Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 91, 92, 94, 95
Oktober 14, 2019
Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 4 Halaman 91, 92, 94, 95 – Buku siswa kelas 6 tema 4 edisi revisi 2018 diterbitkan dengan judul Globalisasi dengan subtema 2 berjudul Globalisasi dan Manfaatnya.
Pada subtema 2 pembelajaran 6 terdiri dari 8 halaman yaitu halaman 89-96. Pembelajaran 6 ini terdiri dari subjudul-subjudul yaitu :
Di antara subjudul-subjudul di atas, terdapat soal-soal yang harus diselesaikan oleh teman-teman. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 91, 92, 94, 95. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 4 subtema 2 pembelajaran 6 halaman 91-95 :
Pada halaman 90, disajikan sebuah percakapan yang harus teman-teman baca.
Edo adalah putra seorang pengusaha ternama di daerahnya. Kedua orang tua Edo memiliki usaha industri makanan ringan. Mereka dikenal sebagai keluarga kaya yang sangat mampu untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang mereka inginkan.
Pada suatu hari, Edo bersama seorang temannya berada di sebuah pusat perbelanjaan.
Sumber :
Anggari, Angi St. dkk. (2018). Tema 4 Globalisasi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kemudian pada halaman 91, teman-teman diminta mengerjakan soal-soal yang disajikan berdasarkan teks tadi.
1. Bagaimana karakter Edo dan Beni?
2. Apa alasan Beni memilih sepatu produk luar negeri?
3. Apakah sikap Beni tersebut benar? Berikan alasannya!
4. Mengapa Edo memilih produk Indonesia?
5. Apakah sikap Edo tersebut benar? Jelaskan tentang dampak dari mencintai produk Indonesia disertai contoh!
6. Apa saranmu terhadap Beni? Jelaskan manfaat dari “Cita Produk-Produk Indonesia” bagi bangsa Indonesia!
Pada halaman 93, terdapat sebuah teks yang harus teman-teman baca.
Hampir semua kegiatan manusia di era globalisasi ini butuhkan energi listrik, mulai dari kegiatan rumah tangga, perkantoran, pertokoan, pabrik/industri, bahkan aktivitas pribadi pun memerlukan tenaga listrik. Tanpa listrik kita gak bisa bayangin gimana jadinya hidup ini. Namun, dibalik manfaatnya, energi listrik ternyata juga memiliki dampak negatif bagi kehidupan di Bumi jika kita menggunakannya secara berlebihan.
Dampak dari pemborosan energi sebenarnya sudah kita rasakan dengan meningkatnya suhu Bumi, atau yang biasa disebut sebagai pemanasan global.
Meningkatnya suhu Bumi antara lain gara-gara gas buangan dari produk elektronik seperti AC dan kulkas, serta gas hasil pembakaran dari kendaraan bermotor. Kondisi tersebut diperparah dengan semakin berkurangnya lahan hijau yang berfungsi sebagai pencuci udara kotor tersebut. Pemanasan global bikin cuaca tidak teratur, musim panas yang panjang banget hingga berakibat kekeringan di mana-mana. Kemudian mencairnya pegunungan es di belahan bumi utara dan selatan yang akan tenggelamkan sebagian besar daratan. Kalo hal ini terus terjadi, maka manusia bakal terancam habitatnya gara-gara pemanasan global.
Buat menghindari pemanasan global, maka salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan sikap hidup hemat listrik. Contoh gampangnya yang bisa kita lakukan adalah:
Pilih peralatan hemat energi, kayak mengganti lampu pijar dengan lampu hemat energi.
Pahami lingkungan sekitar kita. Jika menjadi orang terakhir di ruangan, pastikan kalo udah matiin semua peralatan listrik yang gak dipakai (lampu, kipas angin, tape, tv, dll.) sebelum meninggalkan ruangan.
Dengan melakukan hal tersebut berarti kita telah menyelamatkan bumi kita secara nyata. Kita bisa bayangkan berapa besar energi listrik yang kita hemat dengan melakukan gerakan hemat energi.
Setelah selesai membaca, pada halaman 94 teman-teman diminta menuliskan kata bercetak miring yang merupakan kata todak baku dari teks tersebut. Teman-teman juga diminta menuliskan kata bakunya serta membuat kalimat efektif dari kata baku tersebut.
Sumber :
Anggari, Angi St. dkk. (2018). Tema 4 Globalisasi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Pada halaman 95, teman-teman diminta menuliskan informasi-informasi penting dari setiap paragraf dalam teks tersebut. Jawaban ditulis pada gambar seri yang tersedia.
• Halaman 2 : Pernyataan Umum
Paragraf 1 :
• Halaman 3: Deret Penjelas
Paragraf 2
• Halaman 4: Deret Penjelas
Paragraf 3 :
• Halaman 5 : Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Paragraf 4 :
Lihat juga : Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 99, 100, 102, 103
Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 4 Globalisasi halaman 91, 92, 94, 95. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang diberikan.
Pada subtema 2 pembelajaran 6 terdiri dari 8 halaman yaitu halaman 89-96. Pembelajaran 6 ini terdiri dari subjudul-subjudul yaitu :
- Ayo Mencoba halaman 89
- Ayo Berdiskusi halaman 90
- Ayo Menulis halaman 93
- Ayo Renungkan halaman 96
Di antara subjudul-subjudul di atas, terdapat soal-soal yang harus diselesaikan oleh teman-teman. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 91, 92, 94, 95. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 4 subtema 2 pembelajaran 6 halaman 91-95 :
Ayo Berdiskusi
Pada halaman 90, disajikan sebuah percakapan yang harus teman-teman baca.
Edo adalah putra seorang pengusaha ternama di daerahnya. Kedua orang tua Edo memiliki usaha industri makanan ringan. Mereka dikenal sebagai keluarga kaya yang sangat mampu untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang mereka inginkan.
Pada suatu hari, Edo bersama seorang temannya berada di sebuah pusat perbelanjaan.
Beni | : Edo, kenapa kau pilih sepatu itu? Sepatu yang ini sepertinya lebih baik. Ini bikinan Singapura lho! |
Edo | : Aku pilih ini saja. Sepatu ini bikinan Cibaduyut, kualitasnya tidak kalah dengan sepatu bikinan luar negeri. Sepatu Cibaduyut juga sudah diekspor ke luar negeri. |
Beni | : Oya? Memangnya kau tidak malu memakai produk dalam negeri? |
Edo | : Lho, kenapa harus malu? Justru jika kita membeli produk negeri sendiri, itu artinya kita telah membantu negara kita. Uang kita akan tetap beredar di negeri sendiri, selain itu juga akan membuka lapangan kerja bagi rakyat Indonesia. |
Beni | : Ooh begitu ya… |
Edo | : Iya, Beni, karena itu aku selalu memilih untuk membeli produk Indonesia. |
Beni | : Ya deh, aku juga ingin membantu rakyat Indonesia supaya menjadi lebih sejahtera, aku akan selalu membeli produk-produk Indonesia. |
Sumber :
Anggari, Angi St. dkk. (2018). Tema 4 Globalisasi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kemudian pada halaman 91, teman-teman diminta mengerjakan soal-soal yang disajikan berdasarkan teks tadi.
Jawaban (Halaman 91-92)
1. Bagaimana karakter Edo dan Beni?
Karakter Edo yaitu mencintai produk dalam negeri. Karakter Beni yaitu lebih menyukai produk luar negeri.
2. Apa alasan Beni memilih sepatu produk luar negeri?
Ia menganggap produk luar negeri lebih baik.
3. Apakah sikap Beni tersebut benar? Berikan alasannya!
Kurang tepat, karena dengan memilih produk luar negeri, Beni justru meningkatkan ekonomi negara produsen produk tersebut. Jika banyak orang bersikap seperti Beni, ekonomi Indonesia akan menurun karena uang beredar di luar negeri.
4. Mengapa Edo memilih produk Indonesia?
Karena ia menganggap kualitas produk Indonesia tidak kalah dengan produk luar negeri.
5. Apakah sikap Edo tersebut benar? Jelaskan tentang dampak dari mencintai produk Indonesia disertai contoh!
Benar, karena dengan mencintai produk dalam negeri kita juga turut membantu negara. Uang kita tetap beredar di negeri sendiri dan membuka lapangan pekerjaan bagi rakyat Indonesia.
6. Apa saranmu terhadap Beni? Jelaskan manfaat dari “Cita Produk-Produk Indonesia” bagi bangsa Indonesia!
Beni seharusnya tidak perlu malu menggunakan produk dalam negeri. Mungkin mereknya Indonesia, tetapi kualitasnya dunia. Dengan membeli produk-produk Indonesia, kita turut memajukan ekonomi negara karena usaha di negeri kita bisa berkembang, membuka lapangan pekerjaan bagi rakyat Indonesia, dan peredaran uang terjadi di negeri sendiri.
Ayo Menulis
Pada halaman 93, terdapat sebuah teks yang harus teman-teman baca.
Mengapa Harus Hemat Listrik?
Hampir semua kegiatan manusia di era globalisasi ini butuhkan energi listrik, mulai dari kegiatan rumah tangga, perkantoran, pertokoan, pabrik/industri, bahkan aktivitas pribadi pun memerlukan tenaga listrik. Tanpa listrik kita gak bisa bayangin gimana jadinya hidup ini. Namun, dibalik manfaatnya, energi listrik ternyata juga memiliki dampak negatif bagi kehidupan di Bumi jika kita menggunakannya secara berlebihan.
Dampak dari pemborosan energi sebenarnya sudah kita rasakan dengan meningkatnya suhu Bumi, atau yang biasa disebut sebagai pemanasan global.
Meningkatnya suhu Bumi antara lain gara-gara gas buangan dari produk elektronik seperti AC dan kulkas, serta gas hasil pembakaran dari kendaraan bermotor. Kondisi tersebut diperparah dengan semakin berkurangnya lahan hijau yang berfungsi sebagai pencuci udara kotor tersebut. Pemanasan global bikin cuaca tidak teratur, musim panas yang panjang banget hingga berakibat kekeringan di mana-mana. Kemudian mencairnya pegunungan es di belahan bumi utara dan selatan yang akan tenggelamkan sebagian besar daratan. Kalo hal ini terus terjadi, maka manusia bakal terancam habitatnya gara-gara pemanasan global.
Buat menghindari pemanasan global, maka salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan sikap hidup hemat listrik. Contoh gampangnya yang bisa kita lakukan adalah:
Pilih peralatan hemat energi, kayak mengganti lampu pijar dengan lampu hemat energi.
Pahami lingkungan sekitar kita. Jika menjadi orang terakhir di ruangan, pastikan kalo udah matiin semua peralatan listrik yang gak dipakai (lampu, kipas angin, tape, tv, dll.) sebelum meninggalkan ruangan.
Dengan melakukan hal tersebut berarti kita telah menyelamatkan bumi kita secara nyata. Kita bisa bayangkan berapa besar energi listrik yang kita hemat dengan melakukan gerakan hemat energi.
Setelah selesai membaca, pada halaman 94 teman-teman diminta menuliskan kata bercetak miring yang merupakan kata todak baku dari teks tersebut. Teman-teman juga diminta menuliskan kata bakunya serta membuat kalimat efektif dari kata baku tersebut.
Sumber :
Anggari, Angi St. dkk. (2018). Tema 4 Globalisasi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Jawaban (Halaman 94)
Pada halaman 95, teman-teman diminta menuliskan informasi-informasi penting dari setiap paragraf dalam teks tersebut. Jawaban ditulis pada gambar seri yang tersedia.
Jawaban (Halaman 95)
• Halaman 1 (Judul)• Halaman 2 : Pernyataan Umum
Paragraf 1 :
Hampir semua kegiatan manusia di era globalisasi ini membutuhkan energi listrik.
• Halaman 3: Deret Penjelas
Paragraf 2
- Pemborosan energi membuat suhu bumi meningkat/pemanasan global. Hal ini disebabkan oleh gas buang dari peralatan elektronik, gas buang hasil pembakaran dari kendaraan bermotor, serta berkurangnya lahan hijau.
- Pemanasan global membuat cuaca tidak menentu, musim panas yang panjang menyebabkan kekeringan, mencairnya pegunungan es di kutub bumi yang dapat mengancam keberadaan manusia.
• Halaman 4: Deret Penjelas
Paragraf 3 :
Salah satu cara untuk menghindari pemanasan global yaitu dengan menghemat listrik. Contohnya memilih peralatan hemat listrik dan mematikan semua peralatan listrik sebelum meninggalkan ruangan kosong.
• Halaman 5 : Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Paragraf 4 :
Dengan melakukan hal itu, kita telah menyelamatkan bumi. Sungguh besar energi yang kita hemat dengan melakukan gerakan hemat energi.
Lihat juga : Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 99, 100, 102, 103
Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 4 Globalisasi halaman 91, 92, 94, 95. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang diberikan.