan menghasilkan sulforaphane yang berkhasiat membuang zat beracun dari dalam tubuh dan mematikan sel kanker.

    Penelitian yang dilakukan pada manusia membuktikan, sulforaphane berkhasiat antioksidan dan menstimulasi produksi enzim yang bekerja untuk detoksifikasi senyawa beracun.

    Pada penelitian lain, brokoli mengandung glycosida golongan glukosinolates berupa indole 3 carbinol. Senyawa ini berguna untuk meningkatkan kemampuan hati dalam melakukan detoksifikasi senyawa beracun.

  3. Kubis 

  4. Sulforaphane pada kubis dapat merangsang pembentukan glutation. Glutation merupakan enzim yang mampu mendetoksifikasi zat-zat beracun yang beredar secara berlebihan di dalam tubuh.
    Zat beracun yang dimaksud seperti nikel, tembaga, kobalt, dan hormon. Glutation bekerja dengan cara mengurai dan dan kemudian membuang zat-zat beracun tersebut melalui tinja.

  5. Tomat

  6. Konsumsi tomat secara rutin, membuat racun tidak bisa bertahan lama dalam tubuh Anda. Kandungan klorin dan sulfur pada tomat berkhasiat untuk membuang racun.
    Klorin secara alamiah yang mampu menstimulasi kerja hati untuk membuang racun tubuh. Sedangkan sulfurnya berguna untuk mencegah hati mengalami sirosis hati dan penyakit lainnya.

  7. Kembang Kol

  8. Di dalam kembang kol terkandung senyawa sulforaphane. Senyawa ini berkhasiat mencegah kanker dan berguna untuk membuang racun tubuh. Racun tubuh yang menumpuk terlalu lama berpotensi memicu berbagai macam penyakit.
    Untuk pemakaiannya, kembang kol dapat dimakan mentah, dikukus, atau direbus sebentar, ditumis, atau dimasak sebagai sayuran.

  9. Jamblang

  10. Jambang dikenal juga dengan nama juwet atau duwet. Jamblang termasuk spesies tumbuhan Eugenia caryophyllata. Jamblang yang telah masak mengandung senyawa yang dapat mengaktifkan enzim glutathione S-transferase di hati. 
    Enzim tersebut berfungsi mendetoks racun. Percobaan pada binatang menunjukkan adanya peningkatan produksi enzim glutathione S-transferase yang dapat menurunkan kejadian kanker lambung sampai 80%.

  11. Toge

  12. Toge memiliki kemampuan membantu usus dalam menguras kotoran di usus besar. Kandungan serat membuat kotoran menjadi lebih lancar sehingga mencegah terjadinya penumpukan zat beracun dan zat beracun tidak sampai diserap oleh usus.
    Zat beracun sangat berbahaya jika sampai menumpuk dan diserap oleh usus. Hal ini dapat memicu kanker.

    Namun, wanita yang sedang menjalani pengobatan kanker payudara dengan tamoxifen sebaiknya membatasi konsumsi toge. Hal ini berkaitan dengan hormon estrogen.
Demikian penjelasan mengenai cara mendetoks tubuh dari racun berbahaya dengan makanan ini. Semoga bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel