-->

Kw Header



Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 30, 31, 32, 34, 36

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Halaman 30, 31, 32, 34, 36 – Buku siswa kelas 5 tema 5 edisi revisi 2017 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema 1 berjudul Komponen Ekosistem.
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 30, 31, 32, 34, 36

Pada subtema 1 pembelajaran 4 terdiri dari 9 halaman yaitu halaman 28-36. Dalam pembelajaran 4 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :

  • Ayo Membaca halaman 29 dan 32
  • Ayo Mencoba halaman 31
  • Ayo Berlatih halaman 35 dan 36
  • Ayo Renungkan halaman 36


Di antara subjudul-subjudul di atas, terdapat soal-soal yang harus dikerjakan oleh teman-teman.. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 30, 31, 32, 34, 36. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 1 pembelajaran 4 halaman 30-36 :

Ayo Membaca

Pada halaman 29, terdapat sebuah teks yang harus dibaca.

Indonesia sebagai Negara Maritim dan Agraris
Indonesia memiliki kondisi geografis yang unik di antara negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara. Perhatikan dengan saksama peta Indonesia. Bentuk negara yang terdiri atas pulau-pulau seperti Indonesia, disebut negara kepulauan. Negara kepulauan merupakan salah satu ciri dari negara maritim. Negara maritim adalah negara yang memiliki luas laut lebih besar dibandingkan dengan luas daratan yang terdiri atas pulau-pulau. Oleh karena itu, penduduk yang tinggal di negara maritim banyak memanfaatkan sumber daya kelautan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Indonesia sebagai Negara Maritim dan Agraris kelas 5 halaman 29

Selain sebagai negara kepulauan dan maritim, berdasarkan kondisi geografisnya, Indonesia juga merupakan negara agraris. Negara agraris adalah negara yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani yang mengolah lahan pertanian. Sebagai negara agraris, tentu saja negara Indonesia memiliki lahan subur yang sangat cocok untuk pertanian dan perkebunan. Perhatikan kembali peta Indonesia tersebut. Jika diperhatikan, negara Indonesia memiliki banyak sekali gunung berapi yang masih aktif. Abu vulkanik gunung berapi dapat menyuburkan tanah yang berada di sekitarnya. Tanah yang subur merupakan sumber daya alam yang penting untuk pertanian dan perkebunan.

Keberadaan negara Indonesia sebagai negara tropis juga sangat menguntungkan. Adanya dua musim, yaitu musim kering atau musim kemarau dan musim basah atau musim hujan membantu para petani dan nelayan Indonesia untuk bekerja. Kekayaan laut dan pertanian merupakan sumber daya andalan Indonesia.
Diolah dari berbagai sumber

Pada halaman 30, teman-teman diminta melakukan beberapa tugas yang diberikan.

Jawaban (Halaman 30-31)

1. Menentukan pokok pikiran dan informasi penting dari bacaan dengan menggunakan tabel di bawah ini.
Pokok pikiran dan informasi penting Tema 5 Kelas 5 Halaman 30

2. Membuat ringkasan berdasarkan bacaan
Negara Indonesia termasuk negara kepulauan karena terdiri atas pulau-pulau. Indonesia juga termasuk negara maritim, yaitu negara yang lautnya lebih luas dibanding daratannya. Selain itu, Indonesia merupakan negara agraris, yaitu negara yang mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani. Indonesia memiliki 2 musim yaitu kemarau dan hujan. Semua kekayaan dan kondisi alam tersebut, para petani dan nelayan Indonesia yang terbantu.

Ayo Mencoba


Dengan menggunakan peta, kamu dapat mengetahui kondisi geografis sebuah negara termasuk kenampakan alamnya. Perhatikan dua kenampakan alam di samping. Tahukah kamu nama kenampakan alam tersebut? Dengan mengetahui kenampakan alam, kamu juga dapat mengetahui potensi sumber daya alam yang tersedia dan mata pencaharian penduduk yang ada di sekitarnya. Kini saatnya bagimu untuk mengetahui kondisi geografis daerahmu sendiri dengan menggunakan peta. Bekerjalah bersama dengan teman sebangkumu untuk melakukan kegiatan ini.

Siapkanlah alat dan bahan seperti peta pulau tempat kamu tinggal, kertas gambar ukuran A4, penggaris, pensil, dan pensil warna. Bacalah kembali langkah-langkah menggambar peta seperti yang telah dijelaskan pada pembelajaran sebelumnya. Gunakan pensil warna untuk menunjukkan pada petamu tentang ketinggian daerah masing-masing.

Perhatikanlah nama berbagai kenampakan alam yang ada, seperti nama gunung, selat, atau laut yang berada di wilayah tersebut. Dengan menggunakan warna yang berbeda, seperti pada peta asli, kamu dapat membedakan tingkat ketinggian daratan dan kedalaman lautan. Dari data tersebut, kamu dapat mengetahui daerah mana yang lebih rendah atau lebih tinggi dibandingkan dengan daerah lainnya.

Daerah dengan dataran tinggi seperti pegunungan biasanya penduduknya bertani sayuran. Daerah yang lebih rendah, biasanya penduduknya bertani padi dengan mengolah sawah. Bagaimana dengan daerah yang berada dekat laut? Gunakan gambar peta yang telah diwarnai untuk menunjukkan dan menjelaskan informasi tentang kemungkinan kegiatan penduduk di daerah yang memiliki perbedaan kenampakan alam. Lalu, tuliskanlah kesimpulanmu pada tempat yang telah disediakan.
Dalam pengerjaan.

Ayo Membaca

Pada halaman 33 sampai 34, disajikan sebuah teks yang harus dibaca.

Usaha Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

Usaha Mempertahankan Negara  Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) kelas 5 halaman 33
Pemikiran tentang pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa untuk mewujudkan negara yang berdaulat tidak lepas dari pengaruh berdirinya organisasi Budi Utomo. Budi Utomo berdiri pada tanggal 20 Mei 1908. Organisasi itu berdiri berdasarkan pemikiran seorang lulusan sekolah dokter Jawa (STOVIA) bernama dr. Wahidin Sudirohusodo. Dokter Wahidin Sudirohusodo ingin mengubah cara berjuang rakyat Indonesia dari perjuangan fisik kepada cara perjuangan melalui pendidikan. Ide ini menarik perhatian seorang mahasiswa STOVIA bernama Sutomo yang pada akhirnya mendirikan organisasi modern pertama di Indonesa bernama Budi Utomo.

Perjuangan dr. Wahidin Soedirohoesodo dan dr. Soetomo adalah berusaha membangkitkan kesadaran masyarakat Indonesia kala itu terhadap pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa tanpa perlu mempermasalahkan perbedaan agama dan suku. Keberadaan Budi Utomo telah menumbuhkan semangat dan menandai terjadinya kebangkitan bangsa secara nasional. Sementara kebangkitan pemuda Indonesia, ditandai dengan peristiwa Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.

Pada kenyataannya, semangat persatuan dan kesatuan selalu mendapatkan tantangan. Tantangan ini berupa perlawanan dari bangsa asing maupun tantangan dari warga negara Indonesia yang tidak menginginkan persatuan bangsa. Untuk melawan kekuatan asing, muncullah perlawanan masyarakat di segala penjuru Indonesia yang melahirkan tokoh-tokoh yang gagah berani. Jenderal Sudirman dan Bung Tomo, merupakan dua dari sekian banyak tokoh nasional yang terkenal berani melawan kekuatan asing yang mengancam kesatuan negara Indonesia. Kedua tokoh tersebut berjuang sekuat tenaga untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agusutus 1945.

Pada masa kini, usaha mempersatukan bangsa sering terancam oleh gerakan-gerakan dalam masyarakat yang ingin memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Gerakan Aceh Merdeka di Aceh dan gerakan Organisasi Papua Merdeka di Papua merupakan gerakan masyarakat yang ingin memisahkan diri dari NKRI pada masa Orde Baru. Setelah masa Orde Baru selesai, digantikan oleh masa Reformasi, para pemimpin nasional pada masa itu berusaha keras melakukan perundingan-perundingan untuk meredam aksi perpecahan tersebut. K.H Abdurrahman Wahid, Presiden ke-empat Indonesia merupakan salah satu tokoh nasional yang membantu upaya perdamaian untuk mengatasi perpecahan tersebut.
Sumber Bacaan: http://kebudayaan.kemdikbud.go.id dengan penyesuaian

Pada halaman 34, teman-teman diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disajikan.

Jawaban (Halaman 34)

1. Mengapa tanggal 20 Mei yang merupakan tanggal berdirinya organisasi Budi Utomo, diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional?
Karena organisasi Budi Utomo mampu membangkitkan semangat persatuan dan kesatuan Indonesia. Sehingga tanggal berdirinya organisasi Budi Utomo dijadikan momentum kebangkitan nasional.

2. Bagaimana peran dr. Wahidin Soedirohusodo terhadap berdirinya organisasi Budi Utomo?
Ide Dr.Wahidin Soedirohoesodo yang ingin mengubah cara berjuang rakyat Indonesia dari perjuangan fisik kepada cara perjuangan melalui pendidikan telah menarik perhatian Sutomo yang pada akhirnya organisasi Budi Utomo berdiri.

3. Apa saja yang mengancam persatuan dan kesatuan NKRI pada waktu dulu dan sekarang? Jelaskan!
  • Saat dulu, persatuan dan kesatuan NKRI terancam oleh tipu daya dari penjajah yang berusaha mengadu domba rakyat Indonesia serta gerakan-gerakan dari organisasi-organisasi pemberontak yang berusaha memecah belah bangsa.
  • Saat sekarang, persatuan dan kesatuan NKRI terancam oleh sifat-sifat fanatisme, egois, dan perbuatan-perbuatan yang tidak bertanggung jawab seperti menyebarkan berita h0ax, menyampaikan ujaran kebencian yang dapat mengadu domba masyarakat.

4. Apa saja usaha yang telah dilakukan untuk mengatasi ancaman terhadap keutuhan NKRI pada waktu dulu dan sekarang?

  • Saat dulu, usaha yang dilakukan yaitu membentuk organisasi-organisasi untuk menyatukan elemen-elemen masyarakat serta melakukan pemberantasan terhadap organisasi pemberontak.
  • Saat sekarang, usaha yang dilakukan yaitu membuat instrumen hukum serta penegak hukum untuk memberantas para pelaku yang berusaha memecah belah bangsa.


Ayo Berlatih

Pada halaman 36, teman-teman diminta menjawab beberapa pertanyaan yang disajikan.

Jawaban (Halaman 36)

1. Mengapa Indonesia disebut sebagai negara kepulauan sekaligus negara maritim?
Karena Indonesia terdiri dari banyak pulau dan memiliki laut yang luas dibanding daratannya.

2. Informasi apa sajakah yang dapat diperoleh dari sebuah peta geografis?
Penampakan alam suatu wilayah, luas wikayah, nama-nama wilayah, dan batas wilayah.

3. Apa sajakah manfaat persatuan dan kesatuan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia?
  1. Kehidupan masyarakat menjadi damai.
  2. Masyarakat Indonesia tidak mudah diadu domba.
  3. Mempercepat pembangunan sehingga kehidupan masyarakat lebih sejahtera.

4. Berikan contoh ancaman terhadap persatuan dan kesatuan bangsa yang datang dari dalam masyarakat Indonesia sendiri.
  1. Tawuran antar pelajar atau golongan masyarakat.
  2. Sikap f4n4tisme yang menciptakan kebencian antar golongan/organisasi masyarakat.
  3. Berita h0ax.
  4. Ujaran kebencian yang disampaikan di dunia nyata maupun dunia maya.

5. Usaha apa sajakah yang menurutmu perlu dilakukan untuk mengatasi ancaman terhadap persatuan dann kesatuan bangsa yang datang dari dalam masyarakat Indonesia sendiri?
Memperbaiki pola pikir masyarakat Indonesia agar selalu mengutamakan kepentingan masyarakat umum dibanding kepentingan pribadi atau kelompok. Contohnya dengan bersikap toleran terhadap sesama meskipun berbeda status agama, suku, dan lainnya.

Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 5 Ekosistem halaman 30, 31, 32, 34, 36. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan.

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel