-->

Kw Header



Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 109, 110, 111

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 2 Halaman 109, 110, 111 – Buku siswa kelas 6 tema 2 edisi revisi 2018 diterbitkan dengan judul Persatuan dalam Perbedaan dengan subtema 3 berjudul Bersatu Kita Teguh.

Pada subtema 3 pembelajaran 2 terdiri dari 8 halaman yang didalamnya terdiri dari beberapa subjudul yaitu :

  • Ayo Berdiskusi pada halaman 108
  • Ayo Berkreasi pada halaman 111
  • Ayo Mencoba pada halaman 112
  • Ayo Renungkan pada halaman 115

Dalam subjudul-subjudul tersebut, teman-teman akan menemukan soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 109, 110, dan 111. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 2 subtema 3 pembelajaran 2 halaman 109-111 :

Ayo Berdiskusi
Kunci jawaban tema 2 kelas 6 halaman 109, 110





Disajikan sebuah teks yang harus teman-teman baca,

Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa merupakan kewajiban seluruh rakyat Indonesia karena negara kita terdiri atas berbagai suku, agama, dan ras.
Persatuan dan kesatuan merupakan hal yang sangat penting, baik dalam rangka merebut, mempertahankan, maupun mengisi kemerdekaan.
‘Bersatu Kita Teguh’ mengandung makna menyatunya berbagai unsur dan perbedaan yang ada menjadi suatu kesatuan yang utuh dan serasi sehingga muncul suatu kekuatan.
Bangsa Indonesia telah membuktikan bahwa dengan persatuan dan kesatuan, kita mampu menghadapi penjajah dan akhirnya meraih  kemerdekaan.

Sumber :
Anggari, Angi St. dkk. (2018). Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Kemudian disajikan pertanyaan-pertanyaan yang harus teman-teman jawab pada halaman 109-110

Jawaban (Halaman 109-110)

1. Apa makna ‘Bersatu Kita Teguh’ seperti yang dikatakan Edo di atas?
Bersatu Kita Teguh yaitu menyatukan berbagai perbedaan untuk membentuk kesatuan yang kuat.

2. Mengapa persatuan dan kesatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia?
Karena dengan persatuan dan kesatuan, bukan hal yang mustahil bagi bangsa Indonesia untuk mencapai cita-cita.

3. Berikan tiga contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari!
Tidak memilih-milih teman dalam bergaul, membantu teman yang sedang kesulitan, dan mendamaikan teman jika berkelahi.

Kemudian teman-teman akan diminta berdiskusi dengan kelompok. Hal yang harus didiskusikan yaitu menulis cerita pengalaman yang memuat manfaat persatuan dan kesatuan. Selain itu, cerita harus ada keterangan tempat serta waktu kejadiannya.

Contoh cerita 
Peristiwa ini terjadi hari Selasa tanggal 12 Februari 2019. Ketika itu saya berjalan pulang bersama kedua teman saya yaitu Fiki dan Ira. Ketika melewati sebuah gang, kami mendengar suara tangisan yang kami perkirakan berasal dari sebuah gang. Kamipun menuju gang tersebut, dan ternyata benar ada anak kecil menangis. Ketika ditanya, ia menangis karena ingin pulang tetapi tidak tahu jalan. Kemudian kami bertanya alamat anak tersebut.
Setelah mengetahui alamat anak itu, saya bersama dengan kedua teman saya membantu anak itu untuk pulang. Karena belum tahu lokasi dari alamat itu; saya, Fiki, dan Ira bersama-sama berusaha mencari tahu dengan bertanya kepada setiap orang. Akhirnya ada orang yang mengetahui alamat yang dimaksud anak itu.
Kami pun mengikuti petunjuk arah dari orang tersebut dan akhirnya kami berhasil menemukan rumah anak itu. Kemudian kami mengetuk pintu rumah tersebut. Ketika melihat ibunya, anak itu langsung memeluk ibunya erat-erat.
Setelah mengantar anak itu, kami langsung pamit untuk pulang. Ketika sampai di rumah, saya langsung dimarahi ibu saya karena pulang terlambat. Namun, setelah saya jelaskan yang sebenarnya. Ibu saya kemudian tersenyum dan memberi saya jempol. Saya merasa sangat bahagia karena bisa membantu orang lain.

Ayo Berkreasi
Kunci jawaban tema 2 kelas 6 halaman 111





Pada bab ini teman-teman diminta mempraktekkan salah satu pola lantai dari suatu tarian dan menjelaskan langkah-langkahnya. Berikut ini saya mencoba membantu teman-teman untuk menjawabnya :

Jawaban (Halaman 111)


Tari Kecak menggunakan pola lantai melengkung. Para penari laki-laki berjejer membentuk lingkaran. Bentuk lingkaran dari tari Kecak biasanya terdiri dari 3 lapisan bahkan lebih. Para penari tidak berpindah tempat. Mereka mengiringi tarian Kecak dengan mengucapkan “cak cak cak” sambil mengangkat kedua tangan dengan serempak.
Jika digambarkan, pola lantai dari tari Kecak seperti ini.

Pola lantai melingkar tersebut terdiri dari 3 lapis.

Lihat juga : Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 2 Halaman 114-115

Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 2 Persatuan dalam Perbedaan halaman 109, 110, 111. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan.

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel