-->

Kw Header



Manfaat Buah Stroberi di Balik Ukurannya yang Kecil

Manfaat buah stroberi di balik ukurannya yang kecil - Buah stroberi memiliki nama latin Fragaria vesca merupakan buah yang sering ditemui di daerah dataran tinggi. Stroberi ini memiliki rasa manis atau asam, berwarna merah cerah, dan permukaan kulitnya banyak bintil-bintil kecil. Buah ini tersebar di Eropa, Amerika, dan Asia.

Manfaat buah troberi di balik ukurannya yang kecil

Stroberi mengandung gula berupa glukosa dan fruktosa. Kandungan airnya sekitar 90%. Setengah cangkir buah stroberi mengandung sekitar 42 mg vitamin C. Jumlah ini telah memenuhi kebutuhan tubuh dalam sehari. Selain itu, stroberi mengandung serat tidak larut sekitar 2-5 gr, 5 gr karbohidrat, 10 mg kalsium, 7 mg magnesium, 13 mikrogram folat, 2 IU vitamin A, dan 14 mg fosfor.

Baca Juga : 5 Manfaat Wortel Selain Untuk Kesehatan Mata

Manfaat Buah Stroberi
Kandungan ellagic acid pada stroberi berkhasiat sebagai antioksidan yang kuat. Khasiat antioksidan tersebut mampu mengurangi terjadinya kerusakan sel akibat aktivitas radikal bebas oksigen. Sehingga dapat mencegah sel normal menjadi sel kanker yang berbahaya.

Khasiat antioksidan juga dimiliki oleh vitamin C pada stroberi. Vitamin C dapat mencegah timbulnya katarak dengan cara mencegah terjadinya oksidasi protein pada lensa mata.

Stroberi juga berkhasiat dalam membantu mempermudah buang air besar. Kandungan serat tak larutnya cukup tinggi. Dalam setengah cangkir stroberi mengandung serat tidak larut sekitar 3-5 gr. Serat sendiri berfungsi sebagai absorben, yaitu menyerap air pada tinja sehingga tinja mudah dikeluarkan.

Serat pada buah stroberi juga dapat mencegah penyakit jantung. Salah satu faktor terjadinya penyakit jantung adalah tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Serat akan mengikat kolesterol dalam tubuh dan kemudian membuangnya melalui tinja.

Kandungan kalium stroberi cukup tinggi. Dalam setengah cangkir buah stroberi mengandung sekitar 102 mg kalium. Kalium bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah tinggi sehingga tekanan darah menjadi normal.

Baca Juga : 7 Manfaat Buah Merah yang Wajib Diketahui

Selain blueberry, stroberi juga mengandung antioksidan golongan polyphenols yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan otak. Pada suatu penelitian terhadap tikus menunjukkan konsumsi ekstrak stroberi secara rutin dalam waktu yang lama dapat mencegah kemunduran fungsi kognitif otak yang biasanya terjadi pada orang yang lanjut usia.

Stroberi memiliki khasiat antikanker yang luar biasa. Suatu penelitian laboratorium di Universitas Cornell menggunakan 8 tipe ekstrak stroberi yang berbeda untuk diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stroberi mampu menghambat pertumbuhan sel kanker hati.

Penelitian lain yang dilakukan di Universitas Georgia menunjukkan bahwa senyawa phenolic pada stroberi dapat menghambat sel kanker kolon (usus) memperbanyak diri dan membunuh sel kanker tersebut.

Penelitian lain juga membuktikan khasiat antikanker stroberi. Peneliti di Louisiana State University menunjukkan bahwa gallic acid pada stroberi menghambat perkembangan sel kanker. Gallic acid tersebut dapat menghambat pembentukan jaringan pembuluh darah baru pada sel kanker sehingga sel kanker tidak mendapat suplai makanan dan kemudian mati.

Baca Juga : Manfaat Air Hexagonal Untuk Meningkatkan Kualitas Kesehatan

Buah stroberi yang dijus dapat digunakan di luar tubuh untuk mengatasi luka dikulit akibat memar, bisul, infeksi, terkena gigitan serangga, dan mengatasi kulit terbakar akibat terkena sinar matahari. Selain buahnya, akar dan daun stroberi berkhasiat untuk mengatasi disentri, diare, mual, dan gout.

Di Cina sendiri, buah berwarna merah ini digunakan sebagai obat. Diantaranya sebagai obat batuk, radang tenggorokan, disentri, bisul, koreng, luka gigitan, diabetes melitus dan seminal emission.

Untuk pemakaiannya, stroberi dapat dimakan sebagai buah segar agar kandungan vitamin C didapat secara optimal. Buah stroberi yang diiris atau dijus membuat dinding buahnya hancur dan melepas suatu enzim yang menghancurkan vitamin C. Oleh karena itu, sebaiknya stroberi dikonsumsi segera agar vitamin C tidak berkurang.

Baca Juga : Bahaya Kegemukan yang Dapat Mengancam Kesehatan

Demikian penjelasan mengenai manfaat buah stroberi di balik ukurannya yang kecil. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel