-->

Kw Header



Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 78, 81

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Halaman 78, 81 – Buku siswa kelas 5 tema 5 edisi revisi 2017 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema 2 berjudul Hubungan Antarmakhluk Hidup dalam Ekosistem.
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 78, 81

Pada subtema 2 pembelajaran 4 terdiri dari 6 halaman yaitu halaman 76-81. Dalam pembelajaran 4 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :

  • Ayo Membaca halaman 77 dan 80
  • Ayo Berlatih halaman 78 dan 81
  • Ayo Berdiskusi halaman 81
  • Ayo Renungkan halaman 81


Di antara beberapa subjudul tersebut, terdapat soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 78, 81. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 2 pembelajaran 4 halaman 78 dan 81 :

Ayo Membaca

Pada halaman 77 sampai 78, teman-teman diminta membaca sebuah teks tentang kebun teh di Puncak.

Indahnya Kebun Teh di Puncak, Bogor

Puncak adalah sebuah kawasan wisata pegunungan yang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Kawasan Puncak terletak 70 km sebelah selatan Jakarta. Kawasan ini terletak di kaki dan lereng Pegunungan Gede-Pangrango dan sebagian besar merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango.

Indahnya Kebun Teh di Puncak, Bogor kelas 5 halaman 77, 78
Di kawasan ini terdapat sebuah perkebunan teh yang telah dibangun sejak masa pemerintahan kolonial Belanda. Perkebunan ini kini berubah nama menjadi PT Perkebunan Nusantara VIII, Gunung Mas. Perkebunan teh ini membentang di antara bukit-bukit yang ada di kawasan Puncak. Tanaman teh ditanam sedemikian rupa sehingga menghasilkan pemandangan alam yang indah. Tanaman teh ditanam dengan rapi sesuai kontur perbukitan. Selain keindahan alam, kesejukan kawasan ini menjadikan Puncak sebagai daerah kunjungan wisata yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan.

Dikarenakan posisinya yang berada di kaki dan lereng pegunungan Gede-Pangrango, udara kawasan ini menjadi sejuk bahkan cenderung dingin. Inilah yang membuat daerah Puncak, Bogor sangat cocok untuk budidaya tanaman perkebunan. Selain perkebunan teh, di daerah Puncak dapat kita temui juga perkebunan kopi, pala, tanaman hias, dan perkebunan buah seperti stroberi dan sayur-mayur.
Sumber: www.infobisnis-bogor.blogspot.co.id/2012/12/pertanian-di-kabupaten-bogor.html
www.id.wikipedia.org/wiki/Puncak,_Bogor

Ayo Berlatih

Pada halaman 78, teman-teman diminta mengerjakan tugas-tugas yang disajikan.

Jawaban (Halaman 78)

Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut ini.
1. Membuat pertanyaan berdasarkan bacaan.
  1. Di mana lokasi Puncak berada?
  2. Kapan perkebunan teh kawasan Puncak dibangun?
  3. Apa saja perkebunan yang bisa dtemui di kawasan Puncak?

Jawabannya
  1. Kawasan Puncak termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur.
  2. Dibangun sejak masa pemerintahan kolonial Belanda.
  3. Perkebunan teh, perkebunan kopi, pala, tanaman hias, dan perkebunan buah seperti stroberi dan sayur-mayur.

2. Ceritakanlah pengalamanmu berkunjung ke tempat wisata favorit keluargamu. Jelaskan ketampakan alam dan buatan yang kamu lihat di sana. Tuliskanlah penjelasanmu dalam satu paragraf, dan tuliskanlah di tempat yang tersedia!
Menyesuaikan pengalaman teman-teman.

Ayo Membaca

Pada halaman 80, teman-teman diminta membaca sebuah teks.

Bersatu untuk Indonesia Makmur

Wilayah Indonesia yang terbentang dari Sabang hingga Merauke tentu memiliki berbagai keunikan. Setiap daerah memiliki sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk pembangunan negara. Letak geografis Indonesia sangat memengaruhi iklim yang terjadi. Iklim Indonesia hanya memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Letak Indonesia di sekitar garis khatulistiwa mengakibatkan Indonesia selalu mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun. Keberadaan matahari sepanjang tahun bermanfaat bagi kegiatan agraris sehingga membuat Indonesia menjadi penghasil berbagai komoditas alam.

Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau yang menyimpan potensi-potensi alam yang luar biasa. Setiap daerah di Indonesia memiliki sumber daya alam yang khas, berbeda satu dengan yang lainnya. Kekayaan alam dan hasil bumi Indonesia tidak perlu diragukan. Diperlukan usaha untuk mengelolanya dengan benar dan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat, seperti yang diamanatkan oleh Undang-Undang Dasar 1945.

Persatuan dan kesatuan mutlak diperlukan untuk menyatukan tujuan pengelolaan sumber daya alam dan hasil bumi Indonesia. Tanpa persatuan dan kesatuan, kemakmuran rakyat Indonesia tidak akan tercapai. Setiap daerah bekerja sama dan saling mengisi untuk mengelola sumber daya dan hasil bumi. Kemakmuran masyarakat tidak hanya untuk masyarakat daerah tertentu, tetapi untuk seluruh masyarakat Indonesia. Oleh karenanya, setiap usaha pengelolaan sumber daya dan hasil bumi adalah untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.
Diolah dari berbagai sumber.

Ayo Berdiskusi

Pada halaman 81, teman-teman diminta menjawab beberapa soal berdasarkan bacaan di atas.

Jawaban (Halaman 81)

1. Diskusikan:
a. Manfaat persatuan dan kesatuan dalam mengelola sumber daya alam dan hasil bumi.
  1. Pengelolaan sumber daya alam menjadi maksimal karena dikelola bersama-sama.
  2. Tidak terjadi kelangkaan sumber daya alam di suatu daerah karena sumber daya alam tersebar secara merata.
  3. Kemakmuran masyarakat meningkat.

b. Hal-hal yang dapat terjadi jika sumber daya alam dan hasil bumi tidak dikelola dengan mengedepankan persatuan dan kesatuan.
Pengelolaan sumber daya alam kurang maksimal, sumber daya alam tidak tersebar secara merata, dan kemakmuran masyarakat suatu daerah menurun.

c. Berikan contoh menggunakan dua daerah yang mempunyai ketampakan dan sumber daya alam yang berbeda.
Misalnya Kabupaten Gresik dan Kabupaten Lamongan. Kabupaten Gresik dikenal sebagai kota industri yang diantaranya menjadi tempat produksi pupuk dan listrik. Namun, kabupaten ini kurang dalam hal pertanian. Sedangkan Kabupaten Lamongan menjadi salah satu daerah penghasil sumber daya alam penghasil di sektor pertanian. Dengan persatuan dan kesatuan serta atas dasar saling membutuhkan, kedua kabupaten ini dapat bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan masing-masing.

Ayo Berlatih

Pada halaman 81 subjudul berikutnya, disajikan beberapa soal latihan yang harus dikerjakan.

Jawaban (Halaman 81)

1. Sebutkan sikap-sikap yang dapat memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.
Bersikap toleransi terhadap sesama, menjaga kerukunan, tidak membuat ujaran kebencian, dan mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi.

2. Bagaimanakah pengaruh letak geografis Indonesia dengan kehidupan masyarakatnya yang agraris?
Letak geografis Indonesia membuat Indonesia mengalami 2 musim yaitu musim kemarau dan hujan serta mendapat sinar matahari sepanjang tahun. Hal ini sangat membantu para petani untuk menggarap sawahnya.

Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 5 Ekosistem halaman 78, 81. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan.

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel