-->

Kw Header



Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 142, 147

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Halaman 142, 147 – Buku siswa kelas 5 tema 5 edisi revisi 2017 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema 3 berjudul Keseimbangan Ekosistem.
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 142, 147

Pada subtema 3 pembelajaran 6 terdiri dari 10 halaman yaitu halaman 138-147. Dalam pembelajaran 6 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :

  • Ayo Membaca halaman 139 dan 143
  • Ayo Menulis halaman 144
  • Ayo Berkreasi halaman 145
  • Ayo Berlatih halaman 147
  • Ayo Renungkan halaman 147


Di antara beberapa subjudul tersebut, terdapat soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 142, 147. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 3 pembelajaran 6 halaman 142-147 :

Ayo Membaca

Pada halaman 140 hingga 141, disajikan sebuah teks tentang usaha manusia dalam pemeliharaan ekosistem.

Usaha Manusia dalam Pemeliharaan Ekosistem

Manusia dianugerahi kemampuan berpikir untuk memanfaatkan alam sekitarnya guna memenuhi kebutuhan hidup. Seringkali, kegiatan-kegiatan manusia tersebut mengabaikan kebutuhan komponen ekosistem agar tetap berada dalam keseimbangan. Banyak kegiatan manusia justru mengganggu keseimbangan ekosistem, yang bersifat permanen, sehingga beberapa komponen ekosistem tidak mampu bertahan. Misal saja kegiatan para nelayan menggunakan racun dan bom yang hanya berpikir untuk mendapatkan ikan sebanyak-banyaknya tanpa memikirkan upaya pelestarian ekosistem bawah laut. Ada beberapa industri seperti industri tekstil yang membuang limbah beracun ke beberapa ekosistem air tawar, seperti danau, sungai, atau kolam-kolam. Belum lagi kebiasaan manusia membuang sampah rumah tangga ke sungai-sungai yang berakibat tercemarnya air, dan berkurangnya sumber air bersih. Jika kegiatan ini dilakukan secara terus-menerus, manusia juga yang akan menuai akibatnya.
Usaha Manusia dalam Pemeliharaan Ekosistem kelas 5 halaman 140, 141

Oleh karenanya, sebagai makhluk paling berakal, manusia seharusnya mengusahakan beberapa cara untuk memulihkan keseimbangan ekosistem. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain mengurangi penebangan hutan secara sembarangan, mengurangi penggunaan bahan kimia buatan dalam kegiatan pertanian. Menangkap ikan dengan alat dan cara yang tidak merusak ekosistem, misalnya dengan menghindari penggunaan pukat harimau dan bahan peledak. Membuat suaka margasatwa, cagar alam, hutan lindung, atau taman nasional yang dilindungi negara. Selain hal-hal besar di atas, di tingkat rumah tangga, ada banyak hal yang bisa dilakukan, antara lain: menanam pohon sebanyak-banyaknya dan membuat lebih banyak taman terbuka untuk serapan air.

Memelihara wilayah aliran sungai dengan tidak membuang sampah ke sungai dan menanam lebih banyak pohon di bantaran sungai. Selain itu, belajar membuat kompos dengan memanfaatkan sampah rumah tangga akan mengurangi pencemaran tanah dan sungai. Mengurangi sampah plastik, melakukan daur ulang, dan menghindari menggunakan alat-alat rumah tangga sekali pakai. Kegiatan-kegiatan sederhana yang sangat mungkin dilakukan, bukan?
Sumber: www. budisma.org dengan penyesuaian

Pada halaman 142, teman-teman diminta menuliskan pikiran utama dan informasi penting dari setiap paragraf serta kesimpulan dari bacaan di atas.

Jawaban (Halaman 142)
Pikiran utama dan informasi penting kelas 5 halaman 142


Kesimpulan :
Manusia memiliki kemampuan dalam memanfaatkan alam demi kebutuhan hidupnya. Sayangnya, banyak kegiatan manusia yang justru merusak keseimbangan ekosistem seperti penggunaan bahan kimia buatan untuk menangkap ikan dan membuang sampah sembarangan. Sebagai makhluk yang dianugerahi kemampuan berpikir, manusia seharusnya mampu memanfaatkan alam tanpa mengganggu keseimbangan ekosistem.

Ayo Berlatih

Pada halaman 147, teman-teman diminta menjawab beberapa soal latihan yang disajikan.

Jawaban (Halaman 147)

1. Apa saja usaha dan kegiatan manusia yang dapat membantu keseimbangan ekosistem?
Mengurangi penebangan hutan, menanam tanaman, mengurangi penggunaan bahan kimia buatan dalam kegiatan pertanian dan menangkap ikan, membuat semacam kawasan perlindungan (cagar alam, hutan lindung), tidak membuang sampah atau limbah sembarangan, dan mendaur ulang sampah.

2. Tahukah kamu cara membuat kompos? Cari tahu dan jelaskan.
  1. Menyiapkan alat dan bahan seperti sampah organik, kotoran kambing, larutan bakteri EM4, air, larutan gula, cetok, wadah, dan tutup.
  2. Campurkan sampah organik dan kotoran, lalu cacah agar menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.
  3. Siram campuran sampah dan kotoran dengan larutan gula dan bakteri EM4. Campuran sesekali diaduk agar larutan dan bakteri EM4 tercampur merata.
  4. Masukkan campuran tadi ke dalam wadah.
  5. Tutup wadah tersebut dan tunggu selama kurang lebih 3 bulan.
  6. Setiap 2 minggu sekali, buka wadah untuk mengaduk campuran pupuk kompos.

3. Mengapa penggunaan bahasa yang baik, jelas, dan sopan sangat penting dalam berkomunikasi?
Agar lawan bicara tidak salah paham terhadap perkataan kita.

4. Cara berkomunikasi seperti apakah yang dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia? Berikan contoh.
Berkomunikasi dengan bahasa yang sopan, tidak berkata tentang hal yang negatif, serta tidak menyinggung perasaan orang lain.

5. Jelaskan cara membuat topeng kertas yang telah kamu lakukan sebelumnya.
Jawaban menyesuaikan pengalaman teman-teman.

Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 5 Ekosistem halaman 142, 147. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 142, 147"

Posting Komentar

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel