-->

Kw Header



Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 12, 13, 16, 19, 20

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 4 Halaman 12, 13, 16, 19, 20 – Buku siswa kelas 6 tema 4 edisi revisi 2018 diterbitkan dengan judul Globalisasi dengan subtema 1 berjudul Globalisasi di Sekitarku.
Kunci jawaban tema 4 kelas 6 halaman 12, 13, 16, 19, 20

Pada subtema 1 pembelajaran 2 terdiri dari 12 halaman yaitu halaman 10-21. Pembelajaran 2 ini terdapat subjudul-subjudul yaitu :

  • Ayo Mengamati halaman 11
  • Ayo Berdiskusi halaman 14
  • Ayo Berlatih halaman 14
  • Ayo Berdiskusi halaman 18
  • Ayo Renungkan halaman 21

Di antara subjudul-subjudul di atas, terdapat soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 12, 13, 16, 19, 20. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 4 subtema 1 pembelajaran 2 halaman 12-20 :

Ayo Mengamati


Kunci jawaban tema 4 kelas 6 halaman 12

Pada halaman 12, disajikan beberapa pertanyaan tentang reklame. Teman-teman diminta mengerjakan setiap soal.

Jawaban (Halaman 12)


Menurutmu apa itu reklame?
Reklame adalah suatu media yang terdiri dari tulisan dan gambar untuk menyampaikan informasi.

Apa tujuan dari reklame?

  • Untuk sekadar menyampaikan informasi
  • Untuk menarik perhatian masyarakat
  • Mengenalkan suatu produk kepada kalayak umum
  • Mempengaruhi masyarakat untuk membeli suatu produk
  • Membangun kesan baik masyarakat terhadap suatu produk

Apa saja jenis-jenis reklame?
Iklan, spanduk, brosur, poster, baliho, billboard, banner, plakat, dan lainnya.

Apa ciri-ciri reklame yang baik?

  • Informasi jelas dan mudah untuk dimengerti.
  • Memuat informasi yang benar.
  • Mampu menarik perhatian orang.
  • Mudah diingat.

Pada halaman 13, teman-teman diminta mengamati reklame yang ada di sekitar, kemudian menuliskannya dan menambahkan pendapat pribadi tentang reklame tersebut. Jawaban ditulis pada tabel.

Jawaban (Halaman 13)

Kunci jawaban tema 4 kelas 6 halaman 13

Ayo Berlatih


Pada halaman 15, teman-teman diminta untuk membuat sebuah kerangka kubus dari lidi atau tusuk sate. Alat, bahan, serta langkah-langkah pembuatannya telah disajikan di halaman tersebut. Setelah kerangka kubus selesai dibuat, teman-teman diminta menjawab soal-soal pada halaman 16 berdasarkan ciri-ciri dari kubus yang telah dibuat.
Kunci jawaban tema 4 kelas 6 halaman 16

Jawaban (Halaman 16)

a. Apakah rusuk kubus sama panjang? Jelaskan.
Ya, semua rusuk memiliki panjang yang sama yaitu 15 cm. Panjang rusuk yang sama merupakan syarat kubus.

b. Ada berapa banyak rusuk kubus?
12 buah
Tulislah nama rusuk-rusuk tersebut.
AE, AB, EF, FB, FG, GH, GE, GC, HD, DA, DC,  dan CB.

c. Apakah sudut kubus sama besar? Jelaskan.
Ya, semua titik sudut kubus sama besar.

d. Ada berapa banyak sudut kubus?
8 buah
Tulislah nama sudut kubus
A, B, C, D, E, F, G, H

e. Apakah bidang kubus sama luas? Jelaskan.
Ya, karena semua bidang berbentuk persegi dengan panjang sisi yang sama.

f. Berbentuk ada bidang kubus? Persegi
Ada berapa banyak bidang kubus?
6 buah
Tulislah nama bidangnya. Bidang juga bisa disebut sisi.
ABFE, ABCD, EFGH, CDHG, BCGF, ADHE.

g. Ada berapa titik sudut kubus?
8 buah
Tulislah semua titik sudut kubus.
A, B, C, D, E, F, G, H.

Ayo Berdiskusi


Pada halaman 18, disajikan sebuah teks tentang persahabatan. Teman-teman diminta untuk membacanya untuk mengambil hal positif dari cerita tersebut.

Sahabat Tak Terpisahkan

Hanni dan Duwi telah berteman lama sekali. Sejak belum bersekolah, mereka sering menghabiskan waktu di sore hari untuk bermain bersama. Semua tahu bahwa Hanni dan Duwi tak terpisahkan. Persahabatan mereka tetap terjalin erat, sampai kini mereka telah duduk di kelas 6, di sekolah yang sama.

Dulu, banyak teman yang meragukan bahwa persahabatan Hanni dan Duwi akan bertahan lama, karena latar belakang keluarga mereka yang jauh berbeda. Hanni adalah anak seorang pengrajin batik yang sukses. Walaupun mulai dengan membatik sendiri, kemudian memiliki beberapa pegawai, sekarang usaha orang tua Hanni sudah berkembang sangat pesat. Mereka sudah memiliki beberapa cabang toko batik di kota untuk memasarkan batik karya mereka. Pegawainya juga semakin banyak. Sementara Duwi, adalah anak seorang penjual kue yang sederhana. Ketika kecil dulu, tiap sore Duwi ikut ibunya menjajakan kue kepada para pekerja di pendopo batik milik orang tua Hanni. Di sanalah Hanni berkenalan dengan Duwi. Waktu kecil dulu, mereka sangat menikmati saat-saat itu. Namanya anak-anak, perbedaan latar belakang pun tak dirisaukan. Permainan mereka tetap saja asyik. Petak umpet, petak jongkok, rumah-rumahan, atau masak-masakan.

Tetapi, yang membuat persahabatan mereka bertahan lama adalah sikap Hanni dan Duwi yang saling menghargai satu sama lain. Hanni tidak pernah menganggap dirinya berbeda dengan Duwi. Bukan hanya Duwi yang bermain ke pendopo batik Hanni, tetapi Hanni pun tak sungkan bermain ke rumah sederhana milik keluarga Duwi. Ia malah menikmati makan siang atau makan jajanan sore di rumah Duwi. Memang, ibu Duwi pandai memasak. Namanya juga penjaja kue, pasti pandai juga membuat aneka masakan. Hanni justru senang dengan kedekatan dan kesederhanaan suasana di keluarga Duwi. Acara makan bersama yang selalu ramai penuh cerita, karena semua hadir dengan kisah masing-masing.

Sebaliknya, ketika Duwi bermain ke rumah Hanni, tidak dirasanya minder sedikit pun. Ayah dan ibu Hanni tidak pernah juga memperlakukan Duwi super istimewa karena Duwi anak penjaja kue. Santai saja Duwi membaca-baca koleksi buku cerita Hanni di kamarnya ketika Hanni sedang melakukan hal lain. Kadang-kadang Duwi pun ikut membantu ketika Hanni harus melipat lipat batik dan memasukkannya ke dalam plastik sebelum siap dikirim ke toko. Duwi kagum dengan Hanni dan keluarganya. Walaupun punya banyak pegawai, Hanni dan saudara-saudaranya tetap terlibat untuk membantu usaha orang tuanya. Membantu sesuai usia dan kemampuan. Terlihat bahwa mereka meraih sukses memang karena kerja keras.

Begitulah sahabat, tak ada kata-kata yang perlu diucapkan untuk menyatakan sayang pada sahabat. Hanya diperlukan sikap yang tulus, tak pandang perbedaan, saling menghargai, dan saling belajar. Rasa sayang yang tulus pada sahabat akan membentuk pertemanan yang indah dan tak terpisahkan.

Sumber : 
Anggari, Angi St. dkk. (2018). Tema 4 Globalisasi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Kemudian pada halaman 19 sampai 20 teman-teman akan menemukan soal-soal yang harus dikerjakan.

Jawaban (Halaman 19-20)


1. Apa perbedaan yang terlihat antara Hanni dan Duwi?
Perbedaan latar belakang keluarga.

2. Bagaimana Hanni bersikap terhadap Duwi?

Menghargai Duwi meski berbeda latar belakang, tidak sombong, tidak sungkan bermain ke rumah Duwi, dan malah menyukai kedekatan serta kesederhanaan Duwi.

3. Bagaimana sikap keluarga Hanni kepada Duwi?
Walaupun Duwi anak penjaja kue, keluarga Hanni tidak pernah memperlakukan Duwi super istimewa.

4. Bagaimana Duwi bersikap terhadap Hanni?
Saling menghargai, tidak minder ketika bermain ke rumah Hanni, mau membantu Hanni melakukan pekerjaannya, dan mengagumi Hanni yang mau membantu pekerjaan orang tuanya.

5. Bagaimana sikap keluarga Duwi terhadap Hanni?
Keluarga Duwi memperbolehkan Hanni bermain ke rumah mereka. Hanni juga dipersilahkan mencoba masakan ibu Duwi yang enak.

6. Apa yang bisa kita contoh dari Hanni?
Selalu menghargai teman, tidak sombong kepada teman, dan tidak membenci kesederhanaan teman.

7. Apa yang bisa kita contoh dari Duwi?
Selalu menghargai teman dan tidak mudah minder.

Lihat juga : Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 25, 26, 27, 28

Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 4 Globalisasi halaman 12, 13, 16, 19, 20. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang ada.

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel