-->

Kw Header



7 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat buah nanas untuk kesehatan tubuh

Manfaat buah nanas untuk kesehatan tubuh - Nanas memiliki nama latin Ananas comosus merupakan buah yang berasal dari Paraguay dan Brazil Selatan. Buah nanas berbentuk silindris dengan diameter 10-20 cm. Panjangnya dapat mencapai sekitar 30 cm. Dagingnya berwarna kuning muda, mengandung banyak air, dan rasanya asam atau manis.

Buah nanas termasuk salah satu sumber vitamin C dan mangan. Buah nanas juga mengandung zat-zat yang bermanfaat menjaga kekuatan tulang dan membantu melancarkan pencernaan.

Dalam satu buah nanas segar mengandung gula sekitar 10%, sukrosa (gula tebu) 50%, sisanya adalah glukosa dan fruktosa. Selain itu, buah nanas mengandung mineral (kalium, tembaga, kalsium, fosfor, magnesium, natrium, besi), vitamin (A, B1, B2), karoten, asam nikotinik, asam organik, serat, dan enzim bromelain.

Anda ingin tahu manfaat buah nanas? Simak penjelasannya…

  1. Mengatasi sembelit

  2. Sembelit merupakan gangguan pencernaan yang ditandai dengan sulitnya buang air besar. Biasanya sembelit disebabkan karena kurangnya mengonsumsi makanan yang mengandun serat.

    Masalah tersebut dapat diatasi dengan mengonsumsi nanas. Nanas mengandung serat yang cukup tinggi. Dalam 1 cangkir potongan buah nanas atau sekitar 156 gr mengandung sekitar 2 gr serat.

  3. Menjaga kekuatan tulang

  4. Tubuh yang besar haruslah didukung tulang yang kuat karena tulang merupakan penopang tubuh. Nanas mengandung mineral berupa mangan dan kalsium yang bermanfaat menjaga kesehatan tulang.

    Mangan tersebut membantu tubuh dalam pembentukan kolagen pada tulang sehingga bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan tulang, memperkuat tulang rawan, dan memperbaiki kondisi tulang.

    Selain itu, mangan juga bermanfaat dalam pembentukan kolagen pada kulit. Kolagen ini akan memperkuat struktur kulit dan mencegah dari penuaan dini. Dalam 1 cangkir jus nanas mengandung sekitar 2 mg mangan. Jumlah ini lebih dari 100% kebutuhan sehari.

  5. Mencegah penyakit jantung koroner dan stroke

  6. Tersumbatnya aliran pembuluh darah menjadi penyebab utama penyakit jantung koroner dan stroke. Aliran darah yang tersumbat pada suatu titik sumbatan dapat menyebabkan pembuluh darah pecah. Hal inilah yang berbahaya dan dapat mengancam nyawa.

    Tersumbatnya aliran darah disebabkan oleh kolesterol LDL yang mengendap dan kemudian membentuk kerak (trombus) di dinding pembuluh darah. Jika sudah menumpuk, dapat menyumbat aliran darah.


    Buah nanas mengandung bromelain yang bermanfaat dalam menghambat terjadinya penggumpalan trombosit serta memiliki kemampuan menghancurkan trombus (plak) yang menyumbat pembuluh darah. Sehingga nanas dapat mencegah penyakit jantung koroner serta stroke.

  7. Mempercepat penyembuhan luka

  8. Buah nanas juga dapat digunakan untuk pemakaian luar tubuh. Nanas dapat membersikan jaringan mati (debridement) pada luka bakar, luka memar, ketombe, bisul, koreng, dan radang kulit (dermatitis).

    Bromelain pada nanas berkhasiat dalam mempercepat penyembuhan, meredakan nyeri, dan memar setelah operasi. Pemerintah Jerman menyetujui penggunaan bromelain untuk penyembuhan luka setelah operasi, serta mengurangi bengkak pada hidung dan sinus setelah operasi telinga, hidung, dan tenggorokan (THT).

    Enzim bromelain pada buah nanas berkhasiat debridement (membersihkan jaringan kulit mati) yang cepat. Suatu penelitian melakukan percobaan terhadap tikus. Tikus yang mengalami luka bakar diberikan nanas, hasilnya luka bakar pada tikus tersebut mengalami penyembuhan lebih cepat.

  9. Meringankan nyeri

  10. Buah nanas memiliki khasiat antiradang yang dapat mengurangi rasa nyeri akibat rasa sakit pada penyakit rematik, gout (nyeri sendi akibat kelebihan asam urat), memar, dan trauma. Beberapa ahli memperkirakan bahwa bromelain yang berkhasiat meringankan nyeri, juga menyebabkan rasa kantuk atau rasa tenang (sedatif).


    Oleh karena itu, efek obat seperti antidepresan, luminal, dan diazepam akan meningkat jika digunakan bersama dengan makanan yang mengandung bromelain.

  11. Menurunkan tekanan darah tinggi

  12. Bromelain pada buah nanas dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Ini terjadi ketika bromelain digunakan bersama dengan obat penurun tekanan darah golongan ACE inhibitor seperti captopril dan lisinopril. Efeknya mungkin lebih dari yang diperkirakan.

  13. Melunakkan daging

  14. Pernahkah Anda mendengar bahwa nanas dapat membuat daging menjadi empuk? Pernyataan itu memang benar. Hal ini disebabkan karena bromelain pada buah nanas memiliki kemampuan proteolitik. Proteolitik adalah kemampuan dalam mengurai dan mencerna protein.

    Kita tahu bahwa kandungan utama daging adalah protein. Protein yang tadinya kuat akan diurai oleh bromelain sehingga hancur. Hal ini juga menjadi sebab mengapa wanita tidak boleh mengonsumsi nanas. Nanas dapat merangsang kontraksi rahim dan menyebabkan keguguran.
Untuk pemakaian, buah nanas dapat dimakan sebagai buah segar, dijus, sebagai campuran salad, selai, atau sirup.

Untuk pemakaian luar tubuh, caranya buah nanas dikupas lalu diparut atau dapat juga ditumbuk. Kemudian balurkan pada bagian tubuh yang mengalami memar, luka, luka bakar, bisul, koreng, dan radang kulit (dermatitis).

Anda juga dapat menggunakan daun nanas yang telah ditumbuk untuk khasiat yang sama.

Demikian penjelasan mengenai manfaat buah nanas untuk kesehatan tubuh Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.

Lainnya : Cara Menurunkan Kolesterol dengan Makanan-Makanan Ini

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel