-->

Kw Header



Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 6 Halaman 37, 38, 40, 41

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 6 Halaman 37, 38, 40, 41 – Buku siswa kelas 6 tema 6 edisi revisi 2018 diterbitkan dengan judul Menuju Masyarakat Sejahtera dengan subtema 1 berjudul Masyarakat Peduli Lingkungan.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 37, 38, 40, 41

Pada subtema 1 pembelajaran 6 terdiri dari 9 halaman yaitu halaman 36-44. Dalam pembelajaran 6 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :

  • Ayo Mencoba halaman 36
  • Ayo Berlatih halaman 36, 37, 38, dan 41
  • Ayo Membaca halaman 37, 41, dan 42
  • Ayo Mengamati halaman 39 dan 41
  • Ayo Bernyanyi halaman 40
  • Ayo Renungkan halaman 43


Di antara subjudul-subjudul tersebut, teman-teman akan menemukan soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 37, 38, 40, 41. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 6 subtema 1 pembelajaran 6 halaman 37-41 :

Ayo Berlatih

Pada halaman 37, teman-teman diminta menemukan kata kunci dari “Bahaya Jajanan tidak Sehat di Sekitar Sekolah” yang merupakan judul dari teks yang ada pada subjudul selanjutnya. Lalu teman-teman juga diminta menuliskan perkiraan informasi yang terdapat pada teks berdasarkan kata kunci yang ditemukan.

Jawaban (Halaman 37)

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 37

Ayo Membaca

Pada halaman 37 sampai 38, disajikan sebuah teks yang harus teman-teman baca.

Bahaya Jajanan tidak Sehat di Sekitar Sekolah
Teks Bahaya Jajanan tidak Sehat di Sekitar Sekolah halaman 32, 33
Terik matahari seakan membakar siang. Sekelompok siswa SD berhamburan keluar dari sekolah. Di depan sekolah, berbagai jenis jajanan sudah berjajar menanti pelanggan ciliknya. Panasnya siang membuat para siswa tak segan merogoh uang di sakunya untuk membeli minuman dingin berwarna merah menyala. Sebagian lagi membeli bakso bertusuk lidi yang dicelup ke dalam saus yang tak kalah merah warnanya. Anak-anak tersebut tidak sadar betapa bahaya menanti mereka. Mereka tidak paham bahwa beberapa tahun ke depan merahnya sirup dan saus tersebut akan menggerogoti organ tubuh mereka.

Pengawasan Badan POM dalam lima tahun terakhir menunjukkan, masih banyak jajanan anak sekolah yang tidak sehat. Hasil pemantauan pangan jajanan anak berkisar 40-44 persen mengandung rhodamin, formalin, boraks, serta pemanis buatan dalam kadar tinggi seringkali ditemukan di antara jajanan di sekitar SD (Kompas, 31 Januari 2011). Sesungguhnya rhodamin adalah zat pewarna tekstil, sementara formalin adalah bahan pengawet yang juga dipakai untuk mengawetkan jenazah, dan boraks adalah bahan kimia yang kerap dipakai sebagai pencampur dalam pembuatan deterjen. Bayangkan reaksi organ tubuh kita ketika menerima bahan-bahan kimia berbahaya tersebut!

Lingkungan di sekitar sekolah patut mendapat perhatian khusus terhadap bahaya ini. Mengapa? Siswa sekolah dasar cenderung lebih mudah tertarik dengan makanan yang berwarna-warni cerah. Oleh karenanya, sangat diharapkan peran sekolah untuk menyediakan kantin yang menjual makanan sehat. Menyikapi hal ini BPOM menggalakkan aksi nasional menuju makanan jajanan anak sekolah yang aman, sehat, dan bergizi. Komunitas sekolah menjadi mitra yang akan diberdayakan untuk bekerja sama menjalankan aksi ini. Untuk itu orang tua, siswa, dan sekolah perlu meningkatkan kesadaran akan pentingnya makanan bergizi serta mengenal tanda-tanda makanan yang tidak aman dikonsumsi. Mari kita ciptakan generasi sehat melalui makanan yang sehat!

Sumber: Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas VI Tema 6 Menuju Masyarakat Sehat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2015

Ayo Berlatih

Setelah membaca teks di atas, teman-teman diminta menjawab pertanyaan yang disajikan.

Jawaban (Halaman 38)

Apakah isi bacaan sama dengan isi bacaan sesuai kata kunci berdasarkan perkiraanmu?
Sama.

Ayo Mengamati
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 40

Pada halaman 39, teman-teman diminta mengamati gambar alat musik yang disajikan. Kemudian ada halaman 40, teman-teman diminta menyebutkan nama alat musik tersebut beserta daerah asalnya.

Jawaban (Halaman 40)

1. Angklung, berasal dari Jawa Barat.
2. Gamelan Bali, berasal dari Bali.
3. Tifa, berasal dari Papua.
4. Gordang Sambilan, berasal dari Sumatra Utara.

Ayo Bernyanyi

Pada halaman 40, disajikan sebuah lagu tradisional berjudul “Mariam Tomong”.
Arti dan makna lagu mariam tomong

Ayo Mengamati

Pada halaman 41, teman-teman diminta mengamati isi lagu di atas berdasarkan syairnya. Kemudian tanyakan kepada orang yang teman-teman anggap tahu. Teman-teman juga bisa meminta orang dewasa untuk mencari isi lagu di atas melalui internet. Kemudian tulis pada kolom yang tersedia.

Jawaban (Halaman 41)

Lagu Mariam Tomong berisi lirik yang menggambarkan kasih sayang seorang ibu yang berusaha menidurkan anaknya, berharap anaknya bermimpi indah. Dalam lirik lagu ini juga terdapat harapan-harapan sang ibu terhadap anaknya kelak.
Sumber : http://www.kumpulanlagudaerah.web.id

Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera halaman 37, 38, 40, 41. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 6 Halaman 37, 38, 40, 41"

Posting Komentar

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel