-->

Kw Header



Doa Untuk Kedua Orang Tua dalam Keadaan Apapun

Doa Untuk Kedua Orang Tua – Hal yang harus kita syukuri adalah memiliki orang tua. Jasa mereka sungguh berharga yang tidak dapat dinilai dengan harta. Orang tua dengan penuh kasih sayang dan tanpa pamrih merawat anaknya dari lahir hingga mampu hidup mandiri.
Doa untuk kedua orang tua baik yang masih hidup maupun telah meninggal

Saat masih bayi, seorang manusia tidak mampu melakukan apapun sendiri. Ketika itu yang merawat tidak lain adalah orang tua. Orang tualah juga yang membimbing kita untuk belajar berbicara, berjalan, dan lainnya hingga kita bisa melakukannya sendiri. Dan mereka juga selalu memperhatikan perasaan anaknya. Ketika anaknya sedih, orang tua juga ikut sedih. Jika anaknya senang, mereka juga senang. Ini semua dilakukan orang tua dari ketika anaknya masih kecil hingga dewasa.

Setiap diri kita pasti memiliki orang tua. Orang tua tidak hanya orang tua kandung yang melahirkan kita. Orang yang merawat kita walau tanpa hubungan darah juga termasuk orang tua. Karena mereka melakukan tanggung jawab seperti yang orang tua kandung lakukan pada umumnya. Misalnya anak yatim piatu. Mereka hidup tanpa orang tua kandung namun mereka orang tua pengasuh.

Jika pernah merasakan orang tua kandung, maka kita harus mensyukurinya. Setiap diri kita adalah seorang anak yang memiliki orang tua. Orang tua adalah orang yang paling berjasa bahkan sejak kita dalam kandungan. Maka dari itu, menjadi sebuah kewajiban bagi seorang anak membalas jasa mereka walau mereka tidak memintanya. Memang seperti apapun kita membalas jasa mereka, usaha kita tidak akan pernah sebanding dengan jasa yang mereka berikan kepada kita.

Baca Juga : Doa Qunut Untuk Imam serta Ketika Munfarid Lengkap dengan Keutamaannya

Kita bisa membalas jasa orang tua dengan mendoakan mereka baik ketika mereka masih hidup maupun sudah meninggal. Ketika sudah meninggal, amal seorang manusia telah terputus. Namun tidak terputus amal doa dari anak yang sholeh untuk orang tuanya. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad :
Sabda Nabi Muhammad tentang amal yang tak pernah terputus

Jadi, seorang anak dapat mengirimkan doa selama ia hidup kepada kedua orang tua meski mereka telah meninggal dunia. Berikut ini doa untuk kedua orang tua :

Bacaan doa untuk kebaikan kedua orang tua

Atau

Bacaan doa untuk kedua orang tua versi lain


Doa bila orang tua sakit

Bacaan doa bila kedua orang tua sakit

Doa bila orang tua telah tiada

Bacaan doa untuk kedua orang tua bila telah meninggal dunia
Arti bacaan doa untuk kedua orang tua yang telah meninggal dunia


Selain berdoa, kita juga harus melaksanakan hal-hal yang baik kepada kedua orang tua. Misalnya berbicara yang sopan, menghormati mereka, mendengarkan nasehat mereka, mematuhi dan melaksanakan perintah mereka selama itu baik, membantu mereka, menjauhi perbuatan buruk demi menjaga nama baik mereka, menjaga tali silaturahmi orang tua dengan orang lain, dan jangan menyia-nyiakan mereka.

Jika orang tua masih hidup, jangan pernah merasa keberatan untuk melakukan hal-hal di atas karena anak yatim piatu dari kecil mungkin hanya sedikit bahkan tidak pernah merasakan nikmatnya kasih sayang dari orang tua. Doakan mereka dan muliakan mereka. Demikian doa untuk kedua orang tua. Semoga Anda termasuk anak yang sholeh atau sholehah.

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel