-->

Kw Header



Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 25, 26, 27, 28

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 4 Halaman 25, 26, 27, 28 – Buku siswa kelas 6 tema 4 edisi revisi 2018 diterbitkan dengan judul Globalisasi dengan subtema 1 berjudul Globalisasi di Sekitarku.
Kunci jawaban tema 4 kelas 6 halaman 25, 26, 27, 28

Pada subtema 1 pembelajaran 3 terdiri dari 7 halaman yaitu halaman 22-28. Pembelajaran 3 ini diuraikan lagi menjadi beberapa subjudul yaitu :

  • Ayo Berlatih halaman 22
  • Ayo Membaca halaman 24
  • Ayo Menulis halaman 26
  • Ayo Renungkan halaman 28

Di antara subjudul-subjudul di atas, terdapat soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 25, 26, 27, 28. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 4 subtema 1 pembelajaran 3 halaman 25-28 :

Ayo Membaca


Pada halaman 25, disajikan sebuah teks yang harus teman-teman baca untuk menambah pengetahuan tentang bagaiman listrik disalurkan.

Menyalurkan Energi Listrik

Bagaimana Listrik Sampai ke Rumahmu?

Menyalurkan energi listrik tema 4 kelas 6 halaman 25
Listrik memiliki peran penting di era globalisasi. Tidak dapat dimungkiri, bahwa globalisasi terjadi karena perkembangan teknologi di berbagai bidang, yang didukung oleh peran listrik sebagai sumber energi di dalamnya. Listrik dapat dihasilkan dengan memanfaat sumber energi yang tersedia di alam, seperti: aliran air sungai (PLTA), panas bumi (PLTU), aliran angin (PLTA), dsb.

Setelah energi listrik dihasilkan di pusat pembangkit, energi listrik tersebut kemudian dinaikkan tegangannya oleh transformator penaik tegangan hingga 500 kv, baru kemudian disalurkan ke berbagai tempat menggunakan sistem transmisi yang dinamakan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET), yang menyalurkan energi listrik dari pusat-pusat pembangkit. Setelah melalui SUTET yang melintasi wilayah pegunungan atau hutan-hutan, energi listrik kemudian masuk ke gardu induk. Di gardu induk energi listrik diturunkan tegangannya oleh transformator penurun tegangan menjadi tegangan menengah 20 kv. Kemudian energi listrik disalurkan ke gardu-gardu distribusi dan diturunkan kembali tegangannya dalam gardu distribusi menjadi tegangan rendah 220 volt, tegangan sebesar ini sudah sesuai dengan kebutuhan rumah tangga. Akhirnya, energi listrik disalurkan ke rumah-rumah warga.

Dengan adanya listrik, kini masyarakat dapat mengakses informasi yang berasal dari berbagai belahan dunia. Tanpa listrik, tentunya hal tersebut tidak akan bisa terjadi. Lalu bagaimana dengan daerahmu? Apakah kamu telah merasakan manfaat listrik dalam kehidupan sehari-hari di rumah?

Sumber : 
Anggari, Angi St. dkk. (2018). Tema 4 Globalisasi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Kemudian disajikan beberapa pertanyaan yang harus teman-teman kerjakan.

Jawaban (Halaman 25-26)


1. Apa saja jenis sumber daya alam yang bisa digunakan untuk membangkitkan energi listrik?
Air, panas bumi, angin, dsb.

2. Apa fungsi SUTET pada sistem transmisi energi listrik?
Mengalirkan energi listrik dari pusat pembangkit bertegangan tinggi menuju ke berbagai tempat.

3. Mengapa energi listrik dari pusat pembangkit listrik perlu dinaikkan lalu diturunkan tegangannya sebelum disalurkan ke rumah-rumah?
Karena jarak antara pusat pembangkit dengan rumah penduduk sangat jauh. Dengan menaikkan tegangannya, energi listrik tidak kehilangan daya terlalu banyak ketika proses transimisi. Sedangkan penurunan tegangan listrik bertujuan untuk menyesuaikan tegangan yang dibutuhkan oleh alat-alat listrik yang ada pada rumah-rumah.

4. Bagaimana sistim transmisi tersebut memiliki peran penting di era globalisasi sekarang ini? Jelaskan dengan singkat.
Saat ini, segala aspek manusia sangat terbantu dengan adanya peralatan-peralatan listrik, sehingga listrik menjadi kebutuhan yang sangat penting. Oleh karena itu, diperlukan sistem transmisi untuk menyalurkan listrik yang dihasilkan oleh pusat pembangkit untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Pada halaman 26, teman-teman diminta menuliskan informasi penting dari teks tadi. Informasi penting diambil dari setiap paragraf dalam teks.
Kunci jawaban tema 4 kelas 6 halaman 26

Jawaban (Halaman 26)


•Paragraf 1: Topik Masalah
Peran listrik dalam mendukung terjadinya era globalisasi.

•Paragraf 2 : Deret Penjelas
Tegangan listrik dari pusat pembangkit dinaikkan oleh transformator hingga 500 kv, lalu disalurkan melalui sistem transmisi bernama SUTET ke berbagai tempat. Setelah itu, energi listrik akan masuk ke gardu induk untuk diturunkan tegangannya menggunakan transformator menjadi tegangan menengah 20 kv. Kemudian energi listrik disalurkan ke gardu distribusi untuk diturunkan lagi menjadi 220 v sesuai kebutuhan rumah tangga. Akhirnya, energi listrik disalurkan ke rumah-rumah warga.

•Paragraf 3 : Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Kini masyarakat dapat mengakses informasi dari berbagai belahan dunia karena adanya listrik.

Ayo Menulis


Pada halaman 26, teman-teman diminta menuliskan urutan proses penyaluran energi listrik dari pembangkit mikrohidro hingga sampai ke rumah-rumah warga.

Jawaban (Halaman 27-28)


Pada PLTA, air sungai/waduk masuk melewati pintu yang diatur katup pengaman menuju tangki pengaman tekanan. Lalu air tersebut akan dialirkan oleh air dari pesat menuju ke turbin melalui katup pengatur tekanan agar tekanan air lebih besar. Karena tekanan air tersebut, turbin akan bergerak sehingga generator menghasilkan listrik.

Listrik dari PLTA, kemudian dinaikkan oleh transformator lalu mengalir menuju sistem transmisi. Melalui sistem transmisi ini listrik disalurkan menuju ke gardu induk di berbagai wilayah. Setelah tegangan listrik diturunkan, listrik kemudian disalurkan ke gardu distribusi untuk diturunkan tegangannya menjadi 220 v. Tegangan ini kemudian disalurkan menuju ke rumah-rumah warga.

Lihat juga : Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 30, 31, 32, 33

Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 4 Globalisasi halaman 25, 26, 27, 28. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang ada.

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel