-->

Kw Header



Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 86, 87, 89

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Halaman 86, 87, 89 – Buku siswa kelas 5 tema 5 edisi revisi 2017 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema 2 berjudul Hubungan Antarmakhluk Hidup dalam Ekosistem.
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 86, 87, 89

Pada subtema 2 pembelajaran 5 terdiri dari 11 halaman yaitu halaman 82-92. Dalam pembelajaran 5 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :

  • Ayo Mengamati halaman 82
  • Ayo Membaca halaman 83 dan 88
  • Ayo Berkreasi halaman 85
  • Ayo Menulis halaman 86
  • Ayo Berlatih halaman 89
  • Ayo Renungkan halaman 89


Di antara beberapa subjudul tersebut, terdapat soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 86, 87, 89. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 2 pembelajaran 5 halaman 86-89 :

Ayo Berkreasi

Pada halaman 85 dan 86, teman-teman diminta membuat sebuah pamflet tentang simbiosis. Pastikan penjelasan mengenai simbiosis dalam pamflet harus dapat dimengerti oleh pembacanya. Teman-teman juga harus memperhatikan petunjuk pengerjaan pamflet berikut ini :
Kumpulkan semua informasi yang kamu perlukan untuk pamfletmu:
• Definisi dari tiap-tiap jenis simbiosis.
• Cari contoh dari tiap-tiap jenis simbiosis dan penjelasannya
• Gambar dari contoh tiap-tiap jenis simbiosis
• Perhatikan salah satu pamflet berikut.
buatlah sebuah pamflet tentang simbiosis kelas 5 halaman 86

Jawaban (Halaman 86)

Belum tersedia

Ayo Menulis

Pada halaman 87, teman-teman diminta membuat sebuah teks nonfiksi mengenai salah satu simbiosis yang telah kalian pelajari sebelumnya. Sebagaimana yang telah dipelajari sebelumnya, simbiosis terdiri atas simbiosis mutualisme, komensalisme, dan parasitisme. Teman-teman diminta memilih salah satu bentuk simbiosis dan makhluk hidup yang melakukan. Tuliskan teks tersebut di selembar kertas A4 dengan rapi. Teman-teman juga harus memperhatikan penggunaan ejaan dan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Jawaban (Halaman 87)

Hubungan Antara Burung Jalak dan Kerbau

Dalam kehidupan, tidak ada makhluk hidup mampu hidup sendiri. Setiap makhluk pasti membutuhkan makhluk hidup lain untuk bisa mempertahankan hidupnya. Ketika suatu makhluk hidup berinteraksi dengan makhluk hidup lain, maka akan terjadi suatu hubungan untung rugi antara makhluk yang berinteraksi tersebut. Hubungan antar makhluk hidup ini dinamakan sebagai simbiosis.

Simbiosis yang memberikan keuntungan bagi kedua makhluk hidup yang saling berhubungan disebut sebagai simbiosis mutualisme. Salah satu contoh simbiosis mutualisme adalah hubungan antara burung jalak dan kerbau. Kerbau merupakan hewan yang memiliki rambut sebagai penutup tubuhnya. Meski rambut kerbau tidak terlalu lebat, namun seringkali tubuh kerbau menjadi tempat tinggal sekaligus sumber makanan bagi kutu. Kutu yang tinggal di tubuh kerbau akan membuat kerbau gatal-gatal yang tentu sangat mengganggu.

Burung jalak merupakan burung yang memakan hewan-hewan kecil seperti kutu. Ketika burung jalak hinggap pada tubuh kerbau, burung jalak akan memakan kutu-kutu yang ada pada tubuh kerbau. Hal ini memberikan keuntungan bagi burung jalak karena mendapat makanan dari kerbau tersebut. Sementara itu, kerbau juga akan diuntungkan karena rasa gatal yang dialaminya akan berkurang karena bersih dari kutu. Maka dapat disimpulkan bahwa hubungan antara burung jalak dan kerbau ini termasuk simbiosis mutualisme karena semua pihak diuntungkan.

(Mohon bagi yang meng-copas teks di atas untuk menyantumkan sumbernya)

Ayo Membaca

Pada halaman 88, disajikan sebuah teks tentang salah satu tarian suatu daerah.

Alam dalam Tarian

Alam tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat Suku Mentawai yang tinggal di Pulau Nias, Sumatra Utara. Selain menjadi sumber kehidupan, alam memberikan inspirasi seni. Alam sebagai inspirasi seni dapat dilihat dari tarian tradisional mereka yang diberi nama Turuk Langgai. Dalam tarian ini, penari menirukan aneka gerak hewan seperti unggas, kelinci, dan monyet. Tarian ini biasanya ditarikan sebagai penutupan prosesi pengobatan yang dilakukan oleh ahli pengobatan tradisional Suku Mentawai. Tujuan tarian ini adalah memberikan penghiburan kepada si sakit agar segera sembuh.

Tarian ini ditarikan oleh beberapa Sikerei. Seorang ahli pengobatan yang memimpin upacara ini. Sikerei mengenakan hiasan kepala berupa manik-manik dan bulu unggas dan memegang dedaunan. Beberapa dedaunan diselipkan di bagian belakang tubuhnya menyerupai ekor. Dengan diiringi tuddukat, gendang tradisional, Sikerei lalu berjingkat-jingkat sambil membungkukkan badan. Kepalanya menengadah ke atas sambil mengepakkan daun di tangan. Kakinya menghentak papan lantai menghasilkan suara ritmis yang teratur. Keduanya berputar-putar berkeliling, terkadang saling mengejar atau berjajar berhadapan. Lengkingan keluar dari mulut Sikerei. Dalam temaram lampu petromak, bayangan para Sikerei yang menari jatuh di dinding, tampak hidup seperti dua ekor burung menari di alam bebas.

Usai menarikan gerakan unggas, Sikerei kemudian memulai gerakan yang lain. Ia melompat tinggi dan terlihat lincah bagaikan seekor kelinci. Tangkai daun yang awalnya dijadikan sebagai sayap, dinaikkan sejajar dengan telinga. Gerakannya pun terlihat menarik bagaikan seekor kelinci yang berlari menghindari kejaran pemangsa.
Sumber bacaan: www.dananwahyu.com/2013/10/21/mentawai-cultural-trip-7-turak-lagai-gerak-tari-alam/ Dengan penyesuaian

Kemudian pada halaman 89, teman-teman diminta mengerjakan tugas yang diberikan.

Jawaban (Halaman 89)

1. Menjawab pertanyaan
a. Sebutkan properti tari yang dipergunakan dalam Tari Turuk Langgai!
Hiasan kepala dan dedaunan.

b. Apakah tujuan dari tarian Turuk Langgai?
Memberi hiburan kepada orang sakit yang telah berobat agar segera sembuh.

c. Sebutkan gerakan-gerakan yang terdapat dalam tarian Turuk Langgai!
  1. Membungkukkan badan sambil berjingkat-jingkat.
  2. Menengadahkan kepala ke atas sambil mengepakkan daun telinga.
  3. Menghentakkan kaki ke lantai.
  4. Berputar-putar berkeliling yang terkadang saling mengejar atau berjajar berhadapan.

2. Cobalah untuk memperagakan gerakan tari Turuk Langgai seperti dijelaskan dalam bacaan di atas. Kalian juga dapat mencoba beberapa gerakan hewan lain seperti monyet atau ular.

3. Gunakan properti tari yang berasal dari alam sebagaimana yang terdapat dalam Tari Turuk Langgai, seperti dedaunan atau bulu-bulu unggas.

4. Lakukan tarian tersebut secara berkelompok. Bagilah kelompok menjadi dua, penari dan pemain musik ritmis. Gunakan alat musik ritmis sederhana yang dapat ditemukan di kelas. Pastikan semua gerakan memiliki ketukan yang sama. Berlatihlah untuk pementasan pada hari berikutnya.

Ayo Berlatih

Pada halaman 89 dengan subjudul berbeda, teman-teman diminta mengerjakan soal-soal latihan yang disajikan.

Jawaban (Halaman 89)

1. Apakah persamaan dan perbedaan antara ketiga jenis simbiosis yang kamu ketahui?
Persamaan :
  • Terdapat interaksi antar makhluk hidup pada ketiga jenis simbiosis.
  • Ketiga jenis simbiosis melibatkan lebih dari 1 makhluk hidup.

Perbedaan :
  • Simbiosis mutualisme memberikan keuntungan bagi semua pihak.
  • Simbiosis parasitisme memberikan keuntungan pada satu pihak dan memberikan kerugian bagi pihak lain.
  • Simbiosis komensalisme memberikan keuntungan bagi satu pihak, namun tidak memberikan kerugian bagi pihak lain.

2. Sebutkanlah beberapa contoh simbiosis yang terjadi di ekosistem darat dan air.
  • Ekosistem darat yaitu hubungan antara kerbau dengan burung jalak, lebah dengan bunga, dan nyamuk dengan manusia.
  • Ekosistem air yaitu hubungan antara ikan badut dengan anemon laut dan ikan hiu dengan ikan remora.

3. Temukan sebuah tarian daerahmu yang menggunakan alam sebagai sumber inspirasi! Ceritakanlah makna dan gerakan tari tersebut.
Menyesuaikan daerah masing-masing siswa.

4. Sebutkan manfaat menari bagi kesehatan.
Menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kelenturan otot, dan dapat menurunkan berat badan.

Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 5 Ekosistem halaman 86, 87, 89. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 86, 87, 89"

Posting Komentar

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel