Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 107, 108, 109, 110
Oktober 05, 2019
Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 3 Halaman 107, 108, 109, 110 – Buku siswa kelas 6 tema 3 edisi revisi 2018 diterbitkan dengan judul Tokoh dan Penemuan dengan subtema 2 berjudul Penemuan dan Manfaatnya.
Pada subtema 2 pembelajaran 6 terdiri dari 8 halaman yaitu halaman 105-112. Pembelajaran 6 ini diuraikan lagi ke dalam beberapa subjudul yaitu :
Di antara subjudul-subjudul tersebut, terdapat soal-soal yang harus dijawab. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 107, 108, 109, 110. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 3 subtema 2 pembelajaran 6 halaman 107-110 :
Disajikan sebuah teks pada halaman 106 tentang penemuan pensil. Teman-teman diminta untuk membaca teks tersebut.
Pensil, Si Kecil yang Amat Penting
Pernahkah terbayang olehmu gimana sih manusia bikin tanda dan tulisan sebelum ditemukannya pensil? Bagaimana proses penemuan pensil hingga menjadi bentuk pensil seperti sekarang dengan proses pembuatan yang lebih moderen?
Jaman dulu, manusia menggambar dan menulis dengan menggoreskan ujung pisau ke batang pohon. Lalu pada masa Romawi Kuno, sebilah logam tipis dipake untuk membuat goresan pada batu dan lembar daun papirus. Perkembangan pensil dimulai sejak ditemukannya grafit pada tahun 1564 di Borrowdale, Inggris. Grafit ditemukan sebagai material yang dapat meninggalkan tanda hitam yang cukup pekat, namun terbukti lunak dan gampang patah. Untuk itu, grafit membutuhkan tangkai pemegang. Pada mulanya, grafit hanya dibungkus oleh tali yang terbuat dari kulit domba. Terus, ditemukan cara untuk memasukkan grafit di antara dua bilah kayu yang dilubangi. Ketika itulah mulai dikenal alat tulis yang kini dinamakan pensil.
Pensil mulai dibikin secara massal pada tahun 1662 di Nuremberg, Jerman. Selanjutnya, mulai abad 19, Faber Castell, Lyra, Staedler, dan perusahaan-perusahaan lain ngembangkan pensil buat alat tulis secara pesat. Pada jaman modern, pensil dibuat dengan hancurkan grafit murni sama tanah liat hingga berbentuk bubuk. Kemudian campuran ini dicetak menjadi bentuk tipis panjang dan dilapis dengan kayu. Jadilah pensil dengan bentuk yang kita kenal saat ini.
Pensil menjadi benda yang penting banget hingga saat ini. Kalo gak ada pensil, kita bakal kesulitan waktu lagi belajar. Kita juga gak bisa bikin karya tulis, seperti cerita pendek, puisi, dan tulisan lainnya.
Sumber :
Anggari, Angi St. dkk. (2018). Tema 3 Tokoh dan Penemuan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kemudian teman-teman diminta menuliskan informasi penting dari teks di atas. Informasi penting diambil dari setiap paragraf.
•Paragraf 1: Topik Masalah
•Paragraf 2 : Deret Penjelas
•Paragraf 3 : Deret Penjelas
•Paragraf 4 : Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Pada halaman 108, teman-teman diminta mencari kata bercetak miring pada teks sebelumnya. Setiap kata yang ditemukan harus teman-teman tulis.
Pada halaman 109 disajikan sebuah teks yang pernah teman-teman baca. Teman-teman diminta mengerjakan soal-soal yang disajikan.
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan cerita tersebut!
1. Sebutkan hak Ani dalam cerita tersebut!
2. Apakah Ani telah mendapatkan haknya? Jelaskan dan berikan contoh!
3. Apa manfaat hak tersebut bagi masa depan Ani?
4. Apakah Ani telah bertanggung jawab terhadap hak yang telah ia dapatkan? Jelaskan dan berikan contoh!
5. Apa yang akan terjadi jika Ani tidak bertanggung jawab terhadap haknya? Jelaskan dan berikan contoh!
Lihat juga : Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 115, 116, 117, 118, 119
Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 3 Tokoh dan Penemuan halaman 107, 108, 109, 110. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan.
Pada subtema 2 pembelajaran 6 terdiri dari 8 halaman yaitu halaman 105-112. Pembelajaran 6 ini diuraikan lagi ke dalam beberapa subjudul yaitu :
- Ayo Membaca halaman 106
- Ayo Mengamati halaman 108
- Ayo Renungkan halaman 111
Di antara subjudul-subjudul tersebut, terdapat soal-soal yang harus dijawab. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 107, 108, 109, 110. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 3 subtema 2 pembelajaran 6 halaman 107-110 :
Ayo Membaca
Disajikan sebuah teks pada halaman 106 tentang penemuan pensil. Teman-teman diminta untuk membaca teks tersebut.
Pensil, Si Kecil yang Amat Penting
Pernahkah terbayang olehmu gimana sih manusia bikin tanda dan tulisan sebelum ditemukannya pensil? Bagaimana proses penemuan pensil hingga menjadi bentuk pensil seperti sekarang dengan proses pembuatan yang lebih moderen?
Jaman dulu, manusia menggambar dan menulis dengan menggoreskan ujung pisau ke batang pohon. Lalu pada masa Romawi Kuno, sebilah logam tipis dipake untuk membuat goresan pada batu dan lembar daun papirus. Perkembangan pensil dimulai sejak ditemukannya grafit pada tahun 1564 di Borrowdale, Inggris. Grafit ditemukan sebagai material yang dapat meninggalkan tanda hitam yang cukup pekat, namun terbukti lunak dan gampang patah. Untuk itu, grafit membutuhkan tangkai pemegang. Pada mulanya, grafit hanya dibungkus oleh tali yang terbuat dari kulit domba. Terus, ditemukan cara untuk memasukkan grafit di antara dua bilah kayu yang dilubangi. Ketika itulah mulai dikenal alat tulis yang kini dinamakan pensil.
Pensil mulai dibikin secara massal pada tahun 1662 di Nuremberg, Jerman. Selanjutnya, mulai abad 19, Faber Castell, Lyra, Staedler, dan perusahaan-perusahaan lain ngembangkan pensil buat alat tulis secara pesat. Pada jaman modern, pensil dibuat dengan hancurkan grafit murni sama tanah liat hingga berbentuk bubuk. Kemudian campuran ini dicetak menjadi bentuk tipis panjang dan dilapis dengan kayu. Jadilah pensil dengan bentuk yang kita kenal saat ini.
Pensil menjadi benda yang penting banget hingga saat ini. Kalo gak ada pensil, kita bakal kesulitan waktu lagi belajar. Kita juga gak bisa bikin karya tulis, seperti cerita pendek, puisi, dan tulisan lainnya.
Sumber :
Anggari, Angi St. dkk. (2018). Tema 3 Tokoh dan Penemuan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kemudian teman-teman diminta menuliskan informasi penting dari teks di atas. Informasi penting diambil dari setiap paragraf.
Jawaban (Halaman 107)
•Paragraf 1: Topik Masalah
Pertanyaan tentang penemuan dan perkembangan pensil.
•Paragraf 2 : Deret Penjelas
Jaman dulu manusia menggambar dan menulis dengan menggoreskan pisau ke batang pohon atau menggoreskan logam pada batu atau daun papirus.
Perkembangan pensil dimulai dari penemuan grafit yang mampu membuat goresan hitam pekat namun lunak dan mudah patah. Kemudian grafit dibungkus tali dari kulit domba. Sejak ditemukan cara memasukkan grafit di antara dua bilah kayu, alat tulis bernama pensil dikenal.
•Paragraf 3 : Deret Penjelas
- Pembuatan pensil secara massal dimulai tahun 1662 di Nuremberg, Jerman. Kemudian, mulai abad 19, banyak perusahaan yang mengembangkan pensil sebagai alat tulis secara pesat.
- Pada jaman modern, pensil dibuat dari bubuk hasil penghancuran grafit dan tanah liat. Lalu campuran ini dicetak menjadi bentuk tipis panjang yang dilapisi kayu seperti pensil saat ini.
•Paragraf 4 : Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Pensil menjadi benda penting karena tanpa pensil kita akan akan kesulitan belajar dan tidak bisa membuat karya tulis.
Pada halaman 108, teman-teman diminta mencari kata bercetak miring pada teks sebelumnya. Setiap kata yang ditemukan harus teman-teman tulis.
Jawaban (Halaman 108)
Gimana sih | Buat |
Bikin | Hancurkan |
Moderen | Sama |
Jaman | Banget |
Dipakai | Kalo gak ada |
Gampang | Bakal |
Terus | Waktu lagi |
Dibikin | Gak bisa bikin |
Ngembangkan |
Ayo Mengamati
Pada halaman 109 disajikan sebuah teks yang pernah teman-teman baca. Teman-teman diminta mengerjakan soal-soal yang disajikan.
Jawaban (Halaman 109-110)
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan cerita tersebut!
1. Sebutkan hak Ani dalam cerita tersebut!
Hak mendapatkan pendidikan, mendapatkan makanan yang sehat, dan mendapat perhatian dari orang tua.
2. Apakah Ani telah mendapatkan haknya? Jelaskan dan berikan contoh!
Ya, karena orang tuanya telah memberikan perhatian yang cukup untuk Ani. Contohnya hak bersekolah untuk mendapat pendidikan, mendapat peralatan sekolah untuk mendukung sekolahnya, dan bekal makanan yang sehat untuk menjaga kesehatannya.
3. Apa manfaat hak tersebut bagi masa depan Ani?
Ia akan menjadi orang yang berpendidikan dan sehat sehingga ketika dewasa ia dapat mencapai cita-cita.
4. Apakah Ani telah bertanggung jawab terhadap hak yang telah ia dapatkan? Jelaskan dan berikan contoh!
Ya, karena perhatian orang tuanya tidak ia sia-siakan. Hal tersebut tercermin dari sikapnya yaitu selalu mematuhi nasihat orang tua, rajin sekolah, rajin belajar, dan mengerjakan tugas.
5. Apa yang akan terjadi jika Ani tidak bertanggung jawab terhadap haknya? Jelaskan dan berikan contoh!
Orang tuanya akan kecewa, Ani akan terperangkap dalam kebodohan, serta akan merusak masa depannya.
Lihat juga : Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 115, 116, 117, 118, 119
Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 3 Tokoh dan Penemuan halaman 107, 108, 109, 110. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan.