-->

Kw Header



Manfaat Teh Kombucha Bagi Kesehatan dan Bagaimana Sejarahnya

Manfaat teh kombucha bagi kesehatan dan bagaimana sejarahnya - Mungkin Anda tidak percaya ketika membaca tentang minuman yang membuat hidup abadi. Memang tidak ada yang abadi di dunia ini. Makna dari hidup abadi dengan teh kombucha sebenarnya terinspirasi dari warga Kargasok yang tinggal di Siberia bagian selatan daerah Kargasok yang berbatasan dengan Cina.
Manfaat teh kombucha bagi kesehatan dan bagaimana sejarahnya

Menurut kabar, rata-rata penduduk Kargasok berumur lebih dari seratus tahun. Penduduk di sana tampak tetap aktif dan selalu sehat. 

Mayoritas penduduk Kargasok menjadikan teh kombucha sebagai minuman sehari-hari. Hampir tidak ditemukan penduduk Kargasok yang menderita kanker.

Nama Kombucha sendiri, konon diambil dari kisah seorang kaisar dari Jepang yaitu Kaisar Inkyo. Ketika itu beliau masih memerintah kerajaan. 

Beliau saat itu menderita sembelit kronis. Beliau sangat tersiksa karena bertahun-tahun penyakitnya tak kunjung sembuh.

Hingga pada tahun 414 Masehi, seorang tabib Korea yang bernama Kombu, berhasil menyembuhkan penyakitnya dengan ramuan ajaib. 

Kaisar Inkyo sangat berterima kasih kepada tabib tersebut. Kemudian ramuan ajaib tersebut diberi nama Kombucha, yang diambil dari nama tabib tersebut. 

Menurut beberapa sumber, teh kombucha telah dikenal lebih dari 2000 tahun lalu. Teh ini diperkirakan berasal dari daerah Kargasok di Siberia bagian selatan. 

Dari Kargasok, teh kombucha kemudian menyebar ke Cina, terutama di Manchuria. Melalui perdagangan sutra, teh kombucha menyebar lebih luas hingga ke Asia Tengah, Asia Barat dan Eropa, kemudian ke Amerika Serikat, dan belahan dunia yang lain.

Di Jawa, teh kombucha dikenal sebagai jamur dipo sedangkan di daerah lain ada yang menyebutnya tea kwas, kargasok tea, manchurian tea mushroom, olinka, fungus japonicum, mogu tea, olga tea, heldenpize, atau zauberpilze.

Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan Mata dengan Makanan Ini

Lalu, apa bedanya dengan teh-teh yang lain?

Teh kombucha sebenarnya sama dengan teh-teh yang lain yang biasanya dikeringkan terlebih dahulu. Bedanya, ada satu proses tambahan yaitu fermentasi. 

Fermentasi dilakukan dengan bantuan jamur Kombucha. Jamur ini dihasilkan dari kombinasi ragi dan berbagai bakteri baik yang dikenal dengan SCOBY (symbiotic colony of bacteries and yeasts).

Jamur tersebut menghasilkan zat atau senyawa yang mampu mengolah air teh gula menjadi bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Larutan kombucha mengandung berbagai bakteri baik dan ragi hidup yang banyak khasiatnya. Rasa teh kombucha mirip jus apel bersoda dan segar.

Baca Juga : 7 Manfaat Buah Merah yang Wajib Diketahui

Berikut manfaat-manfaat teh kombucha bagi kesehatan :

  1. Mengatasi sembelit

  2. Pasti Anda sudah menebak, bahwa khasiat ini berdasarkan kisah Tabib Kombu yang berhasil menyembuh sembelit Kaisar Inkyo.

    Memang benar, secara ilmiah bakteri pada teh kombucha mampu memperbaiki flora usus sehingga buang air besar menjadi teratur, tinja tidak mengeras, dan baunya tidak menyengat. 

    Selain itu, teh kombucha juga dapat mencegah terjadinya kanker usus.

  3. Mengoptimalkan fungsi hati

  4. Makanan merupakan kebutuhan utama manusia agar tetap hidup. Namun, tidak semua makanan itu sehat. Ada makanan yang mengandung kolesterol dan logam berat yang merugikan tubuh. 

    Teh kombucha mengandung asam glukoronat yang berkhasiat dalam mengoptimalkan fungsi hati. Asam glukoronat membantu hati dalam mengikat kolesterol dan logam berat dari makanan sehingga tidak sampai mengendap di dalam pembuluh darah. 

    Kolesterol dan logam berat yang diikat oleh hati, kemudian larut dalam cairan empedu dan kemudian dibuang melalui tinja.

  5. Mengatasi insomnia dan depresi 

  6. Sejumlah penderita insomnia melaporkan mengenai manfaat minuman teh kombucha. 

    Mereka mengungkapkan bahwa setelah mengonsumsi teh kombucha secara teratur, mereka tidak kesulitan tidur, mereka tidur lebih nyenyak, dan tidak mengalami mimpi buruk. 

    Selain itu, teh kombucha dapat mengatasi depresi. Kualitas tidur merupakan salah satu faktor depresi. Tidur nyenyak membuat istirahat lebih berkualitas sehingga mengurangi depresi dan meningkatkan kepercayaan diri. 


  7. Mengatasi osteoporosis 

  8. Saat menginjak usia 50 tahun, wanita akan mengalami menopause. Teh Kombucha dapat mengurangi keluhan menopause pada wanita seperti nyeri tulang akibat tulang keropos (osteoporosis). 

    Rutin mengonsumsi teh kombucha dapat membantu meningkatkan indeks kepadatan tulang (bone mineral density).

  9. Sebagai pereda nyeri (analgesik)

  10. Teh kombucha memiliki khasiat analgesik yaitu meredakan rasa sakit akibat penyakit. Penyakit yang dimaksud antara lain nyeri sendi akibat radang, proses degenerasi, atau kadar asam urat yang berlebihan. 

    Teh kombucha bekerja dengan cara membuang toksin dari tubuh dan membuat organ tubuh berfungsi lebih baik. Sehingga rasa sakit berkurang atau bahkan hilang.

    Efek analgesik pada teh kombucha mirip dengan paracetamol, asam hyaluronidase, dan asam chondroitin pada teh.

    Selain itu, teh kombucha dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh,  meningkatkan vitalitas, serta memperkuat dan menjaga keseimbangan kerja organ tubuh. 

  11. Menghilangkan nyeri saat haid

  12. Saat wanita sedang haid, seringkali muncul rasa nyeri. Mungkin rasa nyeri ini berbeda pada tiap wanita. 

    Mungkin ada yang merasakan nyeri luar biasa bahkan sampai harus disuntik obat antispasmodik (obat untuk relaksasi otot). Setelah mengonsumsi teh kombucha, keluhan nyeri akan berkurang.


    Pasien dengan rasa nyeri haid yang diperparah oleh endometriosis (pertumbuhan abnormal pada dinding luar rahim) dapat dihilangkan dengan mengonsumsi teh kombucha selama 2 minggu.

  13. Meningkatkan daya tahan tubuh 

  14. Meminum teh kombucha secara teratur dapat meningkatkan daya tahan pada anak-anak. Anak-anak tidak mudah terserang penyakit seperti demam, batuk, pilek, atau masuk angin. 

    Hal ini juga berlaku pada orang dewasa maupun lanjut usia. Namun, tidak dianjurkan dikonsumsi oleh anak- anak di bawah 2 tahun atau wanita hamil.

Demikian penjelasan mengenai manfaat teh kombucha bagi kesehatan dan bagaimana sejarahnya. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.

Lainnya : Manfaat Buah Pisang yang Efektif Cegah Kepikunan

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel