-->

Kw Header



6 Manfaat Buah Anggur Merah Di Balik Kesegarannya

Manfaat buah anggur merah di balik kesegarannya - Buah anggur memiliki nama latin Vitis vinifera merupakan buah yang dikenal kaya akan kandungan resveratrol. Resveratrol sebenarnya juga ditemukan pada lebih dari 70 spesies tanaman termasuk mulberry dan kacang tanah. Namun, sumber resveratrol tertinggi terdapat pada buah anggur merah dan red wine.
Manfaat buah anggur merah di balik kesegarannya

Resveratrol termasuk grup phytoalexins, yaitu senyawa yang terbentuk karena tanaman berusaha melindungi diri dari stres lingkungan seperti cuaca buruk, pemangkasan, gangguan serangga atau mikroorganisme seperti jamur parasit. 

Resveratrol banyak terdapat di kulit dan biji buah anggur merah. Kadar resveratrol tinggi pada red wine karena kemasan botol tertutup mencegah proses oksidasi oleh udara. 

Dalam kulit anggur segar per porsi hidangan mengandung sekitar 5-10 mg resveratrol,  sedangkan dalam 1 liter red wine mengandung resveratrol sekitar 1,5-3 mg.

Selain kandungan resveratrol, dalam buah anggur terkandung berbagai macam zat diantaranya antosianin resveratol (polyphenols), proanthocyanidins, tartaric acid, malic acid, pektin, tanin, flavone glikosida, vitamin (A, B1, B2,B6, B12, C), mineral (mangan), dan gula buah. 

Berikut ini beberapa manfaat buah anggur merah :

  1. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah 

  2. Buah anggur mengandung antosianin yang memberi warna pada buah anggur. Antosianin berfungsi sebagai antiradang dan antioksidan kuat, yang dapat memperbaiki keadaan atherosklerosis dan memperkuat pembuluh darah kapiler. 

    Orang Prancis dikenal senang mengonsumsi makanan berlemak dan berkolesterol. Namun, mereka memiliki resiko terkena penyakit jantung 50% lebih rendah dibanding orang Amerika. Hal ini dikenal dengan “Paradoks Prancis”.


    Ternyata orang Prancis gemar mengonsumsi anggur merah atau red wine setelah makan. Anggur mengandung banyak resveratrol yang meningkatkan kandungan antioksidan dalam darah sehingga mencegah kerusakan pembuluh darah, mencegah penggumpalan trombosit, dan melindungi kesehatan jantung.

  3. Menurunkan resiko kanker

  4. Beberapa penelitian epidemiologis menemukan bahwa orang minum red wine memiliki resiko rendah untuk terkena kanker prostat dan kanker paru-paru. 

    Pada penelitian yang lain juga membuktikan bahwa obat kemoterapi doxorubicin yang diberi ekstrak biji anggur menjadi lebih efektif dalam melawan sek kanker payudara. 

    Kandungan piceatannol pada buah anggur merupakan salah satu molekul yang timbul akibat pemecahan resveratrol di dalam tubuh, dapat menginduksi kematian sel kanker seperti leukimia dan sel melanoma.

  5. Mengatasi gangguan mulut

  6. Daun anggur yang diseduh dengan air panas digunakan untuk pengobatan gangguan mulut. Caranya dengan menjadikannya sebagai obat berkumur untuk sariawan, radang gusi, dan sakit tenggorokan.


    Penelitian Culpeper pada tahun 1652 merekomendasikan penggunaan anggur sebagai obat kumur. Abu hasil dari pembakaran ranting tumbuhan anggur dapat digunakan untuk membersihkan gigi yang hitam.

    Selain itu, seduhan air daun anggur juga dapat digunakan untuk mengatasi radang mata dan untuk mencuci vagina dalam mengatasi keputihan.

  7. Meringankan batuk 

  8. Bagi Anda yang mengalami batuk biasa yang terjadi terus-menerus sebaiknya mengonsumsi buah anggur kering. Buah anggur yang dikeringkan berkhasiat sebagai peluruh dahak ringan dan emollient yang dapat meringankan batuk.

  9. Melancarkan buang air besar 

  10. Anggur yang diolah menjadi kismis (raisin) memiliki khasiat untuk membantu melancarkan buang air besar.

    Hal ini karena kismis anggur mengandung serat yang tinggi. Kismis anggur sendiri dibuat dengan cara mengeringkan anggur hingga kandungan airnya hilang (dehydrated grapes).


  11. Mencegah tekanan darah tinggi 

  12. Anggur mengandung mineral berupa kalium. Setiap 160 gr atau sekitar 35 buah anggur terdapat sekitar 296 mg kalium. 

    Kalium ini berkhasiat dalam mengontrol tekanan darah tinggi sehingga dapat mencegah hipertensi (tekanan darah tinggi).

Demikian penjelasan mengenai manfaat buah anggur merah di balik kesegarannya. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.


ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel