-->

Kw Header



Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 115

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 4 Halaman 115 – Buku siswa kelas 6 tema 4 edisi revisi 2018 diterbitkan dengan judul Globalisasi dengan subtema 3 berjudul Globalisasi dan Cinta Tanah Air.
Kunci jawaban tema 4 kelas 6 halaman 115

Pada subtema 3 pembelajaran 3 terdiri dari 6 halaman yaitu halaman 112-117. Pembelajaran 3 ini terdapat subjudul-subjudul yaitu :

  • Ayo Mencoba halaman 112
  • Ayo Membaca halaman 114
  • Ayo Berkreasi halaman 115
  • Ayo Renungkan halaman 117

Di antara subjudul-subjudul di atas, terdapat soal-soal yang harus diselesaikan oleh teman-teman. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 115. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 4 subtema 3 pembelajaran 3 halaman 115 :

Ayo Membaca

Teks eksplanasi tentang Pembangkit Listrik Tenaga Surya PLTS




Pada halaman 114, teman-teman diminta mencermati sebuah teks ekplanasi rumpang.

Teknologi Hijau di Era Globalisasi

Teknologi dan lingkungan merupakan dua hal penting dalam kegiatan manusia. Pada era globalisasi ini, kedua hal tersebut menjadi perhatian dan pembicaraan masyarakat dunia karena saling terkait dan menentukan keberlangsungan hidup manusia. Disadari atau tidak, kita sering mengabaikan masalah lingkungan. Persoalan lingkungan akibat proses teknologi sudah menjadi masalah yang mendunia.

Teknologi hijau adalah salah satu jawaban untuk permasalahan ini. Teknologi hijau yang terus dibicarakan saat ini adalah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)..........................

Fakta membuktikan bahwa permasalahan lingkungan semakin lama semakin memburuk. Oleh sebab itu, harus dicari cara untuk mengatasinya, salah satunya dengan mengembangkan teknologi yang ramah lingkungan.

Sumber : 
Anggari, Angi St. dkk. (2018). Tema 4 Globalisasi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Pada halaman 115, teman-teman diminta melengkapi teks eksplanasi tersebut sehingga menjadi satu teks yang utuh. Saat melengkapi teks tersebut, teman-teman juga harus memperhatikan struktur teks eksplanasi yang benar. Selain itu, teman-teman harus memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.

Jawaban (Halaman 115)

PLTS menggunakan energi tanpa batas yaitu cahaya matahari untuk menghasilkan listrik. Pembangkit listrik jenis ini tidak menimbulkan polusi, aman, dan biaya perawatan murah. PLTS ini terdiri dari panel-panel tipis yang terbuat dari bahan semikonduktor yaitu silikon. Panel surya biasanya disusun 2 yaitu lapisan silikon tipe-p yang bermuatan positif dan tipe-n yang bermuatan negatif. Ketika terkena panas dari cahaya matahari, kedua bahan ini akan terhubung sehingga muatan negatif pada lapisan tipe-n akan mengalir menuju muatan positif pada lapisan tipe-p. Hal ini yang kemudian membentuk medan listrik. Pada sistem PLTS terdapat controller, baterai (aki), dan inverter agar dapat digunakan untuk mengoperasikan peralatan elektronik.

Lihat juga : Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 119, 120, 121, 122, 123, 124

Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 4 Globalisasi halaman 115. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan.

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel