-->

Kw Header



Arti dari Aamiin Allahumma Aamiin serta Penulisannya

Arti aamiin allahumma aamiin – Ketika selesai berdoa, seorang muslim biasanya mengucapkan kata aamiin untuk mengakhiri doa. Tidak hanya dalam agama Islam, kata aamiin juga digunakan oleh umat kristen untuk mengakhiri doa. Kata aamiin juga digunakan ketika mengaminkan doa panjang yang diucapkan oleh seorang pemuka agama. Selain itu ketika pengajian, di sela-sela ceramah sang kyai seringkali mengucapkan aamiin allahumma, kemudian jamaah menjawab aamiin. Namun, apakah Anda mengetahui artinya?

Sebagai orang Islam, kita perlu mengetahui arti dari kata-kata dari bahasa Arab apalagi yang sering digunakan sehari-hari walaupun kata tersebut pendek. Bukankah lucu, jika kita sering menggunakan suatu kata tetapi tidak tahu artinya. Contohnya jika Anda ditanyai oleh seseorang yang berbeda agama tentang suatu kata misalkan arti kata "assalamualaikum", tetapi ternyata artinya tidak tahu. Mungkin kedengarannya sepele, tapi ini menunjukkan seberapa dalam ilmu agama kita, atau kita hanya ikut-ikutan mengucapkannya saja.

Maka dari, pada postingan kali ini saya ingin membantu Anda mengerti arti kata aamiin allahumma aamiin. Secara bahasa, aamiin memiliki arti kabulkanlah. Sedangkan allahumma memiliki arti ya Allah. Jadi, secara sederhana aamiin allahumma aamiin artinya kabulkanlah Ya Allah kabulkanlah.

Tidak heran jika kata-kata tersebut sangat erat kaitannya dengan kegiatan berdoa. Di dalamnya mengandung harapan agar doa yang kita panjatkan dikabulkan oleh Allah karena sesungguhnya Allah Maha Pengabul doa. Sebagaimana firman-Nya pada Surat Al-Baqarah :
Firman tentang Allah Yang Maha Pengabul doa

Perlu diperhatikan juga cara penulisannya yang benar untuk menghindari pembelokan dari artinya sendiri. Terutama kata aamiin, yang mana sering diucapkan dan dituliskan pada komentar di media sosial. Masih banyak orang yang salah menuliskannya seperti amien, amin, aamin, atau amiin. Berikut ini arti dari masing-masing kata tersebut :


  1. Amien, secara bahasa tidak ditemukan dalam bahasa Arab. Jadi, kata ini benar-benar salah.
  2. Amin, artinya aman.
  3. Aamin, artinya meminta perlindungan.
  4. Amiin, artinya jujur.

Selain amien, kata-kata di atas memiliki arti yang baik, namun baik belum tentu benar. Setiap kata harus dipakai sesuai dengan penggunaannya agar tidak salah pemahaman. Jadi, yang benar adalah aamiin dan jangan pernah mengubah kata aamiin dengan yang lainnya. Penulisan aamiin dalam huruf Arab seperti berikut ini :
Arti dari aamiin allahumma aamiin serta keterangannya

Untuk pelafalannya, alif (a) dan min harus dibaca panjang.

Baca Juga : Doa Setelah Adzan Berkumandang yang Disunnahkan

Demikian penjelasan mengenai aamiin allahumma aamiin artinya. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel