-->

Kw Header



Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 120, 122, 123, 124, 126, 127, 129

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 5 Halaman 120, 122, 123, 124, 126, 127, 129 – Buku siswa kelas 6 tema 5 edisi revisi 2018 diterbitkan dengan judul Wirausaha dengan subtema 3 berjudul Ayo, Belajar Berwirausaha.
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 Halaman 120, 122, 123, 124, 126, 127, 129

Pada subtema 3 pembelajaran 1 terdiri dari 12 halaman yaitu halaman 119-130. Dalam pembelajaran 1 ini terdapat subjudul-subjudul yaitu :

  • Ayo Membaca halaman 119 dan 128
  • Ayo Berdiskusi halaman 121
  • Ayo Mencoba halaman 124
  • Ayo Renungkan halaman 130


Di antara subjudul-subjudul di atas, teman-teman akan menemukan soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 120, 122, 123, 124, 126, 127, 129. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 5 subtema 3 pembelajaran 1 halaman 120-129 :

Ayo Membaca

Pada halaman 119 sampai 120, terdapat sebuah teks yang harus dibaca.

Kreativitas yang Membuahkan Hasil
Rangkaian bunga kering buatan Ibu Made Yuliani memenuhi etalase di rumahnya. Indah dipandang dengan aroma semerbak memenuhi ruangan.
Ibu Made Yuliani adalah seorang tokoh wirausaha Bali yang memulai usahanya dengan mengumpulkan bunga-bunga kering yang berjatuhan di sekitar tempat tinggalnya di Pulau Dewata. Berawal dari rangkaian bunga kering, usahanya kini berkembang pesat dan menghasilkan aneka produk pewangi. Sabun alami, pelembap tubuh, serta pewangi ruangan diramu dan dibuatnya dari beragam jenis buah dan tanaman.
“Kreativitas sangat penting dalam usaha ini”, ujar Bu Made.
“Bunga-bunga kering yang awalnya tampak tidak menarik, dirangkai kembali menjadi karya seni yang memiliki nilai jual,” lanjut Bu Made lagi.
Pelanggan produk yang dihasilkan oleh Ibu Made Yuliani tidak hanya berasal dari dalam negeri, namun banyak yang berasal dari mancanegara.

Sumber : 
Anggari, Angi St. dkk. (2018). Tema 5 Wirausaha Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Pada halaman 120, disajikan beberapa pertanyaan yang harus dijawab berdasarkan teks yang telah dibaca tadi.

Jawaban (Halaman 120)

Jawab pertanyaan berikut.
1. Apa jenis usaha yang dilakukan Ibu Made Yuliani?
Pengrajin rangkaian bunga kering.

2. Apa bahan yang digunakan Bu Made untuk menjalankan usahanya?
Bunga kering.

3. Apa manfaat usaha tersebut bagi masyarakat dan lingkungan?
Dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar dan membuat lingkungan menjadi bersih dari sampah bunga kering.

4. Apa yang dapat kamu pelajari dari cara Bu Made berwirausaha?
Kreativitas dalam menambah nilai jual sesuatu yang terlihat tidak berguna ternyata dapat membawa Bu Made mencapai kesuksesan.

Ayo Berdiskusi

Pada halaman 121 hingga 122, teman-teman diminta membaca beberapa teks yang membahas soal MEA.

Apakah MEA itu?
MEA singkatan dari Masyarakat Ekonomi ASEAN. Para pemimpin Asean sepakat memberlakukan pasar tunggal di kawasan Asia Tenggara pada akhir 2015 agar daya saing Asean meningkat dan untuk menarik investasi asing. Penanaman modal asing di wilayah ASEAN sangat dibutuhkan untuk meningkatkan lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan.
Pembentukan MEA nantinya memungkinkan satu negara menjual barang dan jasa dengan mudah ke negara-negara lain di seluruh Asia Tenggara sehingga kompetisi akan semakin ketat.

Bagaimana MEA mempengaruhi kita?
MEA tidak hanya membuka arus perdagangan barang atau jasa, tetapi juga pasar tenaga kerja profesional, seperti dokter, pengacara, akuntan, dan lainnya.
Dengan diterapkannya MEA, peluang tenaga kerja asing untuk mengisi berbagai jabatan serta profesi di Indonesia akan semakin terbuka.
Begitu pula sebaliknya, tenaga kerja Indonesia juga mempunyai peluang yang lebih besar untuk bekerja di negara-negara anggota ASEAN lainnya.
Hal ini menandakan bahwa kualitas produk dan sumber daya manusia Indonesia harus terus ditingkatkan agar mampu ikut berpartisipasi bersama tenaga kerja asing.

Apa keuntungan MEA bagi Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya?
Riset terbaru dari Organisasi Perburuhan Dunia atau ILO menyebutkan pembukaan pasar tenaga kerja mendatangkan manfaat yang besar.
Selain dapat menciptakan jutaan lapangan kerja baru, Hal ini juga dapat meningkatkan kesejahteraan 600 juta orang yang hidup di Asia Tenggara.
ILO memperkirakan bahwa permintaan tenaga kerja profesional akan naik 41% atau sekitar 14 juta di tahun 2015.
Sementara, permintaan akan tenaga kerja kelas menengah akan naik 22% atau 38 juta, sementara tenaga kerja level rendah meningkat 24% atau 12 juta.

Sumber : 
Anggari, Angi St. dkk. (2018). Tema 5 Wirausaha Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Pada halaman 122 sampai 123, diberikan beberapa soal yang harus dijawab.

Jawaban (Halaman 122-123)

1. Apa yang kamu ketahui tentang MEA?
MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) merupakan perdagangan bebas yang memungkinkan suatu negara menjual barang dan jasa dengan mudah ke negara-negara lain di kawasan ASEAN.

2. Apa yang perlu diperhatikan oleh pelaku usaha dalam menghadapi MEA? Jelaskan.
Pelaku usaha harus meningkatkan kualitas barang agar layak bersaing dengan barang asing.

3. Apa yang perlu disiapkan oleh tenaga kerja Indonesia agar mampu ikut berpartisipasi di MEA?
Meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar dapat bersaing dengan tenaga kerja asing.

4. Sebagai pelajar, apa yang harus kamu lakukan mulai saat ini agar nanti ketika sudah menyelesaikan pendidikan mampu ikut berpartisipasi di MEA?
Belajar dengan rajin dan sungguh-sungguh agar bisa menjadi pribadi yang unggul dan berdaya saing tinggi di era MEA.

5. Apa manfaat MEA bagi Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya?
Seluruh negara dapat menjua barang dan jasa dengan mudah, mencipatakan jutaan lapangan kerja baru, dan meningkatkan kesejahteraan 600 juta orang yang hidup di Asia Tenggara.

Ayo Mencoba

Pada halaman 124, teman-teman diminta mengamati beberapa cindera mata yang terbuat dari magnet.
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 Halaman 124

Kemudian terdapat 2 buah pertanyaan yang harus teman-teman jawab.

Jawaban (Halaman 124)

Cendera mata di atas dapat kamu tempelkan di pintu kulkas. Apakah pintu kulkas termasuk benda magnetis atau benda nonmagnetis? Mengapa?
Termasuk benda magnetis karena pintu kulkas memiliki lapisan magnet yang berfungsi sebagai perekat ketika pintu kulkas ditutup.

Di mana lagi kamu dapat menempelkan cendera mata di atas? Jelaskan.
Pada benda-benda magnetis seperti penggaris besi, knalpot, gagang pintu, seng, dan lainnya.

Pada halaman 125, teman-teman diminta melakukan percobaan sederhana tentang medan magnet.
Percobaan medan magnet tema 5 kelas 6 halaman 125

Kemudian pada halaman 126 sampai 127 teman-teman diminta diminta menuliskan laporan berdasarkan hasil percobaan yang telah dilakukan.
Laporan percobaan medan magnet tema 5 kelas 6 halaman 126, 127

Jawaban (Halaman 126-127)

Laporan Percobaan Medan Magnet

Tujuan percobaan:
Mengidentifikasi medan magnet

Alat dan Bahan:

  • Magnet
  • Serbuk besi yang diperoleh dari gundukan pasir
  • Kertas karton berukuran A4


Langkah-langkah Percobaan:
1. Taruhlah magnet di bawah kertas karton berukuran A4.
2. Taburkan serbuk besi secukupnya di atas kertas karton tersebut.
3. Ketuklah kertas karton secara perlahan.
4. Gerakkan magnet di seputar kertas.
5. Jauhkan magnet dari kertas.

Hasil Percobaan:

  • Ketika kertas karton diketuk, serbuk besi tetap menempel di kertas karton.
  • Ketika magnet digerakkan, serbuk besi selalu mengikuti ke manapun magnet pergi.
  • Ketika magnet dijauhkan dari kertas, serbuk besi tidak mengalami apa-apa.


Kesimpulan :
Serbuk besi membuktikan bahwa medan magnet itu tidak dapat dilihat, namun bisa digambarkan. Kuatnya medan magnet ini tergantung dari jarak terhadap benda serta kekuatan magnet itu sendiri.

Ayo Mencoba

Pada halaman 128, teman-teman diminta mengamati formulir pengiriman barang yang ditunjukkan.
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 Halaman 129

Pada halaman 129, teman-teman diminta mengerjakan soal-soal tentang formulir yang disajikan.

Jawaban (Halaman 129)

Apa saja informasi penting yang tercantum dalam pengiriman barang?

  • Data penerima dan pengirim barang yang meliputi nama, alamat, kode pos, dan nomor telepon.
  • Tanggal pengiriman.
  • Tanda tangan pengirim dan petugas.


Mengapa kita perlu mencantumkan kode pos dalam formulir pengiriman barang?
Untuk mempermudah kurir dalam mengirimkan barang.

Apa yang terjadi jika alamat penerima barang tidak ditulis dengan lengkap? Jelaskan.
Kurir yang mengirim barang tersebut akan kesulitan menemukan alamat si penerima yang dapat mengakibatkan barang tidak sampai ke tangan penerima.

Mengapa kita perlu mencantumkan nomor telepon pengirim dan penerima dalam formulir tersebut?
Agar sang kurir bisa menghubungi penerima untuk mengonfirmasi kesesuaian barang dan alamat,  atau menghubungi penerima ketika alamat tak kunjung ditemukan atau terjadi hal lain.

Lihat juga : Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 132, 133, 135, 139, 140, 141

Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 5 Wirausaha halaman 120, 122, 123, 124, 126, 127, 129. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan.

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel