-->

Kw Header



Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 108, 109, 110, 111

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Halaman 108, 109, 110, 111 – Buku siswa kelas 5 tema 5 edisi revisi 2017 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema 3 berjudul Keseimbangan Ekosistem.
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 108, 109, 110, 111

Pada subtema 3 pembelajaran 2 terdiri dari 6 halaman yaitu halaman 106-111. Dalam pembelajaran 2 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :

  • Ayo Mencoba halaman 106
  • Ayo Membaca halaman 107 dan 110
  • Ayo Berlatih halaman 108 dan 111
  • Ayo Mengamati halaman 108 dan 110
  • Ayo Menulis halaman 109
  • Ayo Renungkan halaman 111


Di antara beberapa subjudul tersebut, terdapat soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 108, 109, 110, 111. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 3 pembelajaran 2 halaman 108-111 :

Ayo Membaca

Pada halaman 107, disajikan sebuah teks tentang perubahan rantai makanan dan jaring-jaring makanan.

Perubahan dalam Jaring-Jaring Makanan

Alam senantiasa berubah. Setiap makhluk hidup di alam juga akan berubah. Perubahan pada satu bagian dari sebuah jaring-jaring makanan akan mengubah bagian yang lain. Pada musim hujan, ketika tumbuhan tumbuh subur, tanaman padi pun tumbuh subur. Meningkatnya jumlah tanaman padi pada ekosistem sawah akan meningkatkan jumlah hewan atau konsumen yang memakan padi, misalnya tikus sawah. Peningkatan jumlah tikus sawah, akan meningkatkan jumlah salah satu hewan pemangsanya, yaitu ular sawah. Ular sawah adalah mangsa dari hewan yang lain, misal burung elang. Oleh karena itu, jumlah populasi burung elang pada ekosistem sawah tersebut akan meningkat dan demikian seterusnya.

Rantai makanan sebagai bagian jaring-jaring makanan pada sebuah ekosistem tidak akan terputus selama semua bagian dari rantai tersebut tetap berperan. Rantai makanan di sawah akan terus terbentuk selama makhluk hidup penyusunnya ada. Jika salah satu dari penyusun rantai makanan tersebut tidak ada, karena berbagai faktor, penyusun rantai makanan lain akan terganggu. Jika tidak ada padi, tikus sawah akan kelaparan, ular sawah pun demikian, sehingga burung elang pun kesulitan mendapatkan makanan. Rantai makanan itu akan terganggu dan merugikan apabila ular sawah yang seharusnya memangsa tikus sawah ternyata memangsa hewan lain, misal anak ayam yang dipelihara manusia.

Jika salah satu rantai makanan terganggu, jaring-jaring makanan pun akan terganggu. Perubahan-perubahan yang bersifat alami dan menjadi bagian dari daur kehidupan di dalam ekosistem, tidak akan memberikan gangguan yang berarti. Hal itu disebabkan perubahan-perubahan tersebut berlangsung lambat. Perubahan yang tiba-tiba, bahkan yang memberikan dampak kerusakan cukup besar, akan mengganggu jaring-jaring makanan. Bencana alam, pencemaran lingkungan, kebakaran, atau bahkan pemanasan global, biasanya akan mengakibatkan terganggunya jaring-jaring makanan. Di antara perubahan-perubahan tersebut, pencemaran lingkungan dan pemanasan global memberikan dampak yang besar terhadap perubahan pada jaring-jaring makanan.
(Sumber: Scott Foresman. Science. 2009; IPA. Choirulamin. 2010)

Ayo Berlatih

Pada halaman 108, teman-teman diminta membuat beberapa pertanyaan berdasarkan pokok pikiran yang ada pada setiap paragraf dari bacaan tersebut. Usahakanlah untuk membuat dua atau lebih pertanyaan dari setiap paragraf dengan menggunakan kata tanya yang berbeda. Catatlah pertanyaanmu di dalam tabel seperti contoh berikut ini. Berikan ruang untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Jawaban (Halaman 108)
Membuat pertanyaan tema 5 kelas 5 halaman 108


Ayo Menulis

Pada halaman 109, teman-teman diminta menuliskan pengalaman pada sebuah tulisan yang terdiri atas tiga paragraf. Paragraf pertama tentang perubahan yang mungkin terjadi. Paragraf kedua menjelaskan akibat perubahan terhadap makhluk hidup yang ada pada jaring-jaring makanan. Paragraf ketiga menjelaskan kesimpulan dari perubahan tersebut terhadap keberlangsungan jaring-jaring makanan.

Jawaban (Halaman 109)

Seiring perkembangan zaman, kebutuhan masyarakat semakin meningkat di berbagai bidang. Hal ini membuat beberapa pihak melakukan usaha apapun untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Namun disadari atau tidak, usaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut terkadang menimbulkan perubahan ekosistem baik bagi komponen biotik dan abiotiknya.

Dampak kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan sangat luar biasa terhadap keberlangsungan hidup makhluk hidup yaitu tumbuhan dan hewan. Dampaknya bisa bersifat langsung dan tidak langsung karena setiap makhluk hidup yang ada di suatu ekosistem saling bergantung. Ketika satu satu komponen mengalami penurunan/penambahan jumlah secara signifikan, maka ia juga akan mempengaruhi jumlah komponen makhluk hidup yang lain.

Karena perubahan ekosistem berdampak terhadap makhluk hidup, maka jaring-jaring makanan yang menunjukkan hubungan kebergantungan antarmakhluk hidup juga akan mengalami perubahan. Jaring-jaring makanan pada suatu ekosistem akan kacau. Kekacauan tersebut berpotensi mengganggu jaring-jaring makanan yang ada di ekosistem lain bahkan ekosistem manusia. Contohnya monyet, ular, atau bahkan harimau liar yang masuk ke permukiman penduduk merupakan dampak terganggunya jaring-jaring makanan yang seharusnya terus berjalan normal.
(Bagi yang mengkopas teks di atas, dimohon untuk mencantumkan sumbernya)

Ayo Mengamati

Pada halaman 110, teman-teman diminta mengamati properti tari apa saja yang digunakan oleh penari Tari Merak. Buatlah daftar dan cari tahu fungsi setiap properti tari tersebut.

Jawaban (Halaman 110)

  1. Mahkota (Siger), berfungsi sebagai penghias kepala.
  2. Garuda Mungkur, berfungsi sebagai penghias kepala bagian belakang dan membuat penari terlihat seperti burung merak.
  3. Sesuping, berfungsi sebagai penghias telinga penari.
  4. Apok, berfungsi sebagai penghias dada penari.
  5. Baju Atas, berfungsi penutup sekaligus penghias tubuh penari bagian atas karena warnanya seperti bulu merak.
  6. Sayap, berfungsi mempertegas gerakan tangan agar penari seolah-olah memiliki sayap seperti burung merak.
  7. Sabuk, berfungsi untuk mengencangkan kostum penari.
  8. Sampur, berfungsi sebagai penghias pinggul penari.
  9. Kilat Bahu, berfungsi sebagai penghias bahu penari.
  10. Gelang, berfungsi sebagai penghias pergelangan tangan si penari.
  11. Rok, berfungsi sebagai penutup karena umumnya tari Merak ditampilkan oleh perempuan. Rok ini sekaligus penghias tubuh penari bagian bawah.

Ayo Berlatih

Pada halaman 111, disajikan beberapa soal latihan yang harus dikerjakan.

Jawaban (Halaman 111)

1. Sebutkanlah beberapa penyebab terjadinya perubahan dalam ekosistem.
Faktor alam yaitu perubahan musim dan bencana alam serta faktor manusia yaitu kegiatan industri, kegiatan rumah, dan pembukaan lahan hutan yang menimbulkan kerusakan ekosistem.

2. Sebutkanlah kegiatan di sekitar tempat tinggalmu yang dapat mengakibatkan perubahan ekosistem. Jelaskanlah alasanmu!
Kegiatan rumah tangga seperti mencuci dan membakar sampah. Kedua hal ini dapat menyebabkan perubahan ekosistem karena menimbulkan polusi bagi tanah, air, dan udara.

3. Sebutkanlah beberapa penyebab terjadinya perubahan dalam ekosistem. Perubahan manakah yang paling sering terjadi di sekitarmu?
Faktor alam yaitu perubahan musim dan bencana alam serta faktor manusia yaitu kegiatan industri,  kegiatan rumah tangga, dan pembukaan lahan hutan yang menimbulkan kerusakan ekosistem. Dan perubahan yang paling sering terjadi di sekitarku adalah matinya tumbuh-tumbuhan yang hidup di sekitar tempat pembuangan limbah rumah tangga seperti air cucian.

lingkungan rumahmu.Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 5 Ekosistem halaman 108, 109, 110, 111. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 108, 109, 110, 111"

Posting Komentar

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel