-->

Kw Header



Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 114, 115, 116, 119, 120, 121

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Halaman 114, 115, 116, 119, 120, 121 – Buku siswa kelas 5 tema 5 edisi revisi 2017 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema 3 berjudul Keseimbangan Ekosistem.
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 114, 115, 116, 119, 120, 121

Pada subtema 3 pembelajaran 3 terdiri dari 10 halaman yaitu halaman 112-121. Dalam pembelajaran 3 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :

  • Ayo Membaca halaman 113 dan 118
  • Ayo Berlatih halaman 116 dan 121
  • Ayo Renungkan halaman 121


Di antara beberapa subjudul tersebut, terdapat soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 114, 115, 116, 119, 120, 121. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 3 pembelajaran 3 halaman 114-121 :

Ayo Membaca

Pada halaman 113, disajikan sebuah teks tentang pengaruh letak geografis Indonesia terhadap kehidupan sosial budaya masyarakat.

Pengaruh Letak Geografis Indonesia terhadap Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat

Secara geografis, Indonesia diapit dua samudra dan juga dua benua. Di sebelah barat laut, Indonesia berbatasan dengan Benua Asia. Di sebelah tenggara, Indonesia berbatasan dengan Benua Australia. Di sebelah barat daya, wilayah Indonesia berbatasan dengan Samudra Hindia dan di sebelah timur laut berbatasan dengan Samudra Pasifik. Batas-batas geografis ini memberi sejumlah pengaruh bagi Indonesia sebagai sebuah negara dengan kebudayaan yang beragam. Perhatikanlah gambar di bawah ini.

Pengaruh Letak Geografis Indonesia  terhadap Kehidupan Sosial Budaya  Masyarakat kelas 5 halaman 113
Letak yang sangat strategis ini memberikan pengaruh sosial budaya yang besar terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang terbuka untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan bangsa lain yang ada di sekitarnya. Bangsa Indonesia menyadari pentingnya bekerja sama, saling membantu dan peduli terhadap kehidupan masyarakat negara sekitarnya. Bangsa Indonesia juga menyadari bahwa negara-negara yang berada di sekitarnya akan menjadi kekuatan tersendiri yang dapat mendukung perkembangan dan pertumbuhan bangsa Indonesia sebagai sebuah negara.

Wilayah Indonesia terdiri atas ribuan pulau yang dipisahkan oleh selat dan laut merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Kondisi tersebut melahirkan keanekaragaman bahasa, suku, agama, dan kebudayaan daerah. Kebudayaan daerah merupakan kebudayaan yang tumbuh dan berkembang di daerah-daerah di seluruh wilayah Indonesia dan mempunyai ciri khas daerah tersebut. Kebudayaan daerah merupakan akar dari kebudayaan nasional. Keragaman tersebut menjadi kekhasan dan daya tarik tersendiri bagi pihak-pihak luar serta memperkaya kebudayaan nasional. Berbagai bentuk budaya seperti kesenian daerah, pakaian tradisional, rumah adat, dan makanan khas menjadi bukti adanya keragaman budaya Indonesia. Keanekaragaman ini menjadi keunikan yang mengundang bangsa lain untuk berkunjung dan mempelajari budaya Indonesia.
Sumber bacaan: BSE IPS Kelas 7, 2010 dengan penyesuaian

Pada halaman 114, teman-teman diminta menuliskan pokok pikiran dan informasi penting dari setiap paragraf, serta kesimpulan dari bacaan di atas.

Jawaban (Halaman 114-115)
Peta pikiran dan informasi penting kelas 5 halaman 114


Kesimpulan
Letak geografis Indonesia sangat strategis karena diapit dua samudra dan benua. Hal ini membuat Indonesia menjadi negara terbuka untuk bekerja sama dengan negara-negara di sekitarnya untuk mendukung perkembangan bangsa Indonesia. Selain itu, wilayah Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau membuat Indonesia memiliki keanekaragaman seperti budaya.

Pada halaman 115 sampai 116, teman-teman diminta menjawab soal-soal yang disajikan.

Jawaban (Halaman 115-116)

1. Bagaimana bangsa Indonesia memandang keberadaan negara-negara lain di sekitar?
Negara-negara di sekitar Indonesia memiliki kekuatan tersendiri yang dapat mendukung perkembangan dan pertumbuhan bangsa Indonesia sebagai sebuah negara.

2. Apa sajakah pengaruh letak geografis Indonesia terhadap kehidupan sosial masyarakat?
Bangsa Indonesia menjadi terbuka dan menyadari pentingnya bekerja sama, saling membantu dan peduli terhadap kehidupan masyarakat negara sekitarnya.

3. Bagaimana pengaruh letak geografis Indonesia terhadap kehidupan budaya masyarakat?
Kehidupan budaya masyarakat diwarnai dengan keanekaragaman budaya daerah yang memiliki ciri khas masing-masing.

4. Apakah yang dimaksud dengan kebudayaan daerah?
Kebudayaan daerah merupakan kebudayaan yang tumbuh dan berkembang di daerah-daerah di seluruh wilayah Indonesia dan mempunyai ciri khas daerah tersebut.

5. Tuliskan beberapa bentuk budaya daerah Indonesia!
Kesenian daerah, pakaian tradisional, rumah adat, dan makanan khas.

6. Tuliskan beberapa bentuk budaya daerahmu!
Jawaban menyesuaikan bentuk budaya di daerah teman-teman.

Ayo Membaca

Pada halaman 118, teman-teman diminta membaca sebuah teks tentang masyarakat Bali yang bersatu.

Masyarakat Bali yang Bersatu

Pecalang di Bali
Banyak bangsa mengagumi ke-hidupan masyarakat Indonesia yang sangat beragam, tetapi dapat hidup berdampingan dengan damai. Banyaknya pulau mencerminkan juga banyaknya kehidupan sosial dan budaya yang ada. Setiap suku yang yang hidup di suatu daerah mempunyai kehidupan sosial dan budaya yang khas dan unik. Belum lagi banyaknya bahasa yang digunakan oleh masyarakat tersebut. Akan tetapi ternyata, perbedaan itu justru menjadi kekuatan dan kekayaan bangsa Indonesia. Perbedaan tersebut justru mempererat masyarakat untuk tetap berada dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sejarah telah menunjukkan betapa terbukanya masyarakat Indonesia terhadap masyarakat lain yang berbeda. Salah satu masyarakat yang terbuka adalah masyarakat Bali. Pada sekitar abad ke-16, Bali diperintah oleh Raja Dalem Waturenggong (1480 – 1550). Saat itu Raja bersama dengan rombongan mengadakan kunjungan ke Kerajaan Majapahit di Jawa Timur. Sekembalinya dari kunjungan tersebut, Raja diantar oleh sekitar 40 prajurit Kerajaan Majapahit yang beragama Islam, hingga sampai kembali di Pulau Bali. Ketika kepemimpinan Raja Dalem Waturenggong, semua prajurit yang beragama Islam tersebut diizinkan tinggal dan menetap di Bali yang penduduknya beragama Hindu. Sejak saat itulah, terbentuk komunitas Islam di Bali. Mereka pun mendirikan sebuah masjid yang dipercaya sebagai masjid pertama di Bali. Masjid itu diberi nama Masjid Gelgel.
Tugas dan kewajiban pecalang di Bali

Hingga kini, masyarakat Bali dapat hidup rukun dan damai dengan masyarakat lain yang berbeda kehidupan sosial dan budayanya. Pada setiap perayaan adat dan keagamaan di Bali, masyarakat yang tidak beragama Hindu ikut menjaga agar perayaan dapat berlangsung aman dan damai. Demikian halnya ketika umat Islam atau Kristen menjalankan ibadahnya seperti, sholat Jumat atau tarawih dan kebaktian Minggu, masyarakat Hindu di Bali ikut menjaga tempat-tempat ibadah, seperti masjid dan gereja.
Sumber: www.antarabali.com dengan penyesuaian

Kemudian pada halaman 119 sampai 120, teman-teman diminta mengerjakan soal-soal yang disajikan berdasarkan teks di atas.

Jawaban (Halaman 119-120)

1. Pada gambar di atas, polisi adat Bali yang dinamakan pecalang ikut membantu masyarakat Muslim untuk menjalankan sholat tarawih di salah satu masjid di Bali. Masyarakat Muslim di Bali kebanyakan adalah masyarakat pendatang yang berasal dari daerah di luar Bali. Misal dari Jawa, Makasar, atau Sumbawa, yang memiliki kehidupan sosial dan budaya yang berbeda.

a. Menurutmu, mengapa para pecalang itu mau menjaga keamanan umat Islam?
Karena pecalang memiliki kewajiban menjaga keamanan tanpa memandang agama seseorang.

b. Apakah manfaat yang mereka dapatkan dengan membantu masyarakat Muslim manjalankan ibadah agamanya?
Menciptakan suasana damai, mempererat tali silaturahmi antarumat beragama, dan mereka mendapat rasa terima kasih dari masyarakat Muslim.

c. Apakah manfaat yang diperoleh masyarakat Muslim di Bali dengan adanya pecalang tersebut?
Masyarakat Muslim dapat menjalankan ibadah dengan tenang, aman, dan lancar.

d. Catatlah hasil diskusimu dalam bentuk peta pikiran.
peta pikiran kelas 5 halaman 120

Ayo Berlatih

Pada halaman 121, teman-teman diminta mengerjakan soal-soal latihan yang disajikan.

Jawaban (Halaman 121)

1. Apa saja manfaat yang diperoleh bangsa Indonesia dengan letak geografis yang strategis sehubungan dengan kehidupan sosial masyarakat?
Bangsa Indonesia menjadi terbuka dan menyadari pentingnya bekerja sama, saling membantu dan peduli terhadap kehidupan masyarakat negara sekitarnya.

2. Apa saja manfaat yang diperoleh bangsa Indonesia dengan letak geografis yang strategis sehubungan dengan kehidupan budaya masyarakatnya?
Kehidupan budaya masyarakat diwarnai dengan keanekaragaman budaya daerah yang memiliki ciri khas masing-masing.

3. Jelaskan manfaat persatuan dan kesatuan masyarakat di tempat tinggalmu!
Lingkungan selalu dalam kondisi damai, kegiatan-kegiatan masyarakat terselenggara dengan lancar karena dipersiapkan secara gotong royong, dan tercipta sikap saling tenggang rasa yang mana ketika salah satu susah, semua juga susah sehingga saling membantu.

lingkungan rumahmu.Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 5 Ekosistem halaman 114, 115, 116, 119, 120, 121. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 114, 115, 116, 119, 120, 121"

Posting Komentar

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel