Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 131 dan 132
Oktober 06, 2019
Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 3 Halaman 131 dan 132 – Buku siswa kelas 6 tema 3 edisi revisi 2018 diterbitkan dengan judul Tokoh dan Penemuan dengan subtema 3 berjudul Ayo, Jadi Penemu.
Pada subtema 3 pembelajaran 3 terdiri dari 7 halaman yaitu halaman 127-133 Pembelajaran 3 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :
Di antara subjudul-subjudul tersebut, terdapat soal-soal yang harus teman-teman kerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 131 dan 132. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 3 subtema 3 pembelajaran 3 halaman 131 dan 132 :
Pada halaman 130, disajikan sebuah teks yang harus teman-teman baca.
Rangkaian Lampu di Kelasku
Rangkaian listrik seri dan paralel banyak dipake buat penerangan di berbagai tempat. Rangkaian seri sering banget kita lihat pada hiasan pohon natal, atau hiasan pada pohon-pohon besar di sepanjang jalan raya. Pada dasarnya dalam kehidupan sehari-hari, terutama di rumah, rangkaian listrik yang mengakomodir arus energi buat penerangan adalah merupakan gabungan dari rangkaian listrik seri dan paralel. Rangkaian ini dikenal dengan nama rangkaian listrik campuran. Dengan demikian, kedua jenis rangkaian ini akan saling melengkapi satu sama lainnya.
Seperti halnya lampu di kelasku yang menggunakan rangkaian listrik campuran. Terdapat 3 buah sakelar dengan 4 buah lampu di kelas. Saat sakelar 1 (S1) dinyalakan, maka yang menyala adalah hanya lampu 1 (L1). Saat sakelar 2 (S2) dinyalakan, maka hanya lampu 2 (L2) yang menyala. Saat sakelar 3 (S3) dinyalakan, maka lampu 3 (L3) dan 4 (L4) menyala. Dengan kondisi tersebut, maka rangkaian seri pada lampu di kelas adalah L3 dan L4, sedangkan rangkaian paralel adalah L1, L2, dan L3-L4.
Rangkaian paralel akan sangat membantu sekali penghematan biaya listrik. Karena kita tidak perlu menyalakan semua lampu saat cuaca tidak terlalu gelap. Kita hanya perlu untuk dapat menyalakan lampu sesuai kebutuhan.
Sumber :
Anggari, Angi St. dkk. (2018). Tema 3 Tokoh dan Penemuan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Pada halaman 131 teman-teman diminta mencari kata tidak baku dan kalimat tidak efektif yang terdapat pada teks di atas. Setelah itu, teman-teman juga harus memperbaikinya.
Pada halaman 132 teman-teman diminta menuliskan informasi penting dari teks tadi.
•Paragraf 1: Topik Masalah
•Paragraf 2 : Deret Penjelas
•Paragraf 3 : Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Lihat juga : Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 135, 137, 138, 139, 141
Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 3 Tokoh dan Penemuan halaman 131 dan 132. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan.
Pada subtema 3 pembelajaran 3 terdiri dari 7 halaman yaitu halaman 127-133 Pembelajaran 3 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :
- Ayo Mencoba halaman 127
- Ayo Membaca halaman 130
- Ayo Mengamati halaman 133
- Ayo Renungkan halaman 133
Di antara subjudul-subjudul tersebut, terdapat soal-soal yang harus teman-teman kerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 131 dan 132. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 3 subtema 3 pembelajaran 3 halaman 131 dan 132 :
Ayo Membaca
Pada halaman 130, disajikan sebuah teks yang harus teman-teman baca.
Rangkaian Lampu di Kelasku
Rangkaian listrik seri dan paralel banyak dipake buat penerangan di berbagai tempat. Rangkaian seri sering banget kita lihat pada hiasan pohon natal, atau hiasan pada pohon-pohon besar di sepanjang jalan raya. Pada dasarnya dalam kehidupan sehari-hari, terutama di rumah, rangkaian listrik yang mengakomodir arus energi buat penerangan adalah merupakan gabungan dari rangkaian listrik seri dan paralel. Rangkaian ini dikenal dengan nama rangkaian listrik campuran. Dengan demikian, kedua jenis rangkaian ini akan saling melengkapi satu sama lainnya.
Seperti halnya lampu di kelasku yang menggunakan rangkaian listrik campuran. Terdapat 3 buah sakelar dengan 4 buah lampu di kelas. Saat sakelar 1 (S1) dinyalakan, maka yang menyala adalah hanya lampu 1 (L1). Saat sakelar 2 (S2) dinyalakan, maka hanya lampu 2 (L2) yang menyala. Saat sakelar 3 (S3) dinyalakan, maka lampu 3 (L3) dan 4 (L4) menyala. Dengan kondisi tersebut, maka rangkaian seri pada lampu di kelas adalah L3 dan L4, sedangkan rangkaian paralel adalah L1, L2, dan L3-L4.
Rangkaian paralel akan sangat membantu sekali penghematan biaya listrik. Karena kita tidak perlu menyalakan semua lampu saat cuaca tidak terlalu gelap. Kita hanya perlu untuk dapat menyalakan lampu sesuai kebutuhan.
Sumber :
Anggari, Angi St. dkk. (2018). Tema 3 Tokoh dan Penemuan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Pada halaman 131 teman-teman diminta mencari kata tidak baku dan kalimat tidak efektif yang terdapat pada teks di atas. Setelah itu, teman-teman juga harus memperbaikinya.
Jawaban (Halaman 131)
Pada halaman 132 teman-teman diminta menuliskan informasi penting dari teks tadi.
Jawaban (Halaman 132)
•Paragraf 1: Topik Masalah
Penggunaan rangkaian seri dan paralel saling melengkapi dalam kehidupan manusia.
•Paragraf 2 : Deret Penjelas
- Lampu di kelasku menggunakan rangkaian campuran yang terdiri dari 3 saklar dan 4 lampu.
- Saat sakelar 1 (S1) dinyalakan, maka lampu 1 (L1) menyala. Saat sakelar 2 (S2) dinyalakan, maka lampu 2 (L2) menyala. Saat sakelar 3 (S3) dinyalakan, maka lampu 3 (L3) dan 4 (L4) menyala.
- L3 dan L4 adalah rangkaian seri, sedangkan L1, L2, dan L3-L4 adalah rangkaian paralel.
•Paragraf 3 : Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Rangkaian paralel dapat menghemat listrik karena lampu dapat dinyalakan sesuai kebutuhan.
Lihat juga : Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 135, 137, 138, 139, 141
Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 3 Tokoh dan Penemuan halaman 131 dan 132. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan.