-->

Kw Header



Jenis-Jenis Kabel Listrik beserta Spesifikasi dan Penggunaannya

Jenis-jenis kabel listrik beserta spesifikasi dan penggunaannya - Kabel dapat ditemui di mana saja. Entah di rumah, jalan raya, sekolah, ataupun kantor. Kabel menjadi hal yang tak akan pernah terpisahkan di kehidupan kita apalagi dalam dunia kelistrikan.

Tanpa kabel kita tidak bisa menikmati listrik seperti sekarang. Kabel bagaikan jalanan yang dilalui kendaraan-kendaraan. Menjadi media untuk kendaraan menuju dari satu tempat ke tempat yang lain. Tanpa jalanan, maka akan sulit menuju ke tempat lain. Jadi, tanpa kabel maka listrik tak dapat tersalurkan dari pembangkit listrik ke rumah penduduk.

Umumnya kita tahu bahwa kabel hanya terdiri dari 2 unsur utama yaitu tembaga yang menjadi konduktor listrik dan karet yang menjadi isolator listrik. Namun, ada perbedaan dalam hal penggunaannya, bahan yang digunakan, konstruksi dari kabel, dan lainnya. Pada postingan ini, saya ingin menunjukkan perbedaan-perbedaan tersebut. Selamat membaca.

Jenis-Jenis Kabel Listrik beserta Spesifikasi dan Penggunaannya

1. Kabel NYA


Jenis-jenis kabel listrik beserta spesifikasi dan penggunannya
Kabel NYA 

Kabel NYA merupakan kabel yang berinti tembaga tunggal (pejal) dan dilapisi dengan isolator PVC. Pada umumnya kabel NYA memiliki inti yang berdiameter 1,5 mm2 dan 2,5 mm2. Kabel ini biasanya digunakan untuk instalasi listrik pada rumah dan bangunan-bangunan.

Dalam hal ketahanan, kabel NYA memiliki kekurangan yaitu mudah cacat jika terkena goresan, terkena gigitan tikus, dan cuaca. Kekurangan tersebut disebabkan karena kabel NYA hanya memiliki satu lapis isolator PVC. Agar lebih tahan lama, dalam instalasinya kabel NYA sebaiknya dilindungi menggunakan pipa PVC.

2. Kabel NYM

Jenis kabel listrik NYM dan fungsinya
Kabel NYM 

Kabel NYM merupakan kabel yang memiliki isolator utama PVC bewarna putih yang di dalamnya terdiri dari 2, 3, atau 4 kabel yang masing-masing berinti tunggal (pejal) dan masing-masing inti tersebut dilapisi isolator PVC juga.

Pada umumnya kabel NYM memiliki inti yang berdiameter 2,5 mm2 untuk masing-masing intinya. Kabel ini biasanya digunakan untuk instalasi bangunan dan gedung. Untuk ketahanannya, kabel NYM memiliki ketahanan yang lebih baik karena memiliki dua lapis isolator PVC yaitu isolator utama dan isolator pada setiap intinya. Sehingga dapat ditempatkan pada lingkungan dengan kondisi basah.

3. Kabel NYY

Jenis kabel listrik NYY dan fungsinya
Kabel NYY 

Kabel NYY merupakan kabel yang memiliki isolator utama kaku dan kuat dengan kemampuan anti gigitan tikus. Kemudian di dalamnya terdiri dari 2, 3, atau 4 kabel yang masing-masing berinti tunggal (pejal) dan masing-masing inti tersebut dilapisi isolator juga.

Kabel ini dirancang untuk instalasi kabel yang ditanam dalam tanah, maupun instalasi pada lingkungan outdoor yang kering atau lembab. Walaupun punya perlindungan anti gigitan tikus, namun perlindungan lainnya masih sangat diperlukan seperti pipa PVC atau pipa besi.

Baca Juga: Jenis-jenis Alat Ukur Listrik beserta Fungsinya

4. Kabel NYAF

Jenis kabel listrik NYAF serta fungsinya
Kabel NYAF 

Kabel NYAF merupakan kabel yang memiliki satu inti tembaga serabut dan memiliki isolator PVC. Kabel ini biasanya digunakan untuk instalasi pada panel-panel karena memiliki fleksibilitas yang tinggi.

Sehingga dapat dibelokkan dengan tajam untuk menghubungkan antar satu komponen satu dengan komponen yang lain pada panel-panel listrik walau dengan ruang sempit sekalipun. Lihat contoh penggunaan yang ditunjukkan gambar berikut.
Penggunaan kabel NYAF pada instalasi listrik.
Penggunaan kabel NYAF
Dalam penggunaannya, kabel NYAF harus dipasang di lingkungan yang kering. Tidak disarankan dipasang pada lingkungan yang lembab atau basah serta tidak boleh terkena cuaca secara langsung.

5. Kabel NYMHY

Jenis kabel listrik NYMHY dan fungsinya
Kabel NYMHY 
Kabel NYMHY merupakan kabel yang terdiri dari 2 sampai 3 kabel yang berinti serabut dan masing-masing dilindungi isolator PVC serta semuanya dilindungi oleh isolator utama berwarna putih.

Karena memiliki fleksibelitas yang tinggi, kabel ini biasanya digunakan sebagai penghubung antara peralatan elektrik dan stop kontak rumah yang sering dipindah-pindah dan digulung yang biasa kita sebut kabel roll.

6. Kabel NYYHY

Jenis kabel listrik NYYHY dan fungsinya
Kabel NYYHY 
Kabel NYYHY hampir sama dengan kabel NYMHY. Bedanya kabel NYYHY memiliki isolator utama berwarna hitam. Selain itu, kualitasnya lebih baik, lebih kuat, dan lebih aman. 

7. Kabel NYFGbY/NYRGbY/NYBY

Jenis kabel listrik NYFGbY/NYRGbY/NYBY beserta fungsinya
Kabel NYFGbY/NYRGbY/NYBY

Kabel NYFGbY/NYRGbY/NYBY memiliki isolator yang berlapis-lapis sehingga sangat kuat dan tahan lama. Kabel ini biasanya digunakan untuk instalasi kabel yang ditanam dalam tanah.

Dalam pemasangannya, kabel ini tidak perlu perlindungan tambahan kecuali pada titik yang menyeberangi jalan maka harus dilindungi lagi, setidaknya dengan pipa PVC. Pemasangan di dalam tanah maksimal pada kedalaman 0,8 meter.

8. Kabel NYCY

Jenis kabel NYCY dan fungsinya
Kabel NYCY

Kabel NYCY merupakan jenis kabel yang dirancang penggunaan di segala tempat baik itu di dalam ruangan, di alam terbuka, maupun di dalam tanah. Selain itu,kabel ini juga tahan terhadap segala kondisi cuaca. Kabel ini terdiri dari penghantar konsentris yang dilapisi dengan pita CU kabel sebagai pelindung.

9. Kabel BC

Jenis kabel listrik BC dan fungsinya
Kabel BC 

Kabel BC adalah jenis kabel yang konduktornya merupakan pilinan dari beberapa kabel yang disatukan sehingga menghasilkan konstruksi kabel yang kuat dan tidak mudah putus. Kabel ini memiliki luas penampang 6 mm2 sampai 55 mm2 dengan kemampuan menerima tegangan maksimal 500 volt.

Kabel BC biasanya digunakan sebagai kabel untuk grounding (pentanahan) serta kabel penghantar untuk penangkal petir pada bangunan yang tinggi.

10. Kabel AAAC

Jenis kabel listrik AAAC dan fungsinya
Kabel AAAC

Kabel AAAC merupakan pilinan dari beberapa kabel yang terbuat dari aluminium magnesium-silicon campuran logam dan memiliki kemampuan menghantarkan listrik yang baik. Selain itu, kabel ini dipadukan  dengan aluminium 6201.

Kabel AAAC memiliki konstruksi yang kuat, tahan karat, dan tahan lama. Kabel ini biasanya digunakan sebagai kabel penghantar dan penangkal petir. 

11. Kabel ACSR

Jenis kabel listrik ACSR serta fungsinya
Kabel ACSR

Kabel ACSR merupakan kabel yang terbuat dari bahan aluminium dengan inti dari kawat baja. Kabel jenis ini banyak digunakan pada saluran transmisi tegangan tinggi yang menyalurkan listrik jarak jauh.

Ciri kabel ini yaitu tidak dilapisi isolator apapun atau bisa saya bilang telanjang. Mengapa begitu? Karena tegangan tinggi yang mengalir pada kabel ini menghasilkan panas yang akan melelehkan lapisan isolator. Kabel ACSR memiliki konstruksi yang kuat, tahan karat, dan tahan lama karena dipasang di lingkungan terbuka sehingga harus tahan terhadap segala kondisi cuaca.

12. Kabel ACAR

Jenis kabel listrik ACAR dan fungsinya
Kabel ACAR 

Kabel ACAR memiliki konstruksi dan fungsi yang hampir sama dengan kabel ACSR. Bedanya kabel ACAR menggunakan bahan yang lebih bagus, lebih kuat, dan lebih tahan lama. 
Selain jenis-jenis kabel di atas, mungkin masih ada jenis kabel listrik yang lainnya.  Mengingat kebutuhan setiap alat berbeda,  menyesuaikan besarnya tegangan dan arus listrik. Demikian penjelasan mengenai jenis-jenis kabel listrik beserta spesifikasi dan penggunaannya. Semoga bermanfaat. Terima kasih telah bekunjung ke blog saya....

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel