Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 46, 47, 48
Oktober 11, 2019
Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 4 Halaman 46, 47, 48 – Buku siswa kelas 6 tema 4 edisi revisi 2018 diterbitkan dengan judul Globalisasi dengan subtema 1 berjudul Globalisasi di Sekitarku.
Pada subtema 1 pembelajaran 6 terdiri dari 8 halaman yaitu halaman 43-50. Pembelajaran 6 ini diuraikan lagi menjadi beberapa subjudul yaitu :
Di antara subjudul-subjudul tersebut, terdapat soal-soal yang harus diselesaikan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 46, 47, 48. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 4 subtema 1 pembelajaran 6 halaman 46-48 :
Pada halaman 45, disajikan sebuah teks yang harus teman-teman baca untuk mengetahui sebab terjadinya mati lampu.
Listrik memiliki peran penting di era globalisasi. Globalisasi terjadi karena perkembangan teknologi di berbagai bidang, yang didukung oleh peran listrik sebagai sumber energi di dalamnya. Kehidupan warga dunia saat ini menjadi sangat dekat dengan listrik. Listrik menjadi bagian kehidupan dalam keseharian yang tidak terpisahkan. Sehingga, saat arus listrik di rumah mendadak terputus, biasa kita sebut sebagai mati lampu, kejadian tersebut menjadi hal yang cukup mengganggu. Faktor apakah yang menyebabkan hal tersebut terjadi?
Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai perusahaan negara yang mengurus bidang kelistrikan sesungguhnya juga tidak menyukai kejadian mati lampu apalagi padam dalam waktu yang cukup lama. Karena hal tersebut akan sangat mengganggu berjalannya proses Pembangkit–Transmisi–Distribusi energi listrik. Faktor-faktor penyebab mati lampu antara lain adalah: Ketidaksiapan pembangkit, gangguan transmisi atau gangguan distribusi. Faktor yang berpengaruh bisa dari luar dan dari dalam. Faktor luar yaitu: gangguan alam seperti petir, pohon, dan hewan yang menyentuh jaringan, atau galian yang menyebabkan kabel tanah rusak. Sedangkan faktor dalam terjadi pada gangguan komponen dan peralatan yang terpasang pada jaringan.
Nah, kita sebagai warga masyarakat pengguna listrik, tentunya dapat membantu untuk mencegah terjadinya faktor luar guna menghindari terjadinya mati lampu. Mari kita bersama-sama ikut menjaga keberadaan listrik di tengah kita.
Sumber :
Anggari, Angi St. dkk. (2018). Tema 4 Globalisasi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Selanjutnya pada halaman 46 teman-teman diminta mengerjakan beberapa soal berdasarkan teks di atas.
1. Apa topik/gagasan utama bacaan di atas?
2. Apa saja penyebab terputusnya aliran listrik dari stasiun pembangkit hingga ke rumah warga?
3. Bagaimana mencegah terjadinya mati lampu?
Pada halaman 47, teman-teman diminta melengkapi gambar berseri. Teman-teman diminta menuliskan informasi penting dari teks tadi. Informasi penting diambil dari setiap paragraf.
• Halaman 1 : (Judul)
• Halaman 2 : Pernyataan Umum
• Halaman 3 : Deret Penjelas
• Halaman 4 : Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Pada halaman 48 disajikan sebuah cerita yang harus teman-teman baca agar bisa mengambil hal positif dari cerita tersebut.
Lani adalah siswa kelas 5 SD Nusantara. Ia dikenal sebagai anak yang pintar dan rajin membaca. Ia juga rajin sekolah dan selalu menyelesaikan tugas sekolah tepat waktu. Nilai-nilai ulangannya selalu berada di atas rata-rata nilai teman-teman di kelas. Selain itu, ia juga sangat ramah, ceria, dan suka membantu teman-teman yang mengalami kesulitan saat mengerjakan tugas sekolah.
Hingga pada suatu hari, Lani sedang memakan bekal sekolahnya di kantin sekolah, Beni datang mendekatinya.
Beni: Lani, kuemu tampak enak, sini aku mau kuemu.
Lani: Ini setengah saja ya, karena aku lapar, tadi pagi aku bangun kesiangan jadi tidak sempat sarapan.
Beni: Sini bagi... pokoknya kau harus berikan kuemu! Lihat tuh baju seragammu sangat kumal, sepatumu juga sobek. Berikan kuemu!!
Lani tertegun mendengar perkataan Beni. Ia baru menyadari, bahwa dirinya memang hanya seorang anak miskin penjaja kue keliling. Ayahnya pekerja serabutan yang tidak menentu penghasilannya. Lani memandangi sepatunya yang tampak mulai menganga, juga seragam sekolahnya yang tidak lagi terlihat warna aslinya.
Sejak hari itu, Lani kemudian menjadi anak yang pemurung, ia tampak selalu sedih dan tidak lagi bersemangat untuk pergi ke sekolah.
Sumber :
Anggari, Angi St. dkk. (2018). Tema 4 Globalisasi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kemudian teman-teman diminta mengerjakan pertanyaan-pertanyaan yang terdapat di bawah teks cerita tersebut.
1. Bagaimana karakter tokoh Lani dan Beni?
2. Bagaimana sikap Beni kepada Lani? Apa yang seharusnya Beni lakukan? Jelaskan dan berikan alasan!
3. Bagaimana sikap Lani setelah Beni menghinanya? Apa yang sebaiknya Lani lakukan? Jelaskan dan berikan alasan!
Lihat juga : Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 52, 53, 54, 56, 57
Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 4 Globalisasi halaman 46, 47, 48. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang diberikan.
Pada subtema 1 pembelajaran 6 terdiri dari 8 halaman yaitu halaman 43-50. Pembelajaran 6 ini diuraikan lagi menjadi beberapa subjudul yaitu :
- Ayo Mencoba halaman 43
- Ayo Membaca halaman 45
- Ayo Menulis halaman 46
- Ayo Berdiskusi halaman 48
- Ayo Renungkan halaman 50
Di antara subjudul-subjudul tersebut, terdapat soal-soal yang harus diselesaikan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 46, 47, 48. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 4 subtema 1 pembelajaran 6 halaman 46-48 :
Ayo Membaca
Pada halaman 45, disajikan sebuah teks yang harus teman-teman baca untuk mengetahui sebab terjadinya mati lampu.
Mengapa Mati Lampu?
Listrik memiliki peran penting di era globalisasi. Globalisasi terjadi karena perkembangan teknologi di berbagai bidang, yang didukung oleh peran listrik sebagai sumber energi di dalamnya. Kehidupan warga dunia saat ini menjadi sangat dekat dengan listrik. Listrik menjadi bagian kehidupan dalam keseharian yang tidak terpisahkan. Sehingga, saat arus listrik di rumah mendadak terputus, biasa kita sebut sebagai mati lampu, kejadian tersebut menjadi hal yang cukup mengganggu. Faktor apakah yang menyebabkan hal tersebut terjadi?
Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai perusahaan negara yang mengurus bidang kelistrikan sesungguhnya juga tidak menyukai kejadian mati lampu apalagi padam dalam waktu yang cukup lama. Karena hal tersebut akan sangat mengganggu berjalannya proses Pembangkit–Transmisi–Distribusi energi listrik. Faktor-faktor penyebab mati lampu antara lain adalah: Ketidaksiapan pembangkit, gangguan transmisi atau gangguan distribusi. Faktor yang berpengaruh bisa dari luar dan dari dalam. Faktor luar yaitu: gangguan alam seperti petir, pohon, dan hewan yang menyentuh jaringan, atau galian yang menyebabkan kabel tanah rusak. Sedangkan faktor dalam terjadi pada gangguan komponen dan peralatan yang terpasang pada jaringan.
Nah, kita sebagai warga masyarakat pengguna listrik, tentunya dapat membantu untuk mencegah terjadinya faktor luar guna menghindari terjadinya mati lampu. Mari kita bersama-sama ikut menjaga keberadaan listrik di tengah kita.
Sumber :
Anggari, Angi St. dkk. (2018). Tema 4 Globalisasi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Selanjutnya pada halaman 46 teman-teman diminta mengerjakan beberapa soal berdasarkan teks di atas.
Jawaban (Halaman 45)
1. Apa topik/gagasan utama bacaan di atas?
Faktor penyebab mati lampu.
2. Apa saja penyebab terputusnya aliran listrik dari stasiun pembangkit hingga ke rumah warga?
Faktor dari luar seperti gangguan alam, pohon, dan hewan. Serta faktor dalam seperti gangguan komponen dan peralatan yang terpasang pada jaringan.
3. Bagaimana mencegah terjadinya mati lampu?
Masyarakat hendaknya mencegah faktor luar terjadi, seperti :
• Memotong sendiri atau melapor ke PLN jika menemukan pohon yang berisiko mengganggu jaringan listrik
• Tidak menyadap (mencuri) jaringan listrik
• Tidak merusak jaringan listrik dengan sengaja
• Melarang anak bermain layang-layang di dekat jaringan listrik.
Ayo Menulis
Pada halaman 47, teman-teman diminta melengkapi gambar berseri. Teman-teman diminta menuliskan informasi penting dari teks tadi. Informasi penting diambil dari setiap paragraf.
Jawaban (Halaman 47)
• Halaman 1 : (Judul)
• Halaman 2 : Pernyataan Umum
Listrik memiliki peran penting di era globalisasi.
• Halaman 3 : Deret Penjelas
-PLN tidak menyukai mati lampu karena dapat mengganggu proses Pembangkit-Transmisi-Distribusi listrik.
-Faktor penyebab mati lampu yaitu ketidaksiapan pembangkit, gangguan transmisi, atau gangguan distribusi. Faktornya bisa dari luar yaitu gangguan alam seperti petir, pohon, dan hewan. Serta faktor dalam seperti gangguan komponen dan peralatan pada jaringan.
• Halaman 4 : Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Listrik berperan penting dalam kehidupan warga dunia saat ini. Sebagai pengguna listrik, kita hendaknya membantu mencegah faktor luar agar tidak terjadi mati lampu.
Ayo Berdiskusi
Pada halaman 48 disajikan sebuah cerita yang harus teman-teman baca agar bisa mengambil hal positif dari cerita tersebut.
Lani adalah siswa kelas 5 SD Nusantara. Ia dikenal sebagai anak yang pintar dan rajin membaca. Ia juga rajin sekolah dan selalu menyelesaikan tugas sekolah tepat waktu. Nilai-nilai ulangannya selalu berada di atas rata-rata nilai teman-teman di kelas. Selain itu, ia juga sangat ramah, ceria, dan suka membantu teman-teman yang mengalami kesulitan saat mengerjakan tugas sekolah.
Hingga pada suatu hari, Lani sedang memakan bekal sekolahnya di kantin sekolah, Beni datang mendekatinya.
Beni: Lani, kuemu tampak enak, sini aku mau kuemu.
Lani: Ini setengah saja ya, karena aku lapar, tadi pagi aku bangun kesiangan jadi tidak sempat sarapan.
Beni: Sini bagi... pokoknya kau harus berikan kuemu! Lihat tuh baju seragammu sangat kumal, sepatumu juga sobek. Berikan kuemu!!
Lani tertegun mendengar perkataan Beni. Ia baru menyadari, bahwa dirinya memang hanya seorang anak miskin penjaja kue keliling. Ayahnya pekerja serabutan yang tidak menentu penghasilannya. Lani memandangi sepatunya yang tampak mulai menganga, juga seragam sekolahnya yang tidak lagi terlihat warna aslinya.
Sejak hari itu, Lani kemudian menjadi anak yang pemurung, ia tampak selalu sedih dan tidak lagi bersemangat untuk pergi ke sekolah.
Sumber :
Anggari, Angi St. dkk. (2018). Tema 4 Globalisasi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kemudian teman-teman diminta mengerjakan pertanyaan-pertanyaan yang terdapat di bawah teks cerita tersebut.
Jawaban (Halaman 48)
1. Bagaimana karakter tokoh Lani dan Beni?
Karakter Lani yaitu ramah, ceria, dan suka membantu teman. Karakter Beni yaitu suka meremehkan orang lain.
2. Bagaimana sikap Beni kepada Lani? Apa yang seharusnya Beni lakukan? Jelaskan dan berikan alasan!
Beni begitu merendahkan Lani. Beni seharusnya menghargai kekurangan Lani atau bahkan membantunya dengan membelikan Lani sepatu dan seragam baru. Seharusnya Beni paham bahwa Lani anak yang baik hati dan suka membantu teman.
3. Bagaimana sikap Lani setelah Beni menghinanya? Apa yang sebaiknya Lani lakukan? Jelaskan dan berikan alasan!
Lani menjadi anak pemurung yang selalu bersedih dan tidak semangat bersekolah lagi. Lani seharusnya tidak memperdulikan sikap Beni kepadanya karena sesungguhnya Tuhan tidak hanya memberikan manusia kekurangan, tetapi kelebihan yang tidak semua orang memilikinya.
Lihat juga : Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 52, 53, 54, 56, 57
Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 4 Globalisasi halaman 46, 47, 48. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang diberikan.