Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 21, 22, 26
November 13, 2019
Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Halaman 21, 22, 26 – Buku siswa kelas 5 tema 5 edisi revisi 2017 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema 1 berjudul Komponen Ekosistem.
Pada subtema 1 pembelajaran 3 terdiri dari 9 halaman yaitu halaman 19-27. Dalam pembelajaran 3 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :
Di antara subjudul-subjudul di atas, terdapat soal-soal yang harus dikerjakan oleh teman-teman.. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 21, 22, 26. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 1 pembelajaran 3 halaman 21-26 :
Indonesia terletak di antara dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Demikian juga Indonesia terletak di antara dua samudra, yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia berbatasan langsung dengan beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Papua Nugini, dan Australia. Letak geografis Indonesia dianggap strategis karena menjadi tempat persilangan antara dua benua dan dua samudra.
Negara Indonesia merupakan negara kepulauan. Terdapat lebih dari 17.000 pulau berukuran besar dan kecil berada di wilayah Indonesia. Dari sejumlah pulau tersebut, sekira 6.000 pulau tidak berpenghuni. Beberapa pulau besar di Indonesia antara lain Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, dan Papua. Sementara itu beberapa pulau kecil yang berada di wilayah Indonesia antara lain Pulai Nias, Siberut, Bangka, Belitung, Madura, Bali, Lombok, Flores, Ambon, dan Halmahera.
Wilayah negara Indonesia membentang dari Sabang di barat hingga Merauke di sebelah timur, terdiri atas daratan dan perairan. Luas daratan Indonesia adalah 1.922.570 km2. Luas perairan Indonesia adalah 3.257.483 km2.
Diolah dari berbagai sumber
Pada halaman 21, teman-teman diminta mengerjakan soal-soal yang disajikan.
2. Perhatikan kembali gambar peta pada halaman 20.
a. Tuliskanlah nama negara-negara yang berbatasan wilayah daratannya dengan Indonesia.
b. Tuliskan nama perairan yang mengelilingi wilayah negara Indonesia.
c. Berilah tanda silang (X) pada pulau-pulau besar di wilayah negara Indonesia yang disebutkan di dalam bacaan.
d. Lingkarilah pulau-pulau kecil yang ada di wilayah negara Indonesia seperti yang disebutkan di dalam bacaan.
e. Apakah yang dapat kamu simpulkan dari letak geografis Indonesia?
Kesadaran akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa mendorong para pemuda dari berbagai suku bangsa yang ada di Indonesia untuk mengambil tindakan patriotisme. Situasi penjajahan Belanda yang diwarnai dengan larangan melakukan kegiatan organisasi, mendorong para pemuda berdatangan dari berbagai penjuru Indonesia untuk berkumpul di Jakarta. Kongres Pemuda yang diadakan pada tanggal 27 dan 28 Oktober 1928 melahirkan peristiwa Sumpah Pemuda. Peristiwa ini menginspirasi seluruh lapisan masyarakat Indonesia terhadap pentingnya persatuan dan kesatuan.
Pada saat itu, para pemuda yang berbeda suku, adat, dan bahasa bertekad untuk bersatu dengan membacakan sebuah sumpah. Sumpah ini merupakan janji pemuda mewakili masyarakat Indonesia untuk bersatu membentuk sebuah negara merdeka yang bebas dari penjajahan. Isi sumpah tersebut sebagai berikut:
Pertama: Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.
Kedua: Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga: Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
Selain mengucapkan ikrar, pada saat itulah pertama kalinya Lagu Indonesia Raya diperdengarkan. Lagu yang diciptakan oleh Wage Rudolf Supratman (WR Supratman) ini meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa di kalangan pemuda untuk segera membentuk sebuah negara yang merdeka dan berdaulat. Setelah merdeka, Lagu Indonesia Raya me jadi lagu kebangsaan Indonesia.
Sumber bacaan: www.portalsejarah.com
Pada halaman 26, teman-teman diminta menjawab beberapa pertanyaan berdasarkan bacaan di atas serta membuat sebuah poster tentang manfaat nilai persatuan dan kesatuan.
A. Menjawab pertanyaan:
1. Bagaimana pengaruh organisasi Budi Utomo terhadap peristiwa Sumpah Pemuda 1928?
2. Mengapa Belanda membatasi kegiatan berorganisasi masyarakat pada saat itu?
4. Bagaimana persatuan dan kesatuan bangsa berperan dalam usaha untuk membebaskan diri dari penjajahan?
B. Membuat poster tentang manfaat nilai persatuan dan kesatuan:
2. Komponen apa sajakah yang ada pada sebuah peta?
3. Wilayah Indonesia berada pada posisi yang sangat strategis. Jelaskanlah makna kalimat tersebut.
4. Bagaimana peristiwa Sumpah Pemuda bisa meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa?
Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 5 Ekosistem halaman 21, 22, 26. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan.
Pada subtema 1 pembelajaran 3 terdiri dari 9 halaman yaitu halaman 19-27. Dalam pembelajaran 3 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :
- Ayo Membaca halaman 20 dan 24
- Ayo Berlatih halaman 22 dan 26
- Ayo Renungkan halaman 26
Di antara subjudul-subjudul di atas, terdapat soal-soal yang harus dikerjakan oleh teman-teman.. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 21, 22, 26. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 1 pembelajaran 3 halaman 21-26 :
Ayo Membaca
Pada halaman 20, terdapat sebuah teks yang harus dibaca.
Mengenal Letak Geografis Indonesia
Letak geografis merupakan letak suatu daerah atau negara dilihat dari kenyataan di permukaan bumi. Letak geografis sebuah daerah atau negara dibatasi oleh letak geografis daerah atau negara lain yang berbatasan.Indonesia terletak di antara dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Demikian juga Indonesia terletak di antara dua samudra, yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia berbatasan langsung dengan beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Papua Nugini, dan Australia. Letak geografis Indonesia dianggap strategis karena menjadi tempat persilangan antara dua benua dan dua samudra.
Negara Indonesia merupakan negara kepulauan. Terdapat lebih dari 17.000 pulau berukuran besar dan kecil berada di wilayah Indonesia. Dari sejumlah pulau tersebut, sekira 6.000 pulau tidak berpenghuni. Beberapa pulau besar di Indonesia antara lain Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, dan Papua. Sementara itu beberapa pulau kecil yang berada di wilayah Indonesia antara lain Pulai Nias, Siberut, Bangka, Belitung, Madura, Bali, Lombok, Flores, Ambon, dan Halmahera.
Wilayah negara Indonesia membentang dari Sabang di barat hingga Merauke di sebelah timur, terdiri atas daratan dan perairan. Luas daratan Indonesia adalah 1.922.570 km2. Luas perairan Indonesia adalah 3.257.483 km2.
Diolah dari berbagai sumber
Pada halaman 21, teman-teman diminta mengerjakan soal-soal yang disajikan.
Jawaban (Halaman 21)
1. Menentukan pokok pikiran dan informasi penting dari bacaan dengan menggunakan tabel di bawah ini.
2. Perhatikan kembali gambar peta pada halaman 20.
a. Tuliskanlah nama negara-negara yang berbatasan wilayah daratannya dengan Indonesia.
Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Papua Nugini, dan Australia.
b. Tuliskan nama perairan yang mengelilingi wilayah negara Indonesia.
Samudra Hindia di sebelah barat dan selatan, Samudra Pasifik di sebelah timur dan utara, dan Laut Cina Selatan di sebelah utara.
c. Berilah tanda silang (X) pada pulau-pulau besar di wilayah negara Indonesia yang disebutkan di dalam bacaan.
Sumber : pinterest.com |
d. Lingkarilah pulau-pulau kecil yang ada di wilayah negara Indonesia seperti yang disebutkan di dalam bacaan.
e. Apakah yang dapat kamu simpulkan dari letak geografis Indonesia?
Letak Indonesia sangat strategis karena berada di antara dua benua dan dua samudra.
Ayo Membaca
Pada halaman 25, teman-teman diminta membaca sebuah teks tentang peristiwa Sumpah Pemuda.
Peristiwa Sumpah Pemuda 1928
Sumpah Pemuda merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah nasional Indonesia. Peristiwa ini makin menyadarkan masyarakat Indonesia yang kala itu berada di bawah penjajahan Belanda, terhadap pentingnya persatuan dan kesatuan untuk melawan penjajah.Kesadaran akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa mendorong para pemuda dari berbagai suku bangsa yang ada di Indonesia untuk mengambil tindakan patriotisme. Situasi penjajahan Belanda yang diwarnai dengan larangan melakukan kegiatan organisasi, mendorong para pemuda berdatangan dari berbagai penjuru Indonesia untuk berkumpul di Jakarta. Kongres Pemuda yang diadakan pada tanggal 27 dan 28 Oktober 1928 melahirkan peristiwa Sumpah Pemuda. Peristiwa ini menginspirasi seluruh lapisan masyarakat Indonesia terhadap pentingnya persatuan dan kesatuan.
Pada saat itu, para pemuda yang berbeda suku, adat, dan bahasa bertekad untuk bersatu dengan membacakan sebuah sumpah. Sumpah ini merupakan janji pemuda mewakili masyarakat Indonesia untuk bersatu membentuk sebuah negara merdeka yang bebas dari penjajahan. Isi sumpah tersebut sebagai berikut:
Pertama: Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.
Kedua: Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga: Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
Selain mengucapkan ikrar, pada saat itulah pertama kalinya Lagu Indonesia Raya diperdengarkan. Lagu yang diciptakan oleh Wage Rudolf Supratman (WR Supratman) ini meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa di kalangan pemuda untuk segera membentuk sebuah negara yang merdeka dan berdaulat. Setelah merdeka, Lagu Indonesia Raya me jadi lagu kebangsaan Indonesia.
Sumber bacaan: www.portalsejarah.com
Pada halaman 26, teman-teman diminta menjawab beberapa pertanyaan berdasarkan bacaan di atas serta membuat sebuah poster tentang manfaat nilai persatuan dan kesatuan.
Jawaban (Halaman 26)
Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut ini.A. Menjawab pertanyaan:
1. Bagaimana pengaruh organisasi Budi Utomo terhadap peristiwa Sumpah Pemuda 1928?
Organisasi Budi Utomo mampu menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan bagi seluruh rakyat Indonesia termasuk para pemuda. Dan pada 27-28, para pemuda berkumpul untuk mengucapkan sumpah yakni Sumpah Pemuda.
2. Mengapa Belanda membatasi kegiatan berorganisasi masyarakat pada saat itu?
Karena Belanda tidak ingin kekuasaan mereka terganggu oleh organisasi yang bergerak untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.3. Bagaimana pengaruh peristiwa Sumpah Pemuda terhadap kehidupan masyarakat saat ini?
Masyarakat Indonesia masih menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa. Sayangnya, masih terjadi tawuran yang dilakukan oleh kalangan pelajar.
4. Bagaimana persatuan dan kesatuan bangsa berperan dalam usaha untuk membebaskan diri dari penjajahan?
Persatuan dan kesatuan bangsa mampu memperkuat kekuatan Indonesia dalam membebaskan diri dari penjajahan. Hal tersebut terbukti dari keberhasilan Indonesia yang mampu mencapai kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.
B. Membuat poster tentang manfaat nilai persatuan dan kesatuan:
Belum tersedia.
Ayo Berlatih
1. Apakah yang dimaksud dengan letak geografis?Letak geografis adalah letak suatu wilayah yang dilihat dari kenyataan di permukaan bumi.
2. Komponen apa sajakah yang ada pada sebuah peta?
Judul, garis tepi, garis astronomi, skala, mata angin, simbol, dan legenda.
3. Wilayah Indonesia berada pada posisi yang sangat strategis. Jelaskanlah makna kalimat tersebut.
Secara geografis, Indonesia terletak pada posisi yang sangat strategis karena berada di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Australia serta dua samudra yaitu Samudra Hindia dan Pasifik. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai jalur perdagangan internasional yang berpotensi meningkatkan ekonomi Indonesia.
4. Bagaimana peristiwa Sumpah Pemuda bisa meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa?
Sumpah Pemuda menjadi peristiwa yang membuktikan bahwa persatuan dan kesatuan mampu memperkuat kekuatan bangsa. Hal ini hendaknya tidak hanya menjadi sejarah, tetapi juga harus dilaksanakan oleh para penerus bangsa untuk menuju bangsa yang lebih maju lagi.
Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 5 Ekosistem halaman 21, 22, 26. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan.