-->

Kw Header



Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 132, 133, 135, 139, 140, 141

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 5 Halaman 132, 133, 135, 139, 140, 141 – Buku siswa kelas 6 tema 5 edisi revisi 2018 diterbitkan dengan judul Wirausaha dengan subtema 3 berjudul Ayo, Belajar Berwirausaha.
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 Halaman 132, 133, 135, 139, 140, 141

Pada subtema 3 pembelajaran 2 terdiri dari 14 halaman yaitu halaman 131-144. Dalam pembelajaran 2 ini terdapat subjudul-subjudul yaitu :

  • Ayo Membaca halaman 130
  • Ayo Mengamati halaman 134
  • Ayo Berlatih halaman 139
  • Ayo Berkreasi halaman 141
  • Ayo Renungkan halaman 144

Di antara subjudul-subjudul di atas, teman-teman akan menemukan soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 132, 133, 135, 139, 140, 141. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 5 subtema 3 pembelajaran 2 halaman 132-141 :

Ayo Membaca

Pada halaman 131 sampai 132, disajikan sebuah teks yang harus teman-teman baca.

Gelang Benang, Kreatif Mengisi Waktu Luang
Man, seorang anak laki-laki Suku Sasak dari Desa Sade, Lombok. Usianya hampir 12 tahun. Ia baru saja menyelesaikan ujian akhir tingkat SD di sekolahnya. Usai sekolah, Man dan beberapa teman seusianya secara kreatif mengisi waktu luang dengan berjualan aneka warna gelang benang buatan sendiri. Sejak dini, anak-anak Suku Sasak terbiasa menyaksikan kaum ibu memintal benang dan menenun kain. Sisa benang aneka warna mereka jalin dengan beragam kreasi untuk dijadikan gelang.
Desa Sade terletak di Lombok Tengah, tidak jauh dari Pantai Kuta. Melihat ramainya wisatawan pengunjung pantai, Man dan teman-teman melihat peluang usaha untuk mengisi waktu luang mereka. Menjelang sore hari, mereka menawarkan berbagai aneka gelang benang buatan mereka ke wisatawan pengunjung pantai. Dengan kreatif mereka membuat berbagai ragam jalinan untuk ditawarkan. Kadangkala, mereka sisipkan manik-manik kayu untuk mempercantik gelang. Menyadari bahwa harga gelang yang dijual tidak dapat terlalu tinggi, mereka mengganti benang hasil pintalan kapas dengan benang jahit yang mereka beli di pasar. Seuntai gelang mereka jual dengan harga Rp5.000,00 hingga Rp15.000,00. “Dalam sehari, biasanya aku bisa menjual lima sampai enam gelang. Rata-rata dalam sehari kami bisa membawa pulang uang Rp30.000,00,” ujar Man. Ketika ditanyakan untuk apa uang hasil jualan tersebut, “Untuk menambah uang jajan, dan membeli perlengkapan sekolah,” jawabnya sambil tersenyum lebar.
Walau tidak pernah diminta oleh kedua orang tuanya untuk membantu keuangan keluarga, Man selalu memberikan uang hasil jualannya kepada ibunya. Ketika sewaktu-waktu ingin membeli barang keperluan sekolah, ibunya akan memperbolehkan Man menggunakan uang tersebut.
Man tidak kehilangan waktu bermainnya karena berjualan. Ia berjualan sambil bermain air dan bercengkerama di pinggir pantai dengan teman-temannya. Menjelang matahari terbenam, Man dan teman-temannya pulang untuk mengerjakan tugas sekolah dan beristirahat. Ketika tugas sekolah sudah selesai, Man membuat beberapa gelang untuk mengisi kembali persediaan untuk berjualan esok hari.
Man bangga ketika gelang hasil buatannya dipuji oleh wisatawan. Sederhana, namun unik dan kreatif, begitu komentar para wisatawan terhadap gelang benang buatan Man dan teman-temannya. Kreativitas Man dalam memanfaatkan waktu luang memberinya pembelajaran hidup yang tak ternilai.

[Santi-ditulis berdasarkan wawancara pada bulan Juli 2014]

Pada halaman 132 sampai 133, teman-teman diminta mengerjakannya soal-soal berdasarkan teks yang telah dibaca tadi.

Jawaban (Halaman 132-133)

1. Apa jenis usaha yang dilakukan Man dan teman-temannya untuk mengisi waktu luang mereka?
Berjualan aneka warna gelang benang.

2. Mengapa diperlukan kreativitas dan ketekunan dalam menjalankan usaha tersebut? Jelaskan secara singkat!
Karena tidak mudah memanfaatkan barang sisa jika tidak memiliki kreativitas. Ketekunan juga diperlukan agar usaha tersebut bisa terus berjalan dan berkembang.

3. Apa manfaat usaha anak-anak tersebut bagi kehidupan mereka?
Menambah uang jajan, bisa membeli perlengkapan sekolah sendiri, dan meringankan ekonomi keluarga.

4. Faktor-faktor apa yang mereka pertimbangkan saat melakukan usaha tersebut?
Harga dan bahan.

5. Sikap apa yang bisa kamu pelajari dari usaha anak-anak tersebut?
Kreatif, tekun, dan pandai memanfaatkan peluang.

6. Bagaimana kamu menghargai hal yang dilakukan oleh setiap orang dalam cerita tersebut?
Walaupun masih anak-anak, mereka sudah bisa mencari uang dengan kreativitas dan ketekunan yang mereka miliki. Selain itu, mereka bisa mengatur waktu antara usaha dan aktivitas lainnya. Hal ini dapat menjadi contoh bagi siapapun.

Ayo Mengamati

Pada halaman 134, teman-teman diminta mengamati gambar kemasan berbentuk tabung dan kerucut.
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 Halaman 135

Kemudian di halaman 135 teman-teman diminta mengerjakan soal yang disajikan.

Jawanan (Halaman 135)

Apakah kamu pernah menemukan kemasan berbentuk tabung dan kerucut dalam kehidupan sehari-hari? Berikan contoh.
Pernah. Contoh yang berbentuk tabung yaitu kaleng susu, kaleng sarden, wadah shuttlecock (kok), dan panci. Contoh yang berbentuk kerucut yaitu kemasan es krim dan kemasan kacang rebus.

Ayo Berlatih

Pada halaman 139 hingga 141, teman-teman diminta menyelesaikan soal-soal tentang volume tabung dan kerucut.

Jawaban (Halaman 139-141)

1. Sebuah kemasan cendera mata berbentuk tabung dengan tinggi 12 cm. Diameter alas tabung tersebut adalah 6 cm. Hitunglah volume tabung tersebut.
V = luas alas x tinggi
V = π x r2 x t
V = 3,14 x 32 x 12
V = 3,14 x 9 x 12
V = 339,12 cm3
Jadi, volume tabung tersebut adalah 339,12 cm3.

2. Sebuah kemasan makanan berbentuk kerucut. Tinggi kerucut tersebut adalah 15 cm. Jari-jari alas kerucut berukuran 3 cm. Hitunglah luas kerucut tersebut.
Garis pelukis (s) :
s = √(jari-jari x jari-jari) + (tinggi x tinggi)
s = √r2 + t2
s = √32 + 152
s = √9 + 225
s = √334
s = 18,28 cm

Luas kerucut
L = luas alas + luas selimut
L = (π x r2) + (π x r x s)
L = (3,14 x 32) + (3,14 x 3 x 18,28)
L = (3,14 x 9) + (172,2)
L = 28,26
L = 200,46 cm2
Jadi, luas kerucut tersebut adalah 200,46 cm2.

Tambahan
Volume kerucut :
V = luas alas x tinggi x 1/3
V = π x r2 x t x 1/3
V = 3,14 x 32 x 12 x 1/3
V = 3,14 x 9 x 12 x 1/3
V = 113,04 cm3

3. Perhatikan kemasan berikut.
Kunci jawaban tema 5 kelas 6 halaman 139, 140, 141
Kemasan tersebut terdiri atas bangun gabungan tabung dan kerucut. Hitunglah volumenya.
Volume tabung (Va)
Va = π x r2 x t
Va = 22/7 x 72 x 12
Va = 22/7 x 49 x 12
Va = 1.848 cm3

Volume kerucut (Vb)
Vb = π x r2 x t x 1/3
Vb = 22/7 x 72 x (18-12) x 1/3
Vb = 22/7 x 49 x 6 x 1/3
Vb = 308 cm3

Volume total (Vt)
Vt = Va + Vb
Vt = 1.848 + 308
Vt = 2.156 cm3
Jadi, volume bangun gabungan tersebut adalah 2.156 cm3.

4. Buatlah soal tentang volume tabung dan kerucut. Tukarkan soal tersebut dengan salah seorang teman. Minta temanmu menyelesaikan soal tersebut.
Seorang anak meletakkan topi ulang tahunnya di atas kaleng susu. Kaleng susu tersebut memiliki diameter 21 cm dan tinggi 20 cm. Sedangkan topi ulang tahun memiliki diameter 14 cm dengan tinggi 25 cm. Hitunglah jumlah kedua volume tersebut.

Lihat juga : Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 156 dan 157

Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 5 Wirausaha halaman 132, 133, 135, 139, 140, 141. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan.

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel