-->

Kw Header



Cara Menurunkan Kolesterol dan Resiko Stroke dengan Wortel

Cara menurunkan kolesterol dan resiko stroke dengan wortel - Wortel merupakan sayuran yang sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Sayuran berwarna jingga ini sering dijadikan sebagai sayuran pelengkap untuk sup ,cap cai, salad, dll. Selain itu, wortel juga biasa dijadikan minuman jus yang segar.
Cara menurunkan kolesterol dan resiko stroke dengan wortel

Selain enak dan nikmat, wortel dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dengan efektif. Kemampuan wortel dalam menurunkan kolesterol diduga karena kandungan beta karoten yang tinggi.

Kadar beta karoten pada wortel sekitar 754 mikrogram. Jumlah ini dua kali lipat dibanding kangkung yang hanya 380 mikrogram dan bayam yang hanya 404 mikrogram. Beta karoten merupakan pigmen yang memberi warna jingga pada wortel. Semakin jingga warna wortel, maka kandungan beta karotennya juga tinggi.

Baca Juga : Cara Menurunkan Kolesterol dengan Makanan-Makanan Ini

Dibanding alpha dan gamma karoten, beta karoten menjadi pigmen paling aktif di antara kedua pigmen tersebut. Beta karoten dikenal sebagai provitamin A pada dinding usus halus.

Beta karoten dapat menurunkan kolesterol dan mencegah terjadinya penimbunan kolesterol sehingga tidak sampai membentuk lapisan kerak pada dinding pembuluh darah. Turunnya kolesterol dalam tubuh, berdampak pada menurunnya resiko penyakit jantung dan stroke.

Seorang peneliti dari Amerika bernama Robertson melakukan sebuah riset terhadap khasiat wortel. Dalam hasil risetnya itu diketahui bahwa dengan mengonsumsi wortel sebanyak 200 gr per hari selama 3 minggu berturut-turut, dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah hingga 11%.

Turunnya kolesterol walaupun hanya 1% saja, dapat menurunkan resiko terkena serangan jantung hingga 2%. Hal ini sangat berarti bagi mereka yang memiliki resiko tinggi terkena serangan jantung.

Jika dihitung, selama 3 minggu mengonsumsi wortel dapat menurunkan kolesterol hingga 11%, artinya resiko terkena serangan jantung turun sekitar 22%. Bayangkan jika wortel dikonsumsi lebih dari 3 minggu, dan berhasil menurunkan kolesterol hingga 50%. Maka, Anda dapat memperkirakan sendiri berapa persen turunnya resiko terkena serangan jantung.

Hal yang sama juga ditunjukkan oleh hasil penelitian yang dilakukan Immanuel Griffith dari Universitas Missouri di Amerika Serikat. Dalam penelitian tersebut, ia melibatkan para relawan yang usianya rata-rata di atas 40 tahun dan memiliki riwayat terkena serangan jantung.

Para relawan tersebut diharuskan mengonsumsi wortel sebanyak 250 gr per hari selama 1 bulan berturut-turut. Hasilnya, kolesterol mereka turun rata-rata 27%.

Jika Anda saat ini memiliki kolesterol tinggi, sebaiknya Anda mengonsumsi wortel secara rutin. Konsumsi wortel sedikitnya 5 kali dalam seminggu.

Dibandingkan mereka yang hanya satu kali atau bahkan tidak pernah mengonsumsi wortel setiap bulannya, mereka yang rutin mengonsumsi wortel dapat menekan resiko terkena stroke hingga 68%. Hasil penelitian tersebut cukup representatif karena melibatkan puluhan ribu perawat selama hampir 8 tahun di Universitas Harvard.

Baca Juga : Manfaat Bawang Putih Untuk Mencegah Kanker

Vitamin A yang biasa kita kenal bisa diperoleh dari beta karoten. Ketika tubuh membutuhkan vitamin A, beta karoten akan diubah oleh hati menjadi 2 molekul vitamin A. Selain baik bagi kesehatan mata, vitamin A bermanfaat untuk mencegah cacat setelah stroke.

Hal ini dinyatakan oleh para ahli di Universitas Brussel, Belgia. Mereka menganalisis sekitar 80% pasien selama 24 jam setelah terkena serangan stroke.

Para peneliti menyimpulkan bahwa seseorang yang kadar vitamin A-nya tinggi memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik dan sedikit mengalami kerusakan neurologis. Vitamin A mampu mengurangi kerusakan oksidatif akibat otak kekurangan oksigen saat terserang stroke.

Baca Juga : 8 Manfaat Buah Apel dibalik Kelezatannya

Jadi, bagi mereka yang usianya telah mencapai 40 tahun disarankan rutin mengonsumsi wortel untuk mencegah terkena serangan jantung maupun stroke.

Demikian penjelasan mengenai cara menurunkan kolesterol dan resiko stroke dengan wortel. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.

Lainnya : Bahaya Kegemukan yang Dapat Mengancam Kesehatan

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel