-->

Kw Header



Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 99, 100, 102, 103

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 4 Halaman 99, 100, 102, 103 – Buku siswa kelas 6 tema 4 edisi revisi 2018 diterbitkan dengan judul Globalisasi dengan subtema 3 berjudul Globalisasi dan Cinta Tanah Air.
Kunci jawaban tema 4 kelas 6 halaman 99, 100, 102, 103

Pada subtema 3 pembelajaran 1 terdiri dari 8 halaman yaitu halaman 97-104. Pembelajaran 1 ini terdiri dari subjudul-subjudul yaitu :

  • Ayo Membaca halaman 98
  • Ayo Berdiskusi halaman 100
  • Ayo Mengamati halaman 101
  • Ayo Mencoba halaman 102
  • Ayo Renungkan halaman 104

Di antara subjudul-subjudul di atas, terdapat soal-soal yang harus diselesaikan oleh teman-teman. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 99, 100, 102, 103. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 4 subtema 3 pembelajaran 1 halaman 99-103 :

Ayo Membaca


Pada halaman 98, disajikan sebuah teks yang harus teman-teman baca.

Indonesia Luncurkan Program Akademi Energi Surya Pertama di Asia Tenggara

Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) meluncurkan “Solar Academy” pertama di Asia Tenggara, yaitu institusi pendidikan dan pelatihan tenaga surya. Peluncuran ini ditandai dengan penyelenggaraan seminar “Solar Energy for Our Future” pada Selasa 24 Juli 2012 di Universitas Indonesia. Seminar dihadiri oleh para pakar energi dari Jerman, wakil dari ASEAN, serta pemerintah selaku penentu kebijakan energi nasional. Seminar membahas tentang potensi, perkembangan, serta penggunaan energi terbarukan tenaga surya di Indonesia dan di Asia Tenggara. Indonesia dan negara-negara di Asia Tenggara merupakan negara kaya potensi sumber energi terbarukan, khususnya tenaga surya. Namun potensi pemanfaatan tenaga surya tersebut belum optimal.

Sel surya merupakan lempengan tipis terbuat dari silikon yang dapat mengubah langsung cahaya matahari menjadi energi listrik. Lempengan sel surya tersebut diberi muatan postif dan muatan negatif. Saat cahaya mengenai lempengan tersebut, kemudian akan memicu muatan positif untuk bertemu dengan muatan negatif sehingga terjadilah arus listrik. Saat ini penggunaan sel surya masih terbatas hanya dalam skala kecil seperti pada barang-barang elektronik dan sebagai pembangkit listrik pada daerah-daerah yang masih sulit dijangkau oleh jaringan listrik. Terbatasnya pengguna sel surya dikarenakan biaya untuk membuat lempengan silikon cukup tinggi. Dengan perkembangan teknologi, diharapkan dapat ditemukan cara untuk meningkatkan efisiensi kerja dari sel surya.

Pendirian Akademi Surya ini merupakan wujud nyata kepedulian UI yang diharapkan dapat menjawab permasalahan bangsa Indonesia mengenai krisis energi saat ini. Usaha mencari sumber energi alternatif yang bersih, tidak berpolusi, aman, dan dengan persediaan yang tidak terbatas, sebagai pengganti bahan bakar fosil perlu terus diupayakan, di antaranya adalah energi surya. Di era globalisasi ini, dengan adanya kebutuhan energi yang makin besar, penggunaan sumber energi listrik yang beragam tampaknya tidak bisa dihindari.

Kutipan berita dari: news.detik.com

Pada halaman 99, teman-teman diminta menuliskan informasi penting dari teks tadi. Informasi penting diambil dari setiap paragraf teks.
Kunci jawaban tema 4 kelas 6 halaman 99

Jawaban (Halaman 99)


• Paragraf 1 : Topik Masalah
Peluncuran “Solar Academy” pertama di Asia Tenggara oleh Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI).

• Paragraf 2 : Deret Penjelas
  • Sel surya merupakan lempengan tipis berbahan silikon yang mampu mengubah cahaya matahari menjadi listrik.
  • Lempengan sel surya yang telah diberi muatan positif dan negatif dapat menghasilkan listrik jika terkena cahaya.
  • Karena biaya pembuatan lempengan silikon cukup tinggi, membuat penggunaan sel surya masih kecil seperti pada peralatan elektronik atau sebagai sumber listrik di daerah yang belum dijangkau jaringan listrik.

• Paragraf 3 : Simpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Pendirian Akademi Surya oleh UI diharapkan dapat menjawab masalah krisis energi akibat kebutuhan energi era globalisasi yang semakin besar. Sel surya dapat menjadi energi alternatif pengganti bahan bakar fosil karena bersih, aman, dan tersedia tanpa batas.

Ayo Berdiskusi


Pada halaman 100, teman-teman diminta menuliskan bentuk kerja sama Indonesia dengan negara-negara Asia Tenggara tersebut di era globalisasi ini serta peran Indonesia dalam kerja sama tersebut. Jawaban ditulis pada kotak yang disediakan.

Jawaban (Halaman 100)

Kunci jawaban tema 4 kelas 6 halaman 100

Ayo Mengamati


Pada halaman 101, teman-teman diminta mengamati gambar prinsip kerja panel surya yang ditunjukkan. Kemudian pada halaman 102, teman-teman diminta menuliskan urutan proses kerja panel surya secara tertulis.
Kunci jawaban tema 4 kelas 6 halaman 102

Jawaban (Halaman 102)


Proses panel surya

Ketika panel surya terkena cahaya matahari, muatan positif dan negatif pada lempengan silikon panel surya akan bertemu. Hal ini kemudian menghasilkan energi listrik. Listrik dari panel surya akan mengalir menuju electric control system. Di dalam electric control system terdapat komponen berupa controller, baterai, dan inverter.

Awalnya listrik yang menuju electric control system akan masuk ke controller untuk diatur tegangannya. Controller ini juga berfungsi untuk memutus arus listrik ketika baterai sudah penuh. Setelah dari controller, listrik kemudian disimpan pada baterai.

Ketika digunakan, listrik pada baterai akan mengalir dahulu ke inverter untuk dinaikkan tegangannya menjadi 220 v sehingga dapat digunakan untuk mengoperasikan peralatan elektrik maupun elektronik.

Ayo Mencoba


Pada halaman 102, teman-teman diminta melakukan sebuah percobaan sederhana yaitu membuat sumber ebergi listrik dari umbi-umbian. Pada percobaan ini, teman-teman diminta menggunakan kentang, tetapi umbi-umbian yang lain juga boleh. Di halaman 102 juga telah tersedia alat, bahan,  dan langkah kerja sehingga teman-teman hanya perlu mengikutinya saja.
Cara membuat sumber listrik dari kentang

Setelah selesai melakukan percobaan, teman-teman diminta membuat laporan dari hasil kegiatan tersebut. Format penulisan laporan ditulis seperti kolom yang ditunjukkan pada halaman 103.
Kunci jawaban tema 4 kelas 6 halaman 103

Jawaban (Halaman 103)


Laporan Kegiatan Percobaan Sumber Alternatif Energi Listrik

Nama Percobaan:
Membuat Sumber Energi Listrik Tenaga Kentang

Tujuan Percobaan:

  • Untuk mengetahui sumber energi alternatif
  • Untuk membuktikan bahwa umbi-umbian dapat menghasilkan listrik
  • Melatih kreativitas

Alat dan bahan:
1. Kentang (bisa diganti lemon atau umbi-umbian yang lain)
2. Lampu LED (atau lampu bohlam kecil)
3. Kabel
4. Penjepit buaya
5. Lempengan tembaga
6. Lempengan seng
7. Untuk pengganti tembaga dan seng, dapat digunakan isi dalam baterai yang biasanya berwarna hitam

Langkah kerja:

  1. Potong kabel sepanjang 15 cm sebanyak 5 buah.
  2. Hubungkan setiap kabel dengan penjepit buaya.
  3. Tancapkan lempengan tembaga dan seng ke dalam kentang.
  4. Jepitkan kabel ke lempengan-lempengan tersebut serta ke lampu.
  5. Kemudian lampu akan menyala. Jika tidak menyala, tambahkan kentang lagi.

Simpulan:
Kentang mengandung cairan elektrolit yang dapat menghasilkan energi listrik sehingga lampu dapat menyala.

Lihat juga : Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 107, 108, 109, 110, 111

Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 4 Globalisasi halaman 99, 100, 102, 103. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang diberikan.

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel