-->

Kw Header



Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 124, 125, 126, 128

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Halaman 124, 125, 126, 128 – Buku siswa kelas 5 tema 5 edisi revisi 2017 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema 3 berjudul Keseimbangan Ekosistem.
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 124, 125, 126, 128

Pada subtema 3 pembelajaran 4 terdiri dari 8 halaman yaitu halaman 122-129. Dalam pembelajaran 4 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :

  • Ayo Membaca halaman 123 dan 127
  • Ayo Berkreasi halaman 125 dan 128
  • Ayo Berlatih halaman 128
  • Ayo Renungkan halaman 129


Di antara beberapa subjudul tersebut, terdapat soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 124, 125, 126, 128. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 3 pembelajaran 4 halaman 124-128 :

Ayo Membaca

Pada halaman 123 sampai 124, disajikan sebuah teks tentang potensi Indonesia sebagai negara maritim dan agraris.

Potensi Indonesia sebagai Negara Maritim dan Agraris

Potensi Indonesia sebagai Negara  Maritim dan Agraris kelas 5 halaman 123
Letak geografis Indonesia sangat menguntungkan karena berada di tengah-tengah jalur perdagangan dunia. Terletak di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik serta Benua Asia dan Benua Australia, sejak dahulu kala Indonesia tidak pernah sepi, khususnya oleh kapal-kapal yang membawa komoditas perdagangan dari satu negara ke negara lain. Tidak hanya itu, sumber daya yang tersimpan di dalam laut Indonesia ternyata amat potensial. Data Food and Agriculture Organization (FAO) 2015 menyebutkan bahwa Indonesia penghasil terbesar di dunia untuk produk rumput laut dan tuna. Indonesia juga menjadi penghasil kepiting dan udang terbesar kedua setelah China. Beragam produk unggulan perikanan tersebut tersebar di seluruh wilayah Nusantara. Sentra produksi udang berada di wilayah Sumatra dan Jawa Barat. Kepiting tersebar di Jawa, Sumatra, dan Kalimantan. Penghasil utama rumput laut berada di wilayah Sulawesi dan Nusa Tenggara. Sementara itu, kawasan penghasil tuna terfokus di Papua, Maluku, dan Sulawesi Utara. Dari angka ini, hanya sekitar sepuluh persen yang saat ini telah dieksplorasi dan dimanfaatkan. Selain itu, perairan Indonesia menyimpan 70 persen potensi minyak karena terdapat kurang lebih 40 cekungan minyak yang berada di perairan Indonesia.

Selain dikenal sebagai negara maritim, Indonesia juga merupakan sebuah negara agraris. Indonesia sejak dahulu sudah terkenal sebagai penghasil rempah-rempah dan memiliki tanah yang subur. Kelapa sawit, beras, jagung, cengkeh, tembakau, teh, karet, kopi, dan tebu, merupakan beberapa contoh dari sekian banyak hasil pertanian/perkebunan Indonesia. Peminat produk-produk hasil pertanian Indonesia ternyata banyak di luar negeri. Banyak produk pertanian yang rutin diekspor dengan nominal yang cukup besar. Biji cokelat, tembakau, aneka rempah-rempah, seperti lada hitam, lada putih, kayu manis, biji pala, dan vanili, merupakan beberapa contoh hasil pertanian yang terus diekspor. Potensi maritim dan agraris di Indonesia semuanya berguna bagi kemakmuran dan kesejahteraan segenap bangsa Indonesia.

Sebagai negara kepulauan, sistem komunikasi dan transportasi menjadi faktor penting dalam kehidupan berbangsa dan meningkatkan perekonomian. Saat ini, jaringan komunikasi telah dibangun sedemikian rupa sehingga dapat menjangkau wilayah-wilayah terpencil di Indonesia. Jaringan komunikasi ini akan memudahkan berbagai transaksi ekonomi, menyangkut permintaan dan penyediaan barang ekonomis antardaerah dan antarpulau. Jaringan komunikasi juga membantu terbentuknya kesatuan bangsa karena memudahkan hubungan antarsuku yang berada di tempat yang terpisah.

Sistem komunikasi dan sistem transportasi merupakan salah satu mata rantai yang tak terpisahkan dalam kegiatan ekonomi. Pemenuhan kebutuhan barang didistribusikan melalui jaringan transportasi. Sebagai negara kepulauan, saat ini pemerintah membangun sistem transportasi udara yang lebih baik untuk mempermudah dan mempercepat perpindahan manusia dan barang. Pemerintah juga membangun sistem transportasi darat yang makin baik dengan meyediakan berbagai pilihan moda angkutan, seperti kereta api. Transportasi laut pun menjadi salah satu sistem transportasi yang memudahkan distribusi barang dan perpindahan penduduk antarpulau.
Sumber: http://ekonomi.metrotvnews.com/ 
http://katadata.co.id/infografik/2016/02/22/indonesia-surga-perikanan-dunia

Pada halaman 124 sampai 125, teman-teman diminta menuliskan pokok pikiran dan informasi penting dari setiap paragraf, serta kesimpulan dari bacaan di atas.

Jawaban (Halaman 124-125)

Pikiran utama dan informasi penting kelas 5 halaman 124, 125

Kesimpulan
Indonesia memiliki potensi yang sangat tinggi untuk menjadi negara maju. Kondisi serta letak geografis Indonesia membuat Indonesia tidak hanya disebut negara strategis tetapi juga negara yang kaya akan sumber daya alam. Pemerintah harus terus mendukung potensi ini dengan mengembangkan sistem transportasi dan komunikasi untuk meningkatkan ekonomi sehingga kemakmuran dan kesejahteraan rakyat juga meningkat.

Ayo Berkreasi

Pada halaman 125 dan 126, teman-teman diminta mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai perkembangan kehidupan masyarakat dilihat dari sektor ekonomi, sistem komunikasi, dan transportasi yang terdapat di Indonesia. Terutama yang merupakan akibat dari kondisi geografis bangsa Indonesia sebagai negara kepulauan dan negara agraris. Informasi dapat diperoleh dari internet, koran, atau majalah.

Jawaban (Halaman 125-126)

perkembangan kehidupan masyarakat dilihat dari sektor ekonomi, sistem komunikasi, dan transportasi kelas 6 halaman 126

Ayo Membaca

Pada halaman 127 hingga 128, dusajikan sebuah teks tentang wawasan Nusantara.

Wawasan Nusantara

Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terbentang luas dari Sabang sampai Merauke. NKRI terdiri atas jajaran pulau yang dikelilingi oleh laut besar dan kecil. Wilayah Indonesia merupakan paduan tunggal antara darat, laut, dan udara beserta seluruh kekayaan alamnya. Keadaan ini disampaikan oleh bangsa Indonesia kepada forum internasional dalam bentuk Deklarasi Juanda pada tanggal 13 Desember 1957. Deklarasi tersebut berisi penegasan bahwa seluruh kepulauan, perairan, dan udara di atasnya yang mengelilingi dan berada di antara pulau-pulau Indonesia merupakan satu kesatuan wilayah yang tak dapat dipisah-pisahkan dan merupakan Negara Nusantara.

Pemahaman tentang keberadaan Nusantara beserta dengan segala isinya dianggap penting oleh negara untuk menjaga kesatuan bangsa. Oleh karenanya, Ketetapan MPR Tahun 1993 dan 1998 tentang Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN) mengenalkan konsep cara pandang nasional yang dikenal dengan Wawasan Nusantara. Wawasan Nusantara (wasantara) merupakan wawasan nasional yang bersumber pada Pancasila dan berdasarkan UUD 1945. Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelengarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional. Wawasan Nusantara ini dapat menumbuhkan dan mempererat rasa kesatuan, persatuan, dan senasib sepenanggungan kepada seluruh rakyat Indonesia. Dalam pelaksanaannya, Wawasan Nusantara ini mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan atau keragaman untuk mencapai tujuan nasional.

Dalam pembangunan nasional, Wawasan Nusantara mencakup perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan politik, sosial, dan budaya, ekonomi, serta pertahanan dan keamanan. Dalam kesatuan ekonomi, Wawasan Nusantara mencakup hal-hal berikut.

  1. Semua kekayaan yang terdapat di wilayah Nusantara merupakan modal dan milik bersama bangsa. Kebutuhan untuk keperluan hidup sehari-hari harus tersedia merata di seluruh wilayah tanah air.
  2. Tingkat perkembangan ekonomi haruslah seimbang untuk seluruh wilayah di Indonesia, tanpa meninggalkan ciri khas yang dimiliki oleh setiap daerah dalam upaya pengembangan kehidupan ekonominya.
  3. Kehidupan perekonomian di seluruh wilayah Nusantara merupakan satu kesatuan ekonomi yang diselenggarakan sebagai usaha bersama atas asas kekeluargaan dan ditujukan bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Sumber: http://www.kompasiana.com/ 
http://www.sejarah-negara.com

Berdasarkan artikel tersebut, pada halaman 128 teman-teman diminta menulis kesimpulan sebanyak tiga hal penting yang telah dipahami dari bacaan tersebut

Jawaban (Halaman 128)

Kesimpulan :
  1. Deklarasi Juanda menegaskan bahwa seluruh kepulauan, perairan, dan udara di atasnya yang mengelilingi dan berada di antara pulau-pulau Indonesia merupakan satu kesatuan wilayah yang tak dapat dipisah-pisahkan.
  2. Wawasan Nusantara mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan atau keragaman untuk mencapai tujuan nasional.
  3. Dalam pembangunan nasional, Wawasan Nusantara mencakup perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan politik, sosial, dan budaya, ekonomi, serta pertahanan dan keamanan.

Ayo Berlatih

Pada halaman 128 selanjutnya, teman-teman diminta menjawab soal-soal latihan yang disajikan.

Jawaban (Halaman 128)

1. Jelaskan apakah yang dimaksud dengan Wawasan Nusantara.
Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelengarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.

2. Manfaat ekonomi seperti apakah yang diperoleh bangsa Indonesia karena pengaruh letak geografisnya?
Letak geografis Indonesia membuat Indonesia menjadi jalur pelayaran kapal-kapal perdagangan dunia, Hal ini menjadi potensi bagi Indonesia untuk meningkatkan ekonomi.

3. Bagaimana caramu untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan antara teman satu sekolah yang memiliki perbedaan latar belakang ekonomi?
Menjaga kerukunan dengan teman, membantu teman yang kesusahan, dan mengajak teman untuk bermain tanpa memandang status ekonominya.

4. Bagaimana penjelasanmu tentang perkembangan teknologi transportasi saat ini dibandingkan dengan zaman dahulu?
Alat transportasi telah berganti dari transportasi bertenaga manual menjadi tenaga bahan bakar minyak dan listrik. Perubahan ini juga membuat alat transportasi saat mampu melaju lebih cepat dan dapat menampung penumpang lebih banyak. Selain itu, saat ini alat transportasi didukung dengan sistem online seperti pada mode transportasi ojek dan taksi.

Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 5 Ekosistem halaman 124, 125, 126, 128. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan.

0 Response to "Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 124, 125, 126, 128"

Posting Komentar

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel