-->

Kw Header



Perbedaan Kertas A4, F4, Letter, dan Legal serta Penggunaannya

Perbedaan kertas a4 dan f4 – Kertas memiliki peran penting bagi kehidupan manusia. Dalam dunia pendidikan, yang mana kertas tidak bisa dipisahkan karena fungsinya yang cukup vital. Kertas dimanfaatkan sebagai media menulis serta mencetak tulisan seperti raport, skripsi, makalah, dan sejenisnya.

Dalam dunia grafis, kertas berfungsi sebagai media cetak gambar. Dalam hal kebersihan, kita tahu bahwa tisu termasuk kertas yang biasa digunakan untuk membersihkan sesuatu. Sebenarnya masih banyak lagi fungsi kertas seperti media cetak kalender ataupun struk nota administrasi.

Benda yang terbuat dari kayu ini memiliki jenis dan ukuran yang beragam. Sangat penting untuk mengetahui kedua aspek ini terutama untuk kebutuhan mencetak tulisan yang berbeda seperti surat-surat maupun makalah. Umumnya kertas HVS (Houtvrij Schrijfpapier) adalah kertas yang paling sering digunakan. Namun, tahukah Anda bahwa kertas-kertas di pasaran memiliki ukuran yang beragam?
Perbedaan kertas A4, F4, letter, dan legal

Ukuran dari kertas ini juga menentukan penggunaannya. Kertas HVS yang mungkin sering kita dengar dan gunakan adalah A4 dan F4. Selain kedua jenis ini, terdapat ukuran kertas yang lain. Kali ini saya ingin menjelaskan perbedaan yang dimiliki masing-masing ukuran.

1. Kertas A4

Ukuran kertas A4 serta penggunaannya

Kertas A4 berukuran 210 x 297 mm atau sama dengan 8,3 x 11,7 inch. Jika Anda ingin mencetak skripsi maupun makalah maka Anda harus memilih kertas dengan ukuran A4. Namun, juga bisa menjadi pilihan untuk fotocopy. Kertas A4 juga digunakan sebagai kertas buku gambar skala kecil.

2. Kertas F4

Ukuran kertas F4 dan penggunaannya

Perbedaan kertas A4 dan F4 yaitu kertas F4 lebih panjang dan lebar dibanding kertas A4. Kertas F4 berukuran 216 x 330 mm atau sama dengan 8,5 x 13 inch. Kertas ini memiliki sebutan lain yaitu kertas HVS dan folio, tetapi bukan folio bergaris.

Kertas ini digunakan sebagai kertas fotocopy dan cetak (print) surat-surat maupun dokumen-dokumen penting. Kertas ini jarang digunakan sebagai kertas untuk print dokumen yang dibukukan seperti makalah karena ukurannya yang terlalu lebar membuatnya kurang ringkas.

3. Kertas Letter (Kuarto)

Ukuran kertas letter dan penggunaannya

Bagi sebagian orang, kertas letter sama dengan A4. Padahal keduanya punya ukuran yang berbeda. Kertas letter berukuran 216 x 279 mm atau sama dengan 8,5 x 11 inch. Jika dibanding dengan A4, kertas letter ini lebih pendek. Jika Anda ingin membelinya, biasanya kertas ini diberi kode Q di kemasannya. Q artinya Quarto (kuarto).

Tapi Anda mungkin sulit atau bahkan tidak menemukan kertas ini di toko-toko alat tulis atau tempat fotocopy karena jarang yang menjualnya. Kertas ini sendiri digunakan oleh Kerajaan Inggris sebagai standar ukuran kertas untuk kepentingan surat-menyurat. Jadi, pilihan terbaik adalah membeli melalui olshop.

4. Kertas Legal

Ukuran kertas legal serta penggunaannya

Daftar ukuran kertas terakhir ini merupakan kertas yang ukurannya paling panjang dari pada ketiga ukuran kertas yang telah dusebutkan di atas. Kertas ini disebut sebagai kertas legal. Kertas legal berukuran 216 x 356 mm atau setara 8,5 x 14 inch. Jika dibanding dengan F4, kertas ini 2,6 mm lebih panjang. Kertas ini tidak banyak digunakan oleh orang Indonesia. Kertas legal lebih sering digunakan oleh orang Amerika.

Secara garis besar, ukuran kertas-kertas di atas punya selisih yang tidak terlalu jauh untuk sisi lebarnya. Oleh karena itu, berikut ini saya sajikan dalam bentuk tabel tentang perbedaan kertas A4, F4, letter, dan legal.
Tabel perbedaan kertas A4, F4, letter, dan legal

Setelah mengetahui perbedaannya, maka Anda bisa menentukan sendiri ukuran kertas apa yang dibutuhkan. Selain itu, kesalahan akibat pemilihan ukuran kertas yang salah dapat dicegah terutama ketika mencetak tulisan seperti tulisan hasil print yang terpotong, margin yang menyempit, atau margin yang melebar.

Sehingga hasil print sesuai dengan tulisan yang telah diatur melalui aplikasi Ms.Word dan mencegah pengeluaran hingga dua kali lipat karena menge-print ulang. Demikian penjelasan mengenai perbedaan antara kertas A4, F4, letter, dan legal. Semoga bermanfaat.

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel