-->

Kw Header



Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 3, 4, 5, 8, 12, 13, 14

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 5 Halaman 3, 4, 5, 8, 12, 13, 14 – Buku siswa kelas 6 tema 5 edisi revisi 2018 diterbitkan dengan judul Wirausaha dengan subtema 1 berjudul Kerja Keras Berbuah Kesuksesan.
Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 Halaman 3, 4, 5, 8, 12, 13, 14

Pada subtema 1 pembelajaran 1 terdiri dari 14 halaman yaitu halaman 1-14. Pembelajaran 1 ini diuraikan lagi ke dalam beberapa subjudul yaitu :

  • Ayo Membaca halaman 1 dan 11
  • Ayo Berdiskusi halaman 5 dan 10
  • Ayo Mencoba halaman 6
  • Ayo Renungkan halaman 14

Di antara beberapa subjudul tersebut, terdapat soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 3, 4, 5, 8, 12, 13, 14. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 5 subtema 1 pembelajaran 1 halaman 1-14 :

Ayo Membaca

Pada halaman 1 sampai 3, disajikan sebuah teka yang harus teman-teman baca.

Pengalaman Belajar dari Negara-Negara ASEAN
Hari ini merupakan hari yang penting bagi Udin, Edo, Beni, Siti, Dayu, Lani, dan teman sekelasnya. Mereka akan berkunjung ke pameran budaya ASEAN yang diselenggarakan oleh Sekretariat ASEAN yang terletak di Jakarta. Wah, tidak sabar rasanya Udin dan teman-teman ingin sampai di sana. Kebetulan saat ini mereka juga sedang belajar mengenai negara-negara tetangga. Mereka ingin sekali melihat bukti dari yang mereka pelajari.
Sesampai di arena pameran, Udin dan teman-temannya dibagi menjadi beberapa kelompok. Pameran diikuti oleh sepuluh negara anggota ASEAN. Masing-masing anjungan tampil menarik dengan ciri khas tiap negara. Anjungan Indonesia tampil dengan ciri khas rumah Toraja yang unik dan menarik.
Kunci jawaban tema 5 kelas 6 halaman 3
Terdapat juga anjungan khusus yang dikelola oleh sekretariat ASEAN. Udin menghabiskan banyak waktu di anjungan ini. Anjungan ini menampilkan berbagai informasi tentang peranan ASEAN dalam mengembangkan wirausaha kecil. Anjungan ini juga menampilkan berbagai produk wirausaha dari tiap negara. Berbagai produk kreatif ada di sana. Ada jaket kulit dari pengrajin negara Indonesia, ada manisan buah Thailand dalam kemasan kaleng, ada alat penyeduh kopi klasik Vietnam, serta ada pula aplikasi agribisnis yang dikembangkan oleh pemuda Indonesia untuk menghubungkan petani dan konsumen.
Edo terkesan dengan berbagai makanan khas. Memang, Edo selalu tertarik dengan makanan dari berbagai daerah. Ada singkong santan khas Thailand, ada Pho dari Vietnam, ada Larb dari Laos, dan masih banyak makanan lain yang namanya pun baru Edo ketahui. Makanan khas tiap negara menunjukkan ciri khas sumber daya alamnya.
Kunci jawaban tema 5 kelas 6 halaman 4
Beni tertarik dengan anjungan Negara Brunei yang menampilkan Wayang Asik khas negaranya. Wayang ini populer sekitar tahun 1960-an di Kampung Ayer, di tepi Sungai Brunei. Saat ini, Brunei berusaha mengembangkan kembali minat masyarakatnya untuk mempelajari Wayang Asik karena popularitasnya mulai turun sejak masuknya berbagai budaya asing. Hal yang menarik bagi Beni adalah melihat inovasi yang dilakukan anjungan Brunei untuk memperkenalkan Wayang Asik. Berbeda dengan wayang Indonesia, yang menampilkan sosok legendaris dunia pewayangan, Wayang Asik ini menampilkan sosok tokoh manusia dalam bentuk kecil. Tinggi wayang hanya sekitar delapan hingga sepuluh cm. Wayang ini dibuat dari kertas tebal dengan pegangan dari kayu.
Udin dan teman-teman juga mengikuti aneka lomba yang diadakan oleh beberapa anjungan. Sebelum mengikuti lomba, mereka harus mengisi formulir pendaftaran. Hadiahnya? Tentu saja cendera mata khas dari negara tersebut.
Menyaksikan pameran budaya ASEAN memberi Udin dan teman-teman pengalaman belajar yang berharga. Kini pengetahuan mereka semakin kaya. Pengetahuan dari penjelasan guru, dari buku yang dibaca, serta menyaksikan langsung ragam karya dan budaya yang ditampilkan tiap negara ASEAN.

Sumber : 
Anggari, Angi St. dkk. (2018). Tema 5 Wirausaha Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Kemudian pada halaman 3 sampai 4, teman-teman diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disajikan terkait teks yang tekah dibaca tadi.

Jawaban (Halaman 3-4)

Mengapa hari ini merupakan hari yang penting bagi Udin dan kawan-kawan?
Karena mereka akan mengunjungi pameran budaya ASEAN yang diadakan oleh Sekretariat ASEAN di Jakarta.

Apa yang dapat dipelajari dari anjungan khusus yang dikelola oleh sekretariat ASEAN?
Dapat melihat dan mengetahui berbagai informasi tentang peranan ASEAN dalam mengembangkan wirausaha kecil serta produk wirausaha dari tiap negara.

Apa pengalaman belajar yang diperoleh Edo?
Pengetahuan Edo bertambah tentang makanan-makanan khas dari setiap negara ASEAN. 

Apa pengalaman belajar yang diperoleh Beni?
Beni bisa mengenal Wayang Asik asal Brunei yang khas dari wayang Indonesia.

Apa pengalaman belajar yang diperoleh Udin?
Udin mendapatkan pengalaman yang sangat berharga karena dapat melihat secara langsung ragam karya serta budaya setiap negara ASEAN.

Jika kamu mendapat kesempatan berkunjung ke arena pameran tersebut, apa kegiatan yang mungkin paling menarik menurutmu? Mengapa?
Mengikuti aneka lomba yang diadakan oleh beberapa anjungan agar bisa mendapat pengalaman seru dan mendapatkan hadiah cindera mata sebagai kenang-kenangan.

Tulis 3 hal yang menurutmu penting dari teks tersebut!
Pentingnya kegiatan pameran khusus kawasan ASEAN untuk mempererat hubungan antar negara anggota.
Dapat mengetahui ciri khas karya dan budaya setiap negara ASEAN.
Menjadikan negara Brunei sebagai pelajaran bahwa kita juga harus melestarikan seni kita sendiri.

Ayo Berdiskusi

Pada halaman 5, teman-teman diminta mengisi peta pikiran secara berkelompok. Teman-teman diminta mencari informasi tentang kerja sama ekonomi antarnegara ASEAN, khususnya tentang posisi dan peranan Indonesia. Teman-teman bisa mencari informasi dari berbagai sumber.
Peta pikiran tema 5 kelas 6 halaman 5

Jawaban (Halaman 5)

  • Ikut serta dalam MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN).
  • Menjadi salah satu lumbung padi ASEAN.
  • Mendirikan ASEAN Aceh Fertilizer Project sebagai bentuk keikutsertaan kerjasama sektor industri.
  • Menjadi salah satu pelaku ekspor dan impor barang.

Pada halaman 8, teman-teman diminta menjawab soal-soal mengenai magnet.
Kunci jawaban tema 5 kelas 6 halaman 8

Jawaban (Halaman 8)

Apa yang kamu ketahui tentang magnet?
Magnet adalah suatu benda yang dapat menarik benda logam di sekitarnya karena memiliki medan magnet. Setiap magnet pasti memiliki 2 kutub yaitu kutub selatan dan utara.

Apa saja jenis-jenis magnet yang kamu ketahui?
Magnet alami dan magnet buatan.

Apa arti simbol U dan S yang terdapat pada magnet? Jelaskan.

Simbol U artinya utara yang menunjukkan kutub utara magnet. Sedangkan S artinya selatan yang menunjukkan kutub selatan magnet.


Jelaskan perbedaan bentuk masing-masing magnet.

  • Magnet batang merupakan magnet yang berbentuk balok.
  • Magnet silinder merupakan magnet yang berbentuk tabung.
  • Magnet jarum merupakan magnet yang berbentuk jarum yang mengarah ke dua arah yang berlainan.
  • Magnet ladam merupakan magnet yang berbentuk seperti huruf U.
  • Magnet lingkaran merupakan magnet yang berbentuk lingkaran.


Ayo Membaca

Pada halaman 11 dan 12, teman-teman diminta mengamati dan membaca contoh formulir yang disajikan.
Kunci jawaban tema 5 kelas 6 halaman 12, 13, 14

Kemudian teman-teman diminta menyelesaikan soal-soal yang disajikan pada halaman 12 hingga 14 berdasarkan formulir yang teman-teman amati tadi.

Jawaban (Halaman 12-14)

Apa saja yang kamu temukan dalam kedua formulir tersebut?
Judul formulir, kolom pengisian identitas diri, kolom pengisian minat peserta, kolom untuk mencantumkan tanda tangan, dan catatan tambahan.

Apa perbedaan antara formulir A dan formulir B?
Tujuan formulir.

Apa tujuan dari formulir A?
Untuk daftar menjadi peserta lomba cerdas cermat ASEAN.

Apa tujuan dari formulir B?
Untuk mendaftarkan diri mengikuti kegiatan ekstrakulikuler.

Mengapa formulir itu kita butuhkan?
Karena menjadi syarat untuk bisa mengikuti suatu kegiatan.

Kapan kita mengisi formulir?
Ketika akan mengikuti suatu kegiatan atau akan menjadi anggota suatu organisasi.

Apa yang dapat kamu simpulkan tentang formulir?
Formulir menjadi syarat tertulis sebelum seseorang dapat mengikuti suatu kegiatan atau menjadi anggota suatu organisasi. Dengan formulir, suatu panitia atau organisasi dapat mengenal data diri seseorang dan menggali informasi lainnya.

Lihat juga : Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 6 Halaman 19, 20, 21, 22, 23, 24

Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 6 tema 5 Wirausaha halaman 3, 4, 5, 8, 12, 13, 14. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan.

ADS Bawah Judul

ADS Kw Mid Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Tengah Artikel 3

ADS Kw Bawah Artikel