Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 3 Halaman 54, 55, 56, 57, 58
Oktober 02, 2019
Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 3 Halaman 54, 55, 56, 57, 58 – Buku siswa kelas 6 tema 3 edisi revisi 2018 diterbitkan dengan judul Tokoh dan Penemuan dengan subtema 1 berjudul Penemu yang Mengubah Dunia.
Pada subtema 1 pembelajaran 6 terdiri dari 10 halaman yaitu halaman 51-60. Pada pembelajaran 6 ini terdapat subjudul-subjudul yaitu :
Di antara subjudul-subjudul tersebut teman-teman akan menemukan soal-soal yang harus dijawab. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 54, 55, 56, 57, 58. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 3 subtema 1 pembelajaran 6 halaman 54-58 :
Pada halaman 53 terdapat sebuah teks yang harus dibaca untuk menambah wawasan teman-teman sekaligus untuk menjawab soal-soal yang ada di halaman selanjutnya.
Roda, Pengubah Wajah Dunia
Perhatikan semua benda di sekeliling kita, adakah yang memiliki roda? Banyak sekali mesin, peralatan, alat transportasi, dan benda buatan manusia menggunakan roda. Roda merupakan salah satu penemuan terbesar manusia yang membuat semua pekerjaan menjadi lebih mudah.
Awalnya roda dibuat oleh ahli menggunakan mesin pemintal. Peninggalan roda paling tua berasal dari Mesopotamia yang digunakan untuk kendaraan di sekitar tahun 3000 SM. kemudian muncul juga di Tiongkok, Arab, Eropa dan belahan dunia lainnya. Perkembangan roda dimulai dari bentuk sederhana berupa balok kayu yang digulingkan, kemudian diubah menjadi potongan melintang balok kayu, roda bundar utuh dengan pasak di tengahnya, hingga roda berjari-jari. Bagian tengah roda kemudian juga diganti besi sehingga roda menjadi semakin kuat.
Seiring dengan perkembangan zaman, roda terus mengalami perbaikan. Charles Goodyear pada tahun 1839 berhasil menciptakan ban terbuat dari karet yang lebih tahan goncangan dan lebih kuat terhadap gesekan permukaan jalan. Pada tahun 1845 Thomson dan Dunlop kemudian menciptakan ban yang berisi udara. Pada perkembangannya, saat ini roda mempunyai banyak ukuran dan jenis, ada yang terbuat dari besi, kayu, karet atau gabungan dari beberapa jenis bahan yang disesuaikan dengan fungsinya.
Berkat penemuan roda, menempuh jarak antar tempat di berbagai belahan dunia menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Pengaruh roda sangat terasa terhadap perkembangan ekonomi masyarakat dunia, karena pendistribusian barang-barang perdagangan menjadi lebih cepat dan mudah. Tanpa roda, tentunya kehidupan manusia akan menjadi sangat sulit.
Sumber :
Anggari, Angi St. dkk. (2018). Tema 3 Tokoh dan Penemuan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Pada halaman 54 disajikan urutan gambar yang menunjukkan perkembangan roda dari waktu ke waktu.
Apakah telah sesuai dengan urutan yang terdapat di dalam bacaan?
Selanjutnya di halaman 55, teman-teman diminta menulis informasi penting dari teks sebelumnya. Informasi penting diambil dari setiap paragraf.
•Paragraf 1: Topik Masalah
•Paragraf 2: Deret Penjelas
•Paragraf 3: Deret Penjelas
•Paragraf 4: Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Pada halaman 56 disajikan beberapa pertanyaan tentang hak penemu. Teman-teman diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.
1. Sebutkan beberapa macam hak yang dimiliki oleh para penemu tersebut!
2. Apakah mereka telah mendapatkan haknya? Jelaskan!
3. Apa manfaat hak tersebut bagi mereka?
4. Apakah mereka telah bertanggung jawab terhadap hak yang telah mereka dapatkan? Jelaskan dan berikan contoh!
Pada halaman 57, disajikan sebuah teks yang harus teman-teman baca.
Hak dan Tanggung Jawab
Ani adalah putra Bapak dan Ibu Yakob. Pak Yakob menyekolahkan Ani di sebuah sekolah yang cukup ternama di desanya. Pak Yakob memenuhi semua kebutuhan sekolah Ani, seperti buku-buku, seragam sekolah, serta peralatan lainnya. Bu Yakob juga selalu membuat bekal makanan sehat untuk Ani di sekolah. Ani sangat bersyukur dengan perhatian ayah dan ibunya. Ia selalu mematuhi nasihat ayah ibu. Ani juga rajin sekolah, rajin belajar dan mengerjakan tugas sekolah tanpa perlu diingatkan. Ani kemudian selalu naik kelas dengan nilai yang memuaskan. Bapak dan Ibu Yakob sangat bangga dengan Ani.
Kemudian teman-teman diminta menjawab pertanyaan yang terdapat di bawahnya.
1. Sebutkan hak Ani dalam cerita tersebut!
2. Apakah Ani telah mendapatkan haknya? Jelaskan dan berikan contoh!
3. Apa manfaat hak tersebut bagi masa depan Ani?
4. Apakah Ani telah bertanggung jawab terhadap hak yang telah ia dapatkan? Jelaskan dan berikan contoh!
5. Apa yang akan terjadi jika Ani tidak bertanggung jawab terhadap haknya? Jelaskan dan berikan contoh!
Pada halaman 58, teman-teman diminta memasukkan jawaban pada tugas sebelumnya ke diagram yang disajikan.
Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 3 Tokoh dan Penemuan halaman 54, 55, 56, 57, 58. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan.
Pada subtema 1 pembelajaran 6 terdiri dari 10 halaman yaitu halaman 51-60. Pada pembelajaran 6 ini terdapat subjudul-subjudul yaitu :
- Ayo Berlatih halaman 51
- Ayo Berdiskusi halaman 54
- Ayo Renungkan halaman 60
Di antara subjudul-subjudul tersebut teman-teman akan menemukan soal-soal yang harus dijawab. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 54, 55, 56, 57, 58. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 3 subtema 1 pembelajaran 6 halaman 54-58 :
Pada halaman 53 terdapat sebuah teks yang harus dibaca untuk menambah wawasan teman-teman sekaligus untuk menjawab soal-soal yang ada di halaman selanjutnya.
Roda, Pengubah Wajah Dunia
Perhatikan semua benda di sekeliling kita, adakah yang memiliki roda? Banyak sekali mesin, peralatan, alat transportasi, dan benda buatan manusia menggunakan roda. Roda merupakan salah satu penemuan terbesar manusia yang membuat semua pekerjaan menjadi lebih mudah.
Awalnya roda dibuat oleh ahli menggunakan mesin pemintal. Peninggalan roda paling tua berasal dari Mesopotamia yang digunakan untuk kendaraan di sekitar tahun 3000 SM. kemudian muncul juga di Tiongkok, Arab, Eropa dan belahan dunia lainnya. Perkembangan roda dimulai dari bentuk sederhana berupa balok kayu yang digulingkan, kemudian diubah menjadi potongan melintang balok kayu, roda bundar utuh dengan pasak di tengahnya, hingga roda berjari-jari. Bagian tengah roda kemudian juga diganti besi sehingga roda menjadi semakin kuat.
Seiring dengan perkembangan zaman, roda terus mengalami perbaikan. Charles Goodyear pada tahun 1839 berhasil menciptakan ban terbuat dari karet yang lebih tahan goncangan dan lebih kuat terhadap gesekan permukaan jalan. Pada tahun 1845 Thomson dan Dunlop kemudian menciptakan ban yang berisi udara. Pada perkembangannya, saat ini roda mempunyai banyak ukuran dan jenis, ada yang terbuat dari besi, kayu, karet atau gabungan dari beberapa jenis bahan yang disesuaikan dengan fungsinya.
Berkat penemuan roda, menempuh jarak antar tempat di berbagai belahan dunia menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Pengaruh roda sangat terasa terhadap perkembangan ekonomi masyarakat dunia, karena pendistribusian barang-barang perdagangan menjadi lebih cepat dan mudah. Tanpa roda, tentunya kehidupan manusia akan menjadi sangat sulit.
Sumber :
Anggari, Angi St. dkk. (2018). Tema 3 Tokoh dan Penemuan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Ayo Berdiskusi
Pada halaman 54 disajikan urutan gambar yang menunjukkan perkembangan roda dari waktu ke waktu.
Jawaban (Halaman 54)
Apakah telah sesuai dengan urutan yang terdapat di dalam bacaan?
Ya, karena sudah sesuai dengan urutan yang terdapat di dalam bacaan.
Selanjutnya di halaman 55, teman-teman diminta menulis informasi penting dari teks sebelumnya. Informasi penting diambil dari setiap paragraf.
Jawaban (Halaman 55)
•Paragraf 1: Topik Masalah
Roda merupakan salah satu penemuan terbesar manusia yang mempermudah semua pekerjaan.
•Paragraf 2: Deret Penjelas
- Awalnya roda dibuat menggunakan mesin pemintal kain.
- Peninggalan roda tertua berasal dari Mesopotamia.
- Perkembangan roda dimulai dari balok kayu yang digulingkan, kemudian berkembang menjadi potongan melintang balok kayu, roda bundar utuh dengan pasak di tengahnya, roda kayu berjari-jari, hingga menjadi roda sempurna berbahan besi yang kuat.
•Paragraf 3: Deret Penjelas
- Tahun 1839, Charles Goodyear berhasil membuat ban karet yang tahan goncangan dan lebih kuat terhadap gesekan permukaan jalan.
- Tahun 1845 Thomson dan Dunlop menciptakan ban yang berisi udara, yang berkembang hingga saat ini dengan berbagai ukuran, jenis, dan bahan sesuai dengan fungsinya.
•Paragraf 4: Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Penemuan roda membuat kehidupan manusia menjadi lebih mudah dan cepat seperti distribusi barang-barang perdagangan ke berbagai tempat yang mampu meningkatkan ekonomi masyarakat dunia.
Pada halaman 56 disajikan beberapa pertanyaan tentang hak penemu. Teman-teman diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.
Jawaban (Halaman 56)
1. Sebutkan beberapa macam hak yang dimiliki oleh para penemu tersebut!
Kebebasan berkarya dan mengembangkan karyanya.
2. Apakah mereka telah mendapatkan haknya? Jelaskan!
Ya, karena kebebasan berkarya membuat mereka akhirnya menemukan sesuatu penemuan yang bermanfaat.
3. Apa manfaat hak tersebut bagi mereka?
Mereka lebih bersemangat dalam mengembangkan penemuannya dan mereka merasa bermanfaat bagi orang banyak.
4. Apakah mereka telah bertanggung jawab terhadap hak yang telah mereka dapatkan? Jelaskan dan berikan contoh!
Ya, karena mereka menggunakan hak mereka untuk memberikan manfaat bagi orang banyak. Contohnya penemuan roda oleh Thomson dan Dunlop yang mempermudah pekerjaan manusia seperti distribusi barang.
Pada halaman 57, disajikan sebuah teks yang harus teman-teman baca.
Hak dan Tanggung Jawab
Ani adalah putra Bapak dan Ibu Yakob. Pak Yakob menyekolahkan Ani di sebuah sekolah yang cukup ternama di desanya. Pak Yakob memenuhi semua kebutuhan sekolah Ani, seperti buku-buku, seragam sekolah, serta peralatan lainnya. Bu Yakob juga selalu membuat bekal makanan sehat untuk Ani di sekolah. Ani sangat bersyukur dengan perhatian ayah dan ibunya. Ia selalu mematuhi nasihat ayah ibu. Ani juga rajin sekolah, rajin belajar dan mengerjakan tugas sekolah tanpa perlu diingatkan. Ani kemudian selalu naik kelas dengan nilai yang memuaskan. Bapak dan Ibu Yakob sangat bangga dengan Ani.
Kemudian teman-teman diminta menjawab pertanyaan yang terdapat di bawahnya.
Jawaban (Halaman 57)
1. Sebutkan hak Ani dalam cerita tersebut!
Hak mendapatkan pendidikan, mendapatkan makanan yang sehat, dan mendapat perhatian dari orang tua.
2. Apakah Ani telah mendapatkan haknya? Jelaskan dan berikan contoh!
Ya, karena orang tuanya telah memberikan perhatian yang cukup untuk Ani. Contohnya hak bersekolah untuk mendapat pendidikan, mendapat peralatan sekolah untuk mendukung sekolahnya, dan bekal makanan yang sehat untuk menjaga kesehatannya.
3. Apa manfaat hak tersebut bagi masa depan Ani?
Ia akan menjadi orang yang berpendidikan dan sehat sehingga ketika dewasa ia dapat mencapai cita-cita.
4. Apakah Ani telah bertanggung jawab terhadap hak yang telah ia dapatkan? Jelaskan dan berikan contoh!
Ya, karena perhatian orang tuanya tidak ia sia-siakan. Hal tersebut tercermin dari sikapnya yaitu selalu mematuhi nasihat orang tua, rajin sekolah, rajin belajar, dan mengerjakan tugas.
5. Apa yang akan terjadi jika Ani tidak bertanggung jawab terhadap haknya? Jelaskan dan berikan contoh!
Orang tuanya akan kecewa, Ani akan terperangkap dalam kebodohan, serta akan merusak masa depannya.
Pada halaman 58, teman-teman diminta memasukkan jawaban pada tugas sebelumnya ke diagram yang disajikan.
Jawaban (Halaman 58)
Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 3 Tokoh dan Penemuan halaman 54, 55, 56, 57, 58. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan.