-->

Kw Header



Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 6 Halaman 21, 25, 26, 27

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 6 Halaman 21, 25, 26, 27 – Buku siswa kelas 6 tema 6 edisi revisi 2018 diterbitkan dengan judul Menuju Masyarakat Sejahtera dengan subtema 1 berjudul Masyarakat Peduli Lingkungan.
Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 Halaman 21, 25, 26, 27

Pada subtema 1 pembelajaran 4 terdiri dari 7 halaman yaitu halaman 21-27. Dalam pembelajaran 4 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :

  • Ayo Mengamati halaman 21, 22, dan 26
  • Ayo Membaca halaman 24
  • Ayo Berlatih halaman 25
  • Ayo Berdiskusi halaman 26
  • Ayo Renungkan halaman 27


Di antara subjudul-subjudul tersebut, teman-teman akan menemukan soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 21, 25, 26, 27. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 6 subtema 1 pembelajaran 4 halaman 21-27 :

Ayo Mengamati
Kunci jawaban tema 6 kelas 6 halaman 21

Pada halaman 21, teman-teman diminta mengamati gambar yang tersaji. Lalu teman-teman diminta menjawab pertanyaan yang ada di bawahnya.

Jawaban (Halaman 21)

Apa yang sedang dilakukan oleh Siti dan teman-teman? Bagaimana caramu menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan sekolah? Tuliskan jawaban pertanyaan-pertanyaan tersebut pada kolom berikut.
Mereka sedang menanam tanaman. Cara saya menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan sekolah adalah dengan membuang sampah di tempat sampah, melaksanakan piket kelas, mematikan keran jika tidak diperlukan, dan mematikan lampu jika tidak digunakan untuk mengurangi pemanasan global.

Ayo Membaca

Pada halaman 25, disajikan sebuah teks yang harus dibaca.

Bentuk Kepedulian Remaja terhadap Lingkungan
Masa remaja adalah masa penyesuaian dari masa awal anak-anak hingga masa awal dewasa. Masa remaja awal kira-kira masuk pada usia 10 hingga 12 tahun. Masa remaja berakhir kira-kira pada usia 18 hingga 22 tahun. Pada perkembangan ini, pencapaian kemandirian dan identitas anak sangat menonjol. Bagaimana menumbuhkan kepedulian remaja pada lingkungan?

Salah satu langkah yang bisa ditempuh supaya para remaja peduli lingkungan adalah dengan meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan. Sebagai contoh, melalui kegiatan pencinta alam. Kegiatan pencinta alam dapat meningkatkan kepedulian remaja terhadap lingkungan alam. Kecintaan remaja terhadap lingkungan alam tercermin pada sikap peduli terhadap lingkungan. Kegiatan pecinta alam untuk menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan di antaranya seperti berikut.
1. Kegiatan reboisasi di lahan gundul.
2. Pengadaan tempat pembuangan sampah secara bersama-sama.
3. Penanaman pohon di sekitar pekarangan rumah.
4. Berhemat air dalam kegiatan sehari-hari.

Dengan demikian, generasi muda kita dapat menjadi generasi muda yang cinta alam dan tumbuh menjadi pemimpin yang berwawasan lingkungan.

Dengan adanya kesadaran para remaja akan pentingnya penghijauan kembali, kelestarian hutan dan alam sekitar akan terjaga. Hutan-hutan di Indonesia terlihat hijau. Pinggir-pinggir jalan raya akan terdapat banyak pohon dan asri. Udara di sekitar lingkungan pun menjadi sejuk. Kesadaran remaja akan lingkungan biasanya diawali dari lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat sekitar.

Kepedulian remaja terhadap lingkungan sangat penting dalam menjaga kelestarian lingkungan. Coba perhatikan mengenai kondisi bumi saat ini. Terjadinya pemanasan global (global warming) dapat berdampak terhadap perubahan iklim/cuaca yang semakin ekstrim. Pola curah hujan berubah-ubah tanpa dapat diprediksi sehingga menyebabkan banjir di satu tempat, tetapi kekeringan di tempat yang lain. Topan dan badai tropis akan bermunculan dengan kecenderungan semakin lama semakin kuat. Selain itu, dampak dari pemanasan global akan mengancam ketersediaan air bersih sulit ditemukan. Oleh karena itu, partisipasi remaja untuk peduli dengan lingkungan hidup sangat diharapkan. Para remaja dapat mengajak masyarakat untuk sadar akan menjaga lingkungan hidup. Dengan demikian pemanasan global dan dampaknya terhadap masyarakat bisa dihindari. Para remaja menjadi motor penggerak pembangunan bangsa. Kepedulian remaja terhadap lingkungan akan berpengaruh positif bagi masyarakat untuk peduli lingkungan.

(Fadli, Se, Staf Umum IWF)http://www.iwf.or.id/detail_content/130

Ayo Berlatih

Pada halaman 25, teman-teman diminta mengerjakan tugas yang disajikan.

Jawaban (Halaman 25)

Apa judul yang tepat untuk bacaan di atas?
Pentingnya Kepedulian Remaja terhadap Lingkungan

Coba temukan kata kunci pada judul teks! Lalu tuliskan kata kunci tersebut ke dalam kolom di bawah ini. Tuliskan juga informasi yang terdapat pada teks berdasarkan kata kunci yang kamu temukan.
Kunci jawaban tema 6 kelas 6 halaman 25

Ayo Mengamati
Kunci jawaban tema 6 kelas 6 halaman 26

Pada halaman 26, disajikan gambar pertumbuhan dan perkembangan manusia dari bayi hingga dewasa. Teman-teman diminta mengerjakan soal-soal yang disajikan berdasarkan gambar tersebut.

Jawaban (Halaman 26)

Amatilah gambar di atas. Gambar manakah yang menunjukkan masa remaja?
Gambar ke-4 dan dan ke-5 dari kiri.

Berdasarkan gambar di atas, ingat kembali ciri-ciri pubertas pada anak laki-laki. Kemudian, tuliskan pada kolom berikut.
Ciri-ciri pubertas anak laki-laki:
  • Tumbuhnya rambut di area ketiak dan kem4luan.
  • Munculnya jakun pada leher.
  • Suara membesar.
  • Mengalami mimpi basah.

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan halaman 26, teman-teman diminta membentuk sebuah kelompok untuk berdiskusi mengenai ciri-ciri pubertas pada anak perempuan. Hasil diskusi harus dituliskan pada tabel yang disajikan di halaman 27.

Jawaban (Halaman 27)

Kunci jawaban tema 6 kelas 6 halaman 27

Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera halaman 21, 25, 26, 27. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan.

1 Response to "Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 6 Halaman 21, 25, 26, 27"

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel