Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 30, 31, 32, 33
Oktober 10, 2019
Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 4 Halaman 30, 31, 32, 33 – Buku siswa kelas 6 tema 4 edisi revisi 2018 diterbitkan dengan judul Globalisasi dengan subtema 1 berjudul Globalisasi di Sekitarku.
Pada subtema 1 pembelajaran 4 terdiri dari 8 halaman yaitu halaman 29-36. Pembelajaran 4 ini diuraikan lagi menjadi beberapa subjudul yaitu :
Di antara subjudul-subjudul di atas, terdapat soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 30, 31, 32, 33. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 4 subtema 1 pembelajaran 4 halaman 30-33 :
Pada halaman 29, disajikan sebuah teks tentang globalisasi yang harus teman-teman baca agar le bih memahami globalisasi.
Globalisasi. Sebuah kata yang sering kita dengar dalam berbagai topik percakapan. Sebuah kata yang sering kita baca di surat kabar atau majalah. Apa arti globalisasi?
Globalisasi dapat dimaknai sebagai sebuah proses ‘mendunia’. Seluruh bangsa dan negara di muka bumi ini semakin terhubung satu dengan yang lain. Seakan tidak terpisah lagi oleh batas wilayahnya. Era globalisasi ini seakan “Dunia tanpa Batas”.
Kita dapat dengan mudah menemukan berbagai produk dari Jepang, Korea, Cina, Amerika, Jerman, dan berbagai negara lainnya. Begitu pun produk Indonesia juga bisa ditemukan di banyak negara.
Kita juga dengan mudah menyaksikan siaran langsung dari berbagai belahan dunia melalui tayangan televisi.
Kita pun merasakan betapa mudahnya berkomunikasi dengan sahabat dan keluarga. Kita bisa menelpon atau mengirim email kepada teman-teman kita yang jauh. Kita merasakan seolah-olah tidak ada lagi batasan satu tempat dengan tempat lain di era globalisasi ini.
Sumber :
Anggari, Angi St. dkk. (2018). Tema 4 Globalisasi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kemudian pada halaman 30 disajikan soal-soal yang harus teman-teman kerjakan.
1. Apa yang dimaksud dengan ungkapan ‘Dunia tanpa Batas” pada bacaan di atas? Jelaskan.
2. Apa yang dimaksud dengan globalisasi? Berikan contoh dalam kehidupanmu sehari-hari?
3. Apa pengaruh globalisasi yang kamu rasakan saat ini?
4. Gambarkan secara visual bahwa globalisasi membuat dunia tanpa batas.
Pada halaman 31, teman-teman diminta menceritakan keberagaman ekonomi yang ada di sekitar.
Pada halaman 32 teman-teman diminta berdiskusi untuk menjawab soal-soal yang disajikan.
Mengapa ekonomi setiap orang beragam?
Apa saja yang memengaruhi keberagaman tersebut?
Sikap apa yang harus kita kembangkan melihat keberagaman ini?
Pada halaman 33, teman-teman diminta menceritakan kondisi ekonomi keluarga serta rencana yang dilakukan untuk menghadapi era globalisasi. Cerita berikut ini hanyalah contoh.
Lihat juga : Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 39, 40, 41, 42
Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 4 Globalisasi halaman 30, 31, 32, 33. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang diberikan.
Pada subtema 1 pembelajaran 4 terdiri dari 8 halaman yaitu halaman 29-36. Pembelajaran 4 ini diuraikan lagi menjadi beberapa subjudul yaitu :
- Ayo Mencoba halaman 29
- Ayo Berdiskusi halaman 31
- Ayo Mencoba halaman 33
- Ayo Renungkan halaman 36
Di antara subjudul-subjudul di atas, terdapat soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 30, 31, 32, 33. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 4 subtema 1 pembelajaran 4 halaman 30-33 :
Ayo Membaca
Pada halaman 29, disajikan sebuah teks tentang globalisasi yang harus teman-teman baca agar le bih memahami globalisasi.
Globalisasi: Dunia tanpa Batas
Globalisasi. Sebuah kata yang sering kita dengar dalam berbagai topik percakapan. Sebuah kata yang sering kita baca di surat kabar atau majalah. Apa arti globalisasi?
Globalisasi dapat dimaknai sebagai sebuah proses ‘mendunia’. Seluruh bangsa dan negara di muka bumi ini semakin terhubung satu dengan yang lain. Seakan tidak terpisah lagi oleh batas wilayahnya. Era globalisasi ini seakan “Dunia tanpa Batas”.
Kita dapat dengan mudah menemukan berbagai produk dari Jepang, Korea, Cina, Amerika, Jerman, dan berbagai negara lainnya. Begitu pun produk Indonesia juga bisa ditemukan di banyak negara.
Kita juga dengan mudah menyaksikan siaran langsung dari berbagai belahan dunia melalui tayangan televisi.
Kita pun merasakan betapa mudahnya berkomunikasi dengan sahabat dan keluarga. Kita bisa menelpon atau mengirim email kepada teman-teman kita yang jauh. Kita merasakan seolah-olah tidak ada lagi batasan satu tempat dengan tempat lain di era globalisasi ini.
Sumber :
Anggari, Angi St. dkk. (2018). Tema 4 Globalisasi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kemudian pada halaman 30 disajikan soal-soal yang harus teman-teman kerjakan.
Jawaban (Halaman 30)
1. Apa yang dimaksud dengan ungkapan ‘Dunia tanpa Batas” pada bacaan di atas? Jelaskan.
Seluruh negara bisa saling terhubung yang seakan-akan tidak terbatas oleh batas wilayah.
2. Apa yang dimaksud dengan globalisasi? Berikan contoh dalam kehidupanmu sehari-hari?
Globalisasi adalah proses mendunia yang membuat setiap individu atau negara bisa saling terhubung tanpa terpengaruh oleh batas negara. Contohnya adanya barang impor seperti handphone dan motor, kita bisa mengobrol dengan orang lain yang berbeda daerah, menemui makanan dari negara lain, dan mengetahui berita yang terjadi di luar negeri.
3. Apa pengaruh globalisasi yang kamu rasakan saat ini?
Saya bisa memakai barang dari negara lain, berbicara dengan seseorang tanpa tatap muka, bisa mengonsumsi makanan dari negara lain, menonton film buatan luar negeri, dan lainnya.
4. Gambarkan secara visual bahwa globalisasi membuat dunia tanpa batas.
Ayo Berdiskusi
Pada halaman 31, teman-teman diminta menceritakan keberagaman ekonomi yang ada di sekitar.
Jawaban (Halaman 31)
Di lingkungan RT saya terdapat sekitar 30 kepala keluarga. Setiap keluarga memiliki tingkat ekonomi yang berbeda-beda. Contohnya tetangga saya yaitu Pak Edi, keluarga Pak Edi bisa dibilang memiliki tingkat ekonomi yang tinggi. Hal tersebut ditunjukkan oleh adanya mobil di garasinya.
Tetangga saya yang lain adalah Pak Suroto. Keluarga Pak Suroto memiliki ekonomi tingkat sedang. Hal ini ditunjukkan dari kendaraan sepeda motor yang dimiliki keluarga Pak Suroto. Berbeda dengan Pak Edi dan Pak Suroto, keluarga Pak Wira merupakan keluarga kurang mampu. Hal ini tampak dari kondisi rumah Pak Wira yang masih sangat sederhana dan hanya memiliki 2 sepeda.
Pada halaman 32 teman-teman diminta berdiskusi untuk menjawab soal-soal yang disajikan.
Jawaban (Halaman 32)
Mengapa ekonomi setiap orang beragam?
Karena setiap orang memiliki penghasilan yang berbeda.
Apa saja yang memengaruhi keberagaman tersebut?
Ketrampilan seseorang, peluang, pekerjaan seseorang, penghasilan, dan tingkat persaingan.
Sikap apa yang harus kita kembangkan melihat keberagaman ini?
Kita hendaknya menghargai dan menghormati setiap orang tanpa memandang status ekonominya. Alangkah baiknya jika kita membantu orang-orang yang membutuhkan.
Pada halaman 33, teman-teman diminta menceritakan kondisi ekonomi keluarga serta rencana yang dilakukan untuk menghadapi era globalisasi. Cerita berikut ini hanyalah contoh.
Jawaban (Halaman 33)
Ekonomi keluarga saya terbilang memiliki ekonomi tingkat sedang. Hal ini ditunjukkan dari rumah saya yang tidak terlalu besar namun layak dijadikan tempat tinggal. Ayah saya bekerja sebagai teknisi di salah satu perusahaan, ibu saya bekerja sebagai penjual minuman di depan rumah, sedangkan kakak saya bekerja sebagai pelayan toko. Sedangkan saya masih sekolah, tetapi saya rajin menabung walau hanya 500 rupiah.
Untuk kebutuhan sehari-hari, keluarga saya alhamdulillah tidak pernah kekurangan. Biasanya pengeluaran ditujukan untuk kebutuhan makan, kebutuhan sekolah saya, kebutuhan transportasi, dan lainnya. Rencana saya saat ini adalah belajar dengan giat untuk mendapat pendidikan. Dengan pendidikan, saya berharap saya menjadi manusia berdaya saing tinggi demi meraih kesuksesan.
Lihat juga : Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 39, 40, 41, 42
Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 4 Globalisasi halaman 30, 31, 32, 33. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang diberikan.