Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 62, 63, 64, 65, 66, 67, 68
Oktober 03, 2019
Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 3 Halaman 62, 63, 64, 65, 66, 67, 68 – Buku siswa kelas 6 tema 3 edisi revisi 2018 diterbitkan dengan judul Tokoh dan Penemuan dengan subtema 2 berjudul Penemuan dan Manfaatnya.
Pada subtema 2 pembelajaran 1 terdiri dari 9 halaman yaitu halaman 61-69. Pada pembelajaran 1 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :
Di antara subjudul-subjudul di atas teman-teman akan menemukan soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 62, 63, 64, 65, 66, 67, 68. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 3 subtema 2 pembelajaran 1 halaman 62-68 :
Pada halaman 61 disajikan sebuah teks untuk teman-teman baca.
Si Kotak Ajaib
John Logie Baird lahir di Skotlandia, 13 Agustus 1888. Ia adalah penemu yang pada kesempatan itu untuk pertama kalinya menunjukkan bahwa gambar hidup dapat ditransmisikan melalui pesawat yang sekarang dikenal sebagai televisi. Baird mendemonstrasikan televisi di depan para bapak-bapak dan ibu-ibu, di Royal Institute-London untuk pertama kalinya pada tahun 1925. Seiring dengan perkembangan teknologi, lalu televisi kemudian terus berkembang hingga menjadi semakin canggih seperti saat ini.
Prinsip kerja televisi secara umum adalah mengubah sinyal elektonik dan magnetik menjadi gambar dan suara. Sinyal tersebut berupa gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang terdiri atas medan magnet dan medan listrik. Gelombang elektromagnet dapat merambat, dipantulkan, dan dibiaskan tanpa media perantara. Gambar yang kita lihat di layar televisi adalah hasil produksi dari sebuah kamera. Pada awalnya, objek gambar yang ditangkap kamera akan diubah menjadi sinyal gelombang elektromagnetik. Sinyal tersebut akan ditransmisikan oleh pemancar ke pesawat penerima pada televisi. Pesawat televisi akan mengubah sinyal yang diterima menjadi objek gambar yang utuh sesuai dengan objek yang ditranmisikan, dalam bentuk hitam putih atau berwarna.
Jadi, televisi adalah sebuah media telekomunikasi yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara. Kata “televisi” merupakan gabungan dari bahasa Yunani “tele” artinya jauh dan bahasa Latin “visio” artinya penglihatan. Sehingga televisi dapat diartikan sebagai “alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan”. Penemuan televisi juga dikategorikan sebagai penemuan besar yang mampu mengubah peradaban dunia.
Sumber :
Anggari, Angi St. dkk. (2018). Tema 3 Tokoh dan Penemuan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Setelah membaca teks tersebut, teman-teman diminta menuliskan informasi penting pada setiap paragraf.
•Paragraf 1: Topik Masalah
•Paragraf 2: Deret Penjelas
•Paragraf 3 : Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Pada halaman 63, teman-teman diminta menuliskan kembali kalimat yang bercetak miring ke dalam kolom yang tersedia.
Pada halaman 64, disajikan diagram yang harus diisi. Teman-teman diminta menuliskan dampak positif serta dampak negatif televisi terhadap kehidupan masyarakat.
Pada halaman 65, teman-teman diminta menuliskan rencana untuk memiliki sikap yang bertanggung jawab dalam menggunakan televisi. Sehingga teman-teman dapat mengambil dampak positif dari adanya televisi.
Pada halaman 66, teman-teman diminta menggambar rancangan rangkaian lampu paralel sederhana. Kemudian teman-teman diminta menunjukannya pada guru untuk dikoreksi.
Setelah percobaan membuat rangkaian lampu paralel sederhana telah selesai. Teman-teman diminta menuliskan laporan dari percobaan tersebut.
Nama Percobaan :
Tujuan Percobaan :
Alat-alat :
Langkah Kerja :
1. Membuat tanda pada triplek untuk menentukan titik letak masing-masing komponen.
2. Tempelkan dudukan baterai, saklar, dan fitting lampu di triplek sesuai titik yang telah ditentukan.
3. Kupas ujung kabel dengan cutter, lalu sambungkan ke terminal positif dudukan baterai.
4. Potong kabel tadi sesuai jarak dudukan baterai dan terminal saklar. Kupas ujung kabel tersebut.
5. Ambil kabel lain lalu kupas ujungnya. Kemudian sambungan kedua ujung kabel yang baru saja dikupas.
6. Hubungkan sambungan kabel tersebut ke terminal input saklar. Kemudian potong kabel tadi sesuai jarak saklar dengan terminal input fitting lampu 1. Kupas ujung kabelnya dan sambungkan ke termina input fitting lampu.
7. Kupas ujung kabel untuk disambung ke terminal output saklar. Kemudian sambungkan ke terminal input fitting lampu 2.
8. Dari terminal output fitting lampu 1, ambil kabel untuk disambungkan ke terminal output fitting lampu 2. Namun jangan disambung dulu.
9. Ambil kabel lagi untuk menghubungkan terminal output fitting lampu 1 dengan terminal negatif baterai. Kemudian sambungkan kedua ujung kabel yang menuju terminal output fitting lampu 1 lalu sambungkan ke terminal output fitting lampu 1 tersebut.
10. Tempelkan sedikit solasi ke setiap sambungan kabel.
11. Pasang lampu ke masing-masing fitting lampu dan pasang baterai ke dudukan baterai.
12. Rangkaian selesai dibuat.
Kesimpulan :
Lihat juga : Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 71, 72, 73, 74, 78
Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 3 Tokoh dan Penemuan halaman 62, 63, 64, 65, 66, 67, 68. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan.
Pada subtema 2 pembelajaran 1 terdiri dari 9 halaman yaitu halaman 61-69. Pada pembelajaran 1 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :
- Ayo Membaca halaman 61
- Ayo Berdiskusi halaman 63
- Ayo Mengamati halaman 65
- Ayo Menulis halaman 67
- Ayo Renungkan halaman 68
Di antara subjudul-subjudul di atas teman-teman akan menemukan soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 62, 63, 64, 65, 66, 67, 68. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 3 subtema 2 pembelajaran 1 halaman 62-68 :
Ayo Membaca
Pada halaman 61 disajikan sebuah teks untuk teman-teman baca.
Si Kotak Ajaib
John Logie Baird lahir di Skotlandia, 13 Agustus 1888. Ia adalah penemu yang pada kesempatan itu untuk pertama kalinya menunjukkan bahwa gambar hidup dapat ditransmisikan melalui pesawat yang sekarang dikenal sebagai televisi. Baird mendemonstrasikan televisi di depan para bapak-bapak dan ibu-ibu, di Royal Institute-London untuk pertama kalinya pada tahun 1925. Seiring dengan perkembangan teknologi, lalu televisi kemudian terus berkembang hingga menjadi semakin canggih seperti saat ini.
Prinsip kerja televisi secara umum adalah mengubah sinyal elektonik dan magnetik menjadi gambar dan suara. Sinyal tersebut berupa gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang terdiri atas medan magnet dan medan listrik. Gelombang elektromagnet dapat merambat, dipantulkan, dan dibiaskan tanpa media perantara. Gambar yang kita lihat di layar televisi adalah hasil produksi dari sebuah kamera. Pada awalnya, objek gambar yang ditangkap kamera akan diubah menjadi sinyal gelombang elektromagnetik. Sinyal tersebut akan ditransmisikan oleh pemancar ke pesawat penerima pada televisi. Pesawat televisi akan mengubah sinyal yang diterima menjadi objek gambar yang utuh sesuai dengan objek yang ditranmisikan, dalam bentuk hitam putih atau berwarna.
Jadi, televisi adalah sebuah media telekomunikasi yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara. Kata “televisi” merupakan gabungan dari bahasa Yunani “tele” artinya jauh dan bahasa Latin “visio” artinya penglihatan. Sehingga televisi dapat diartikan sebagai “alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan”. Penemuan televisi juga dikategorikan sebagai penemuan besar yang mampu mengubah peradaban dunia.
Sumber :
Anggari, Angi St. dkk. (2018). Tema 3 Tokoh dan Penemuan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Setelah membaca teks tersebut, teman-teman diminta menuliskan informasi penting pada setiap paragraf.
Jawaban (Halaman 62)
•Paragraf 1: Topik Masalah
Penemuan televisi oleh John Logie Baird.
•Paragraf 2: Deret Penjelas
Prinsip kerja televisi yaitu mengubah sinyal elektromagnetik menjadi gambar dan suara. Awalnya objek gambar yang ditangkap kamera diubah menjadi sinyal gelombang elektromagnetik. Sinyal tersebut akan ditransmisikan oleh pemancar ke pesawat penerima pada televisi. Pesawat televisi akan mengubah sinyal tersebut menjadi objek gambar yang utuh.
•Paragraf 3 : Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Televisi berfungsi sebagai penerima siaran video dan audio dari jarak jauh. Oleh karena itu, penemuan televisi termasuk penemuan yang mengubah peradaban dunia.
Pada halaman 63, teman-teman diminta menuliskan kembali kalimat yang bercetak miring ke dalam kolom yang tersedia.
Jawaban (Halaman 63)
Ayo Berdiskusi
Pada halaman 64, disajikan diagram yang harus diisi. Teman-teman diminta menuliskan dampak positif serta dampak negatif televisi terhadap kehidupan masyarakat.
Jawaban (Halaman 64)
Ayo Mengamati
Pada halaman 65, teman-teman diminta menuliskan rencana untuk memiliki sikap yang bertanggung jawab dalam menggunakan televisi. Sehingga teman-teman dapat mengambil dampak positif dari adanya televisi.
Jawaban (Halaman 65)
- Tidak menonton televisi terlalu lama
- Mematikan televisi ketika waktunya belajar
- Meminta bimbingan orang tua dalam memilih siaran
- Tidak meniru hal buruk yang disiarkan
Pada halaman 66, teman-teman diminta menggambar rancangan rangkaian lampu paralel sederhana. Kemudian teman-teman diminta menunjukannya pada guru untuk dikoreksi.
Jawaban (Halaman 66)
Setelah percobaan membuat rangkaian lampu paralel sederhana telah selesai. Teman-teman diminta menuliskan laporan dari percobaan tersebut.
Jawaban (Halaman 67-68)
Nama Percobaan :
Membuat Rangkaian Lampu Paralel Sederhana
Tujuan Percobaan :
- Mengenal rangkaian dasar listrik
- Mengetahui proses aliran arus listrik rangkaian paralel
- Melatih kreativitas
Alat-alat :
- Alat : Tang dan cutter
- Bahan : Papan triplek, bohlam, fitting lampu, saklar, baterai, kabel, lem, dan solasi.
Langkah Kerja :
1. Membuat tanda pada triplek untuk menentukan titik letak masing-masing komponen.
2. Tempelkan dudukan baterai, saklar, dan fitting lampu di triplek sesuai titik yang telah ditentukan.
3. Kupas ujung kabel dengan cutter, lalu sambungkan ke terminal positif dudukan baterai.
4. Potong kabel tadi sesuai jarak dudukan baterai dan terminal saklar. Kupas ujung kabel tersebut.
5. Ambil kabel lain lalu kupas ujungnya. Kemudian sambungan kedua ujung kabel yang baru saja dikupas.
6. Hubungkan sambungan kabel tersebut ke terminal input saklar. Kemudian potong kabel tadi sesuai jarak saklar dengan terminal input fitting lampu 1. Kupas ujung kabelnya dan sambungkan ke termina input fitting lampu.
7. Kupas ujung kabel untuk disambung ke terminal output saklar. Kemudian sambungkan ke terminal input fitting lampu 2.
8. Dari terminal output fitting lampu 1, ambil kabel untuk disambungkan ke terminal output fitting lampu 2. Namun jangan disambung dulu.
9. Ambil kabel lagi untuk menghubungkan terminal output fitting lampu 1 dengan terminal negatif baterai. Kemudian sambungkan kedua ujung kabel yang menuju terminal output fitting lampu 1 lalu sambungkan ke terminal output fitting lampu 1 tersebut.
10. Tempelkan sedikit solasi ke setiap sambungan kabel.
11. Pasang lampu ke masing-masing fitting lampu dan pasang baterai ke dudukan baterai.
12. Rangkaian selesai dibuat.
Kesimpulan :
Rangkaian paralel membuat arus listrik mengalir dalam dua jalur. Jika salah satu lampu dimatikan, lampu yang lain tetap menyala karena masing-masing lampu terhubung ke sumber listrik secara langsung.
Lihat juga : Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 3 Kelas 6 Halaman 71, 72, 73, 74, 78
Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 3 Tokoh dan Penemuan halaman 62, 63, 64, 65, 66, 67, 68. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan.