-->

Kw Header



Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 69, 70, 71, 73, 74, 75

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Halaman 69, 70, 71, 73, 74, 75 – Buku siswa kelas 5 tema 5 edisi revisi 2017 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema 2 berjudul Hubungan Antarmakhluk Hidup dalam Ekosistem.
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 69, 70, 71, 73, 74, 75

Pada subtema 2 pembelajaran 3 terdiri dari 9 halaman yaitu halaman 67-75. Dalam pembelajaran 3 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :

  • Ayo Membaca halaman 68, 71, dan 72
  • Ayo Bermain Peran halaman 74
  • Ayo Berlatih halaman 75
  • Ayo Renungkan halaman 75


Di antara beberapa subjudul tersebut, terdapat soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 69, 70, 71, 73, 74, 75. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 2 pembelajaran 3 halaman 69-75 :

Ayo Membaca

Pada halaman 68 sampai 69, teman-teman diminta membaca sebuah teks untuk menambah pengetahuan tentang sistem irigasi subak.

Sistem Irigasi Subak
Subak merupakan sekumpulan petani di Bali yang mengelola sistem irigasi yang ada di sebuah kawasan persawahan. Kawasan persawahan itu biasanya dibatasi oleh kenampakan alam seperti sungai, jurang, atau kenampakan lain yang jelas terlihat. Satu kelompok subak biasanya memiliki satu sumber air yang mengalir ke sebuah sungai yang melewati atau berada dekat dengan persawahannya. Para anggota kelompok subak menggunakan sistem gotong royong dan saling bantu dengan cara “meminjam air”, bukan utang piutang. Dengan demikian, setiap anggota harus bertanggung jawab terhadap penggunaan air juga terhadap petani lain sesama anggota Subak.
Sistem Irigasi Subak kelas 5 halaman 68, 69

Sistem irigasi subak dipimpin oleh seorang pengatur yang diebut pekasehatau klean subak. Para pekaseh bekerja sama dengan para kepala desa dan perangkat desa dalam menjalankan tugasnya. Para pekaseh ini diangkat oleh petani, bukan oleh perangkat desa. Mereka mengatur dan memberitahukan ketersediaan air pada areal persawahan kelompoknya. Apabila kekurangan air, sistem pinjam air dijalankan agar semua petani mendapatkan air yang cukup untuk sawahnya.

Sistem irigasi subak dibangun oleh masyarakat Bali sejak beratus tahun lalu sebagai bentuk kemandirian masyarakat dalam mengatasi persoalan air irigasi. Semua persoalan pertanian dibahas secara musyawarah dan perencanaan yang baik. Termasuk di dalamnya membahas rencana pengairan, cara menjaga kualitas air, jumlah air yang akan dialirkan, dan waktu pengairan, termasuk siapa saja yang akan melakukannya. Subak tidak hanya memperhatikan sistem irigasi, tetapi juga memperhatikan asas kerja sama dan keadilan dengan menggunakan sistem meminjam air kepada anggotanya. Dengan demikian, tidaklah mengherankan jika pada tahun 2012, subak diakui sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) Pengakuan ini menjadi sebuah kebanggaan bagi bangsa Indonesia.
Sumber: www.permateta.tp.ugm.ac.id
Sumber gambar: www.bali-bike.kompas.com

Setelah membaca, pada halaman 69 hingga 70 teman-teman mengerjakan beberapa tugas yang disajikan.

Jawaban (Halaman 69-70)
1. Tentukan pokok pikiran dan informasi penting dari bacaan dengan menggunakan tabel di bawah ini.
Pokok pikiran dan informasi penting tema 5 kelas 5 halaman 69

2. Buatlah ringkasan berdasarkan bacaan tersebut.
Subak merupakan petani pengelola irigasi sawah di Bali. Para anggota kelompok subak saling membantu dan gotong royong dalam membagi air. Sistem irigasi subak diatur oleh seorang pekaseh atau klean subak yang bertugas juga memberitahukan ketersediaan air pada sawah kelompoknya. Sistem subak sangat memperhatikan asas kerja sama dan keadilan. UNESCO telah mengakui subak sebagai warisan dunia pada tahun 2012.

3. Bersama dengan kelompokmu, diskusikanlah pertanyaan-pertanyaan berikut ini. Jawablah di buku catatanmu. Setelah itu, presentasikan hasil diskusimu.
a. Apakah tujuan dibentuknya subak?
Untuk mengelola irigasi sawah.

b. Apa saja manfaat yang diperoleh para petani dari sistem irigasi subak di Bali?
Semua petani mendapatkan air yang cukup untuk sawahnya.

c. Apa sajakah peran pekaseh?
Mengatur dan memberitahukan ketersediaan air pada areal persawahan kelompoknya.

d. Bagaimana cara anggota kelompok subak di Bali dalam mengambil keputusan?
Keputusan diambil dengan bermusyawarah dan direncanakannya dengan baik.

e. Apa yang menyebabkan sistem subak berhasil meraih perhatian dunia?
Karena sistem subak juga memperhatikan asas kerja sama dan keadilan dengan menggunakan sistem meminjam air kepada anggotanya.

f. Jelaskan nilai-nilai persatuan dan kesatuan yang didapatkan dari sistem irigasi subak di Bali.
Nilai persatuan dan kesatuan dari sistem irigasi subak ditunjukkan dari prinsip asas kerja sama dan keadilan sehingga para petani saling gotong royong dan saling membantu dalam masalah pengairan sawah. Selain itu, segala persoalan pertanian dibahas secara musyawarah.

Ayo Membaca

Pada halaman 71, teman-teman diminta mencari informasi tentang kegiatan masyarakat Indonesia sebagai negara agraris dan negara kepulauan berkaitan dengan mata pencaharian mereka. Beberapa contoh kehidupan masyarakat di atas dapat digunakan sebagai sumber ide. Setelah mendapatkan informasi, teman-teman diminta membuat sebuah tulisan nonfiksi secara mandiri sebanyak tiga paragraf atau lebih.

Jawaban (Halaman 71)

Dalam pengerjaan

Ayo Membaca

Pada halaman 72 sampai 73, disajikan sebuah teks tentang peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia yang harus teman-teman baca untuk menambah pengetahuan.

Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan

Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia kelas 5 halaman 72, 73
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia sebetulnya merupakan bagian dari pidato proklamasi yang disampaikan oleh Ir. Soekarno sebagai wakil bangsa Indonesia. Proklamasi tersebut dibacakan pada tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB bertempat di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta. Pada saat yang sama, dikibarkan Bendera Merah Putih sebagai bendera negara, dan dinyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya ciptaan W.R. Supratman.

Setelah melalui waktu yang sangat lama disertai pengorbanan besar seluruh rakyat Indonesia, akhirnya kemerdekaan dapat diwujudkan. Pada saat menjelang diproklamasikan kemerdekaan Indonesia, tepatnya pada tanggal 16 Agustus 1945, terjadi penculikan terhadap dua tokoh bangsa Indonesia yang paling terkemuka, yaitu Ir. Soekarno dan Drs. Muhammad Hatta oleh para pemuda pejuang Indonesia. Mereka dibawa dari Jakarta ke Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat. Tujuan penculikan adalah agar kedua tokoh penting ini terhindar dari pengaruh ancaman dan tekanan pemerintah pendudukan Jepang.

Keeseokan harinya, kedua tokoh dikembalikan lagi ke Jakarta dan diamankan di rumah Laksamana Muda Tadashi Maeda, tentara Jepang yang bersimpati terhadap perjuangan rakyat Indonesia untuk merdeka. Di rumah itulah, naskah proklamasi dirumuskan oleh tiga orang pemimpin golongan tua, yaitu Ir. Soekarno, Drs. Muhammad Hatta, dan Mr. Achmad Soebardjo. Dari golongan muda, ada Sukarni, B.M. Diah, dan Mbah Diro. Setelah selesai ditulis, naskah proklamasi diketik oleh Sayuti Melik. Kemudian, Ir. Soekarno dan Drs. Muhammad Hatta menandatanganinya atas nama bangsa Indonesia.

Sejak saat itu, bangsa Indonesia hidup merdeka dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Melalui Proklamasi tersebut, bangsa Indonesia mengumumkan kepada seluruh dunia bahwa bangsa Indonesia telah bebas dari penjajahan. Adapun isi Proklamasi tersebut adalah sebagai berikut.
Naskah proklamasi republik Indonesia

Sumber bacaan: BSE PKN Kelas 4, 2010

Setelah membaca, kemudian teman-teman diminta mengerjakan soal-soal yang disajikan pada halaman 73 hingga 74.

Jawaban (Halaman 73-74)

1. Mengapa bangsa Indonesia perlu melakukan proklamasi kemerdekaannya?
Agar Indonesia terbebas dari penjajahan dan diakui oleh seluruh dunia sebagai negara berdaulat.

2. Apakah akibat dari peristiwa Proklamasi Kemerdekaan terhadap kehidupan bangsa Indonesia?
Kehidupan bangsa Indonesia tidak lagi diwarnai pertumpahan darah, kerja paksa, dan pajak yang tinggi seperti pada masa penjajahan.

3. Bagaimana nilai-nilai persatuan dan kesatuan diterapkan pada peristiwa tersebut?
Nilai persatuan dan kesatuan ditunjukan dari kerja sama antara tokoh-tokoh Indonesia dalam mengupayakan proklamasi kemerdekaan. Selain itu, terwujudnya proklamasi kemerdekaan sendiri tidak lepas dari seluruh rakyat yang bersatu melawan penjajah.

4. Tahukah kamu tentang peristiwa Rengasdengklok yang terjadi sebelum peristiwa proklamasi? Carilah informasi tentang peristiwa itu, dan tuliskan temuanmu di tempat yang tersedia di bawah ini.
Dalam pengerjaan

Ayo Berlatih

Pada halaman 75, disajikan beberapa soal latihan yang harus teman-teman kerjakan.

Jawaban (Halaman 75)

1. Jelaskanlah nilai-nilai persatuan dan kesatuan yang ditunjukkan masyarakat Bali melalui sistem subak!
Nilai persatuan dan kesatuan dari sistem irigasi subak ditunjukkan dari prinsip asas kerja sama dan keadilan sehingga para petani saling gotong royong dan saling membantu dalam masalah pengairan sawah. Selain itu, segala persoalan pertanian dibahas secara musyawarah.

2. Jelaskanlah contoh kegiatan ekonomi masyarakat yang tinggal di daerah pantai!
Nelayan yang menangkap ikan, petani yang memanfaatkan air laut untuk membuat garam, pedagang yang menjual ikan, pelaku usaha yang membuat kerajinan dari kerang untuk dijual, jasa persewaan perahu, dan masih banyak yang lainnya.

3. Jelaskan secara singkat peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945!
Setelah sempat diculik ke Rengasdengklok pada  16 Agustus 1945, Ir.Soekarno dan Moh.Hatta akhirnya dibawa kembali ke Jakarta tepatnya di rumah Laksamana Muda Maeda pada tanggal 17 Agustus 1945. Bersama dengan Achmad Soebardjo, Ir.Soekarno dan Moh.Hatta merumuskan naskah proklamasi. Naskah proklamasi kemudian diketik oleh Sayuti Melik dan ditandatangani oleh Ir.Soekarno dan Moh.Hatta. Bertempat di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta, akhirnya naskah proklamasi tersebut dibacakan oleh Ir.Soekarno pada pukul 10.00.

4. Tahukah kamu mengapa golongan pemuda meminta Ir. Soekarno dan Drs. Muhammad Hatta untuk membacakan Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia?
Agar bangsa Indonesia segera terbebas dari penjajahan.

5. Apakah manfaat yang diperoleh rakyat Indonesia dengan adanya peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia?
Kehidupan rakyat Indonesia menjadi lebih sejahtera karena tidak ada lagi pertumpahan darah, kerja paksa, dan pajak yang mencekik. 

Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 5 Ekosistem halaman 69, 70, 71, 73, 74, 75. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan.

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel