-->

Kw Header



Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 101, 102, 106, 107

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 2 Halaman 101, 102, 106, 107 – Buku siswa kelas 6 tema 2 edisi revisi 2018 diterbitkan dengan judul Persatuan dalam Perbedaan dengan subtema 3 berjudul Bersatu Kita Teguh.
Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 2 Halaman 101, 102, 106, 107

Pada subtema 3 pembelajaran 1 terdiri dari 9 halaman yaitu halaman 99-107. Pada pembelajaran 1 ini terdapat di dalamnya yaitu :

  • Ayo Membaca halaman 99
  • Ayo Mengamati halaman 102
  • Ayo Berdiskusi halaman 106
  • Ayo Renungkan halaman 107

Di antara subjudul-subjudul tersebut disajikan soal-soal yang harus dijawab. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan pada halaman 101, 102, 106, 107. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 2 subtema 3 pembelajaran 1 halaman 101-107 :

Ayo Membaca


Disajikan beberapa foto yang harus teman-teman amati dan sebuah teks yang harus teman-teman baca sekaligus untuk menambah pengetahuan teman-teman :
BM Diah dan Naskah Asli Proklamasi

BM Diah dan Naskah Asli Proklamasi

Teks proklamasi awalnya ditulis tangan oleh Soekarno, kemudian diketik oleh Sayuti Melik agar terlihat rapi. Teks asli tersebut kemudian dibuang ke tempat sampah.

Salah seorang pemuda yang ikut hadir pada saat persiapan Proklamasi Kemerdekaan adalah BM Diah. Ia mengambil naskah asli dari tong sampah dan disimpannya. Ia menilai bahwa teks tersebut memiliki sejarah tinggi.

Naskah asli yang disimpan BM Diah selama 46 tahun 9 bulan 19 hari kemudian dikembalikan kepada Bangsa Indonesia. Dia membawa naskah asli Proklamasi Kemerdekaan RI pada Selasa pagi, 19 Mei 1992 pukul 10.30 dan menyerahkannya melalui Presiden Soeharto. Naskah itu kemudian disimpan oleh Arsip Nasional atas anjuran Soeharto.

Keputusan BM Diah untuk menyimpan naskah asli sangat tepat. Seluruh bangsa Indonesia sampai sekarang dapat menikmati naskah asli proklamasi dan belajar banyak dari kejadian saat itu.

Sumber :
Anggari, Angi St. dkk. (2018). Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Kemudian teman-teman diminta untuk mengamati kata-kata pada teks tersebut. Apakah kata-kata yang digunakan termasuk kata baku?

Jawaban (Halaman 101)


Semua kata yang digunakan pada teks BM Diah dan Naskah Asli Proklamasi adalah kata baku karena tidak ditemukan kata yang melenceng dari EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Kemudian disajikan sebuah tabel berisi kata baku dan tidak baku. Lalu teman-teman diminta menjawabnya. Jawaban kurang lebih sama dengan pertanyaan sebelumnya.

Semua kata yang digunakan pada teks BM Diah dan Naskah Asli Proklamasi adalah kata baku karena tidak ditemukan kata yang melenceng dari EYD (Ejaan Yang Disempurnakan).

Pada halaman 102, teman-teman diminta mengisi peta pikiran. Peta pikiran diambil dari teks BM Diah dan Naskah Asli Proklamasi.
Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 2 Halaman 102

Jawaban (Halaman 102)


Apa
BM Diah mengambil Naskah Asli Proklamasi yang dibuang ke tong sampah.

Mengapa
Karena naskah asli proklamasi yang dibuang dinilai BM Diah memiliki sejarah tinggi.

Siapa
BM Diah.

Bagaimana
  • BM Diah mengambil naskah asli dari tong sampah lalu menyimpannya.
  • BM Diah menyerahkan naskah asli proklamasi kepada negara melalui Soeharto.

Kapan

  • Di ambil ketika Persiapan Proklamasi Kemerdekaan RI
  • Diserahkan pada 19 Mei 1992


Di mana

  • Diambil dari tong sampah
  • Disimpan di negara Indonesia oleh Arsip Nasional.

Ayo Berdiskusi


Pada halaman 106, terdapat gambar dan beberapa pertanyaan yang harus teman-teman jawab.
Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 2 Halaman 106, 107

Jawaban (Halaman 106-107)


Apa pengaruh kemerdekaan bagi petani atau pedagang?
Setelah kemerdekaan, tidak ada ada lagi pajak tinggi yang dibebankan. Sehingga para petani atau pedagang bisa hidup sejahtera.

Apa pengaruh kemerdekaan bagi pelajar?
Setelah kemerdekaan, pendidikan akan mudah tersebar dan berkembang secara merata di seluruh wilayah sehingga pelajar mendapat hak pendidikan seutuhnya

Apa yang harus dilakukan rakyat agar sejahtera?
Mengutamakan pendidikan sebagai modal untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Dengan meningkatnya kualitas SDM, maka rakyat akan mampu bersaing demi kesejahteraan mereka.

Tulislah tiga kegiatan yang dapat kamu lakukan agar kamu berhasil sebagai
pelajar!
Rajin belajar, mengikuti nasihat guru serta orang tua, dan selalu disiplin.

Lihat juga : Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 109, 110, 111

Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 2 Persatuan dalam Perbedaan halaman 101, 102, 106, 107. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan.

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel