Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 99 dan 100
Oktober 05, 2019
Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 3 Halaman 99, 100 – Buku siswa kelas 6 tema 3 edisi revisi 2018 diterbitkan dengan judul Tokoh dan Penemuan dengan subtema 2 berjudul Penemuan dan Manfaatnya.
Pada subtema 2 pembelajaran 5 terdiri dari 7 halaman yaitu halaman 98-104. Pembelajaran 5 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :
Di antara beberapa subjudul di atas, terdapat soal-soal yang harus teman-teman kerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 99 dan 100. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 3 subtema 2 pembelajaran 4 halaman 99-100 :
Pada halaman 98, disajikan sebuah teks tentang penemuan komputer. Teman-teman diminta membaca teks tersebut untuk menambah pengetahuan.
Charles Babbage, Mengubah Dunia dengan Komputernya
Charles Babbage adalah seorang ahli Matematika. Beliau-lah penggagas utama dalam penemuan komputer. Mesin penghitung yang ia temukan (1791-1871) adalah kalkulator otomatis pertama. Babbage terkenal dengan julukan bapak komputer. Babbage yang lahir pada 26 Desember 1792, mengeluhkan sistem perhitungan yang mengandalkan tabel matematika sehingga kerap terjadi kesalahan. Babbage ingin mengubah sistem perhitungan tersebut melalui sistem mekanik untuk menekan kemungkinan terjadinya kesalahan hitung.
Gagasan tersebut dituangkannya dalam sebuah catatan yang diberi nama “note on the application of machinery to the computation of astronomical and mathematical tables”. Catatan yang dibuat pada tanggal 14 Juni 1822 ini berisi tentang semua konsep komputasi yang ada dalam benaknya.
Sumber :
Anggari, Angi St. dkk. (2018). Tema 3 Tokoh dan Penemuan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Setelah membaca, pada halaman 99 terdapat soal-soal yang harus dikerjakan.
1. Apa yang dilakukan oleh Charles Babbage?
2. Apa dampak penemuannya bagi dunia?
3. Apakah kamu merasakan manfaat komputer saat ini? Manfaat apa yang kamu rasakan?
Pada halaman 99 disajikan gambar urutan perkembangan komputer. Teman-teman diminta mengerjakan soal-soal pada halaman 100.
Bagaimana perkembangan komputer? Jelaskan jawabanmu!
Mengapa komputer terus berkembang?
Apa dampak perkembangan komputer bagi manusia?
Apa yang terjadi jika komputer tidak ditemukan?
Apa dampak ditemukan komputer dalam bidang pendidikan?
Apa dampak ditemukan komputer dalam bidang iptek?
Lihat juga : Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 107, 108, 109, 110
Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 3 Tokoh dan Penemuan halaman 99 dan 100. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan.
Pada subtema 2 pembelajaran 5 terdiri dari 7 halaman yaitu halaman 98-104. Pembelajaran 5 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :
- Ayo Menulis halaman 98
- Ayo Mencoba halaman 101
- Ayo Berkreasi halaman 101
- Ayo Renungkan halaman 104
Di antara beberapa subjudul di atas, terdapat soal-soal yang harus teman-teman kerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 99 dan 100. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 3 subtema 2 pembelajaran 4 halaman 99-100 :
Ayo Membaca
Pada halaman 98, disajikan sebuah teks tentang penemuan komputer. Teman-teman diminta membaca teks tersebut untuk menambah pengetahuan.
Charles Babbage, Mengubah Dunia dengan Komputernya
Charles Babbage adalah seorang ahli Matematika. Beliau-lah penggagas utama dalam penemuan komputer. Mesin penghitung yang ia temukan (1791-1871) adalah kalkulator otomatis pertama. Babbage terkenal dengan julukan bapak komputer. Babbage yang lahir pada 26 Desember 1792, mengeluhkan sistem perhitungan yang mengandalkan tabel matematika sehingga kerap terjadi kesalahan. Babbage ingin mengubah sistem perhitungan tersebut melalui sistem mekanik untuk menekan kemungkinan terjadinya kesalahan hitung.
Gagasan tersebut dituangkannya dalam sebuah catatan yang diberi nama “note on the application of machinery to the computation of astronomical and mathematical tables”. Catatan yang dibuat pada tanggal 14 Juni 1822 ini berisi tentang semua konsep komputasi yang ada dalam benaknya.
Sumber :
Anggari, Angi St. dkk. (2018). Tema 3 Tokoh dan Penemuan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Setelah membaca, pada halaman 99 terdapat soal-soal yang harus dikerjakan.
Jawaban (Halaman 99)
1. Apa yang dilakukan oleh Charles Babbage?
Beliau menggagas penemuan komputer.
2. Apa dampak penemuannya bagi dunia?
Menekan kemungkinan kesalahan menghitung saat itu serta memberi gagasan kepada penemu lain untuk mengembangkan komputer hingga menjadi komputer seperti sekarang ini.
3. Apakah kamu merasakan manfaat komputer saat ini? Manfaat apa yang kamu rasakan?
Dapat mencari ilmu lebih luas lagi, mempermudah ketika menyusun tulisan, mengerjakan tugas menjadi lebih mudah, bisa menonton video, menyetel musik, bermain game, dan mengobrol lewat media sosial.
Pada halaman 99 disajikan gambar urutan perkembangan komputer. Teman-teman diminta mengerjakan soal-soal pada halaman 100.
Jawaban (Halaman 100)
Bagaimana perkembangan komputer? Jelaskan jawabanmu!
Awalnya komputer berupa alat untuk menghitung, kemudian berkembang menjadi komputer listrik, lalu komputer dengan mouse serta keyboardnya, kemudian home computer murah, lalu komputer dengan akses jaringan internet, hingga menjadi komputer multifungsi seperti sekarang.
Mengapa komputer terus berkembang?
Untuk memudahkan pekerjaan manusia serta mengikuti kebutuhan zaman yang semakin maju.
Apa dampak perkembangan komputer bagi manusia?
Memudahkan beberapa pekerjaan manusia seperti mengetik, mencari sesuatu di internet, sebagai alat transaksi, menyimpan dokumen-dokumen penting, dan sebagainya.
Apa yang terjadi jika komputer tidak ditemukan?
Pekerjaan manusia tidak semudah ketika ada komputer karena pekerjaan dilakukan secara manual. Sehingga, kemungkinan terjadinya kesalahan pekerjaan lebih besar. Contohnya kesalahan menghitung.
Apa dampak ditemukan komputer dalam bidang pendidikan?
Mendukung kegiatan belajar siswa, mengerjakan tugas sekolah menjadi lebih mudah, sebagai media pelaksanaan ujian (UNBK), dan membantu guru melaksanakan tugasnya sebagai pengajar.
Apa dampak ditemukan komputer dalam bidang iptek?
Iptek akan terus mengalami perkembangan. Kemampuan pemrograman komputer dapat digunakan untuk mengembangkan robot otomatis dalam berbagai bidang seperti industri.
Lihat juga : Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 107, 108, 109, 110
Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 3 Tokoh dan Penemuan halaman 99 dan 100. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan.