-->

Kw Header



Cara Menurunkan Kolesterol dengan Makanan-Makanan Ini

Cara menurunkan kolesterol dengan makanan-makanan ini - Kolesterol sebenarnya sangat penting bagi tubuh karena fungsinya sebagai pengolah lemak yang dihasilkan hati atau yang berasal dari makanan. Terdapat 2 jenis kolesterol dalam tubuh yaitu Low Density Lipoprotein (LDL) dan High Density Lipoprotein (HDL).

Cara menurunkan kolesterol dengan makanan-makanan ini

Kolesterol HDL berfungsi mengangkut lemak dari seluruh tubuh menuju kembali ke hati dan kemudian dibuang melalui tinja. Sedangkan kolesterol LDL berfungsi mengangkut lemak dari hati menuju ke seluruh tubuh yang membutuhkan. Nah, kolesterol ini yang berbahaya bagi tubuh jika kadarnya tinggi.

Ketika kadarnya tinggi melebihi kebutuhan lemak tubuh, maka sisanya akan mengendap pada dinding-dinding arteri. Kemudian akan membuat aliran darah menjadi tersumbat. Hal ini akan memicu berbagai macam penyakit seperti jantung koroner, serangan jantung, stroke, dll. Kadar kolesterol yang aman yaitu di bawah 200 mg/dl.

Dapat dikatakan tinggi jika telah melebihi 240 mg/dl. Untuk mencegah tingginya kadar kolesterol dalam darah maka kita perlu mengontrolnya. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan berikut ini :

1. Alpukat
Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal berupa oleic acid yang dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida dalam darah. Selain itu, alpukat mengandung beta sitosterol yang dapat menghambat penyerapan kolesterol di dalam usus yang berasal dari makanan.

Kandungan niasin pada makanan alpukat juga mempengaruhi aktivitas enzim lipoprotein lipase sehingga produksi VLDL di hati turun yang berakibat kolesterol total, kolesterol LDL, dan trigliserida. Niasin juga meningkatkan kolesterol HDL.

2. Jeruk Bali
Jeruk bali terdapat serat larut berupa pektin yang akan membentuk suatu lapisan gel di dalam usus halus sehingga penyerapan kolesterol dari makanan terhambat dan kadar kolesterol di dalam turun.

Baca Juga : Cara Mengobati HIV dari Manfaat Pare

Kandungan likopen dalam jeruk bali diyakini dapat menghambat oksidasi kolesterol LDL. Oksidasi kolesterol LDL menjadi penyebab terjadinya penyakit jantung koroner.

3. Kurma
Kurma termasuk sumber serat. Dalam 100 gr kurma, terkandung 8 gr serat. Kurma memiliki serat larut tipe khusus yaitu beta D glucan. Serat larut ini mampu menghambat penyerapan kolesterol serta menghambat penyerapan glukosa di usus halus.

4. Jagung
Di dalam jagung terkandung serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol dengan cara mengikat empedu dan kemudian dikeluarkan melalui tinja. 

Setengah mangkuk biji jagung mengandung 2 gr serat. Jagung dapat dikonsumsi dengan cara direbus, dibakar, atau diolah menjadi bakwan jagung, popcorn, atau tortillas.

Baca Juga: Manfaat Anggur Merah Untuk Memperpanjang Usia

5. Kubis 
Kubis mengandung asam amino yang berguna menurunkan kadar kolesterol tinggi. Kubis lebih baik dikonsumsi saat masih mentah untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. 

Kubis juga dapat dijadikan sayur asem atau sayur sop untuk dikonsumsi. Jangan mengonsumsi kubis secara terus-menerus karena dapat menurunkan kadar yodium dalam tubuh sehingga menyebabkan kelenjar gondok membesar.

6. Terung Ungu
Terung ungu memiliki suatu zat khusus yang disebut terpenes. Terpenes ini berkhasiat menurunkan kadar kolesterol darah. 

Suatu hasil penelitian membuktikan, percobaan terhadap kelinci yang memiliki kolesterol tinggi. Setelah kelinci tersebut diberi jus terung ungu, terjadi penurunan kolesterol di darah, di dinding arteri, dan di aorta secara signifikan.

Baca Juga : Cara Mendetoks Tubuh dari Racun Berbahaya dengan Makanan Ini

Terung ungu sendiri juga bermanfaat untuk merelaksasi dinding pembuluh darah sehingga aliran darah meningkat.

Makanan di atas hanyalah membantu menurunkan kolesterol. Selain mengonsumsi makanan  tersebut, Anda juga harus mengatur pola hidup seperti membatasi makanan berlemak dan berkolesterol tinggi, tidak merokok, dan rajin berolahraga.

Baca Juga : Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Makanan Ini

Demikian penjelasan mengenai cara menurunkan kolesterol dengan makanan-makanan ini. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel