-->

Kw Header



Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 1, 4, 5, 7

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 4 Halaman 1, 4, 5, 7 – Buku siswa kelas 6 tema 4 edisi revisi 2018 diterbitkan dengan judul Globalisasi dengan subtema 1 berjudul Globalisasi di Sekitarku.
Kunci jawaban tema 4 kelas 6 halaman 1, 4, 5, 7

Pada subtema 1 pembelajaran 1 terdiri dari 9 halaman yaitu halaman 1-9. Pembelajaran 1 ini terdapat subjudul-subjudul yaitu :

  • Ayo Mengamati halaman 1
  • Ayo Membaca halaman 6
  • Ayo Menulis halaman 8
  • Ayo Renungkan halaman 9

Di antara subjudul-subjudul tersebut, teman-teman akan menemukan soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 1, 4, 5, 7. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 4 subtema 1 pembelajaran 1 halaman 1-7 :

Ayo Mengamati


Pada halaman 1, teman-teman diminta mengamati benda-benda yang ada di sekitar. Kemudian teman-teman diminta menulis nama benda-benda tersebut beserta negara asal yang memproduksinya.

Jawaban (Halaman 1)

Kunci jawaban tema 4 kelas 6 halaman 1


Pada halaman 3, disajikan sebuah teks.

Menlu Hillary Clinton Promosikan Angklung ke Dunia
Menlu Hillary Clinton Promosikan Angklung ke Dunia tema 4 kelas 6 halaman 3

Menjelang akhir pertemuan ke-44 Menteri Luar Negeri ASEAN, tepatnya pada tanggal 22 Juli 2011 malam di Hotel Nusa Indah Bali, diselenggarakan acara makan malam. Acara tersebut dihadiri lebih dari 50 menteri luar negeri. Tampak menteri luar negeri Amerika Hillary Clinton dan menteri luar negeri dari negara-negara ASEAN, China, Rusia, Uni Eropa, peninjau, dan tamu dari berbagai negara lain.

Tentu saja berbagai makanan tradisional dihidangkan, dan berbagai kesenian daerah ditampilkan, seperti tari-tarian tradisional Jakarta, Bali, dan Aceh. Sebagai acara puncak adalah penampilan angklung interaktif oleh Saung Mang Udjo. Semua hadirin dibagikan angklung berbagai tangga nada, kemudian memainkannya bersama-sama dengan dipimpin oleh Daeng Udjo.

Tampak semua undangan berbahagia. Mereka dihadiahi angklung yang baru saja mereka mainkan sebagai tanda-mata dari Indonesia. “It’s for you, a souvenir from Indonesia”, kata Daeng Udjo sang komandan.

Malam yang berkesan itu sangat membantu dalam menciptakan iklim yang kondusif. Malam tersebut membuat pertemuan para menteri luar negeri ASEAN dan berbagai pertemuan bilateral lainnya berlangsung sukses. Foto Ibu Hillary Clinton-pun menghiasi berbagai surat kabar di dunia. Berkat angklung, Bu Hillary Clinton-pun menjadi duta Indonesia.

Sumber: www.kompasiana.com

Kemudian teman-teman diminta mengerjakan soal-soal pada halaman 4.

Jawaban (Halaman 4)


1. Bagaimana bentuk kerja sama Indonesia dengan negara-negara Asia Tenggara di masa globalisasi ini?
Bentuk kerja sama yang terjalin merupakan kerja sama regional yang melibatkan Indonesia dengan negara-negara Asia Tenggara. Saat ini, organisasi ASEAN menjadi wadah kerja sama di berbagai bidang seperti politik, ekonomi, keamanan, sosial, dan budaya.

2. Bagaimana peran Indonesia dalam kerja sama tersebut?
Indonesia pernah menjadi tuan rumah penyelenggaraan pertemuan kerja sama, menjadi salah satu pendiri ASEAN, Indonesia pernah memimpin ASEAN, dan Indonesia ikut juga serta menciptakan perdamaian di Asia Tenggara.

3. Bagaimana peran angklung dalam acara tersebut?
Mampu menghadirkan kebahagiaan bagi semua undangan.

Pada halaman 5, disajikan diagram. Teman-teman diminta mencari bentuk kerja sama Indonesia dengan negara-negara Asia Tenggara di bidang sosial dan budaya pada masa globalisasi.

Jawaban (Halaman 5)

Kunci jawaban tema 4 kelas 6 halaman 5

Ayo Membaca


Pada halaman 6, disajikan sebuah teks tentang pembangkit listrik tenaga air. Teman-teman diminta membaca teks tersebut agar pengetahuan bertambah.

Menghasilkan Energi Listrik
menghasilkan energi listrik tema 4 kelas 6 halaman 6

Listrik memiliki peran penting di era globalisasi. Tidak dapat dimungkiri, bahwa globalisasi terjadi karena perkembangan teknologi di berbagai bidang, yang didukung oleh peran listrik sebagai sumber energi di dalamnya. Dengan ditemukannya televisi, komputer, dan telepon genggam, arus informasi kemudian menyebar dengan begitu cepat ke berbagai negara di berbagai belahan dunia. Kebutuhan akan listrik kemudian menjadi suatu hal yang harus dipenuhi bagi semua negara di era globalisasi saat ini.

Listrik dihasilkan di pusat pembangkit menggunakan beragam sumber energi. Pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), air dari waduk/sungai (1) masuk melalui pintu (2) yang diatur oleh katup pengaman (3). Air kemudian masuk ke tangki pengaman tekanan (4). Air di dalam pipa pesat (5) mengalirkan dan mengarahkan air ke turbin (7) melalui katup pengatur tekanan (6) untuk mendapatkan tekanan energi yang besar. Energi potensial air kemudian menggerakkan turbin. Energi gerak tersebut kemudian diubah menjadi energi listrik oleh generator (8). Energi listrik dari generator kemudian diatur kapasitas tegangannya dan dialirkan oleh transformer (9). Energi listrik kemudian dibagikan ke konsumen oleh saluran transmisi (10).

Komponen utama pada semua pembangkit energi listrik adalah turbin dan generator. Turbin tersebut harus bergerak untuk menghasilkan energi gerak yang kemudian diubah menjadi energi listrik oleh generator. Energi penggerak turbin, selain dari aliran air, juga bisa didapat dari angin (PLTA), panas bumi (PLTU), dan sumber energi lainnya. Adakah sumber energi di daerahmu yang bisa digunakan sebagai pembangkit energi listrik?

Sumber :
Anggari, Angi St. dkk. (2018). Tema 4 Globalisasi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Kemudian teman-teman diminta menuliskan informasi penting dari teks tersebut.

Jawaban (Halaman 7)


•Paragraf 1: Topik Masalah
Peran penting listrik di era globalisasi.

•Paragraf 2 : Deret Penjelas
Pada PLTA, air waduk/sungai masuk ke tangki pengaman tekanan melalui pintu yang diatur oleh katup pengaman. Kemudian air pada pesat mengalirkan air tersebut ke turbin melewati katup pengatur tekanan agar tekanan air lebih besar. Energi potensial air akan menggerakkan turbin sekaligus generator untuk menghasilkan listrik. Listrik tersebut kemudian diatur kapasitas tegangannya dan dialirkan oleh transformator menuju ke saluran transmisi untuk disalurkan ke konsumen.

•Paragraf 3 : Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Turbin dan generator menjadi komponen utama pada pembangkit listrik. Generator dapat menghasilkan listrik jika turbin bergerak akibat mendapat tekanan dari air, angin, panas bumi, atau lainnya.

Lihat juga : Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 4 Kelas 6 Halaman 12, 13, 16, 19, 20

Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 4 Globalisasi halaman 1, 4, 5, 7. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan.

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel